Jelaskan Pengertian Rendah Hati? Ini Jawaban & Contoh Sikapnya


Dalam kehidupan sehari-hari, manusia biasa berhubungan dengan yang lainnya dengan banyak kepribadian, perbedaan budaya dan agama. Tapi tidak menyombongkan diri sebagaimana yang dianjurkan oleh agama apapun. Apalagi bagi agama Islam, dimana untuk umat muslim dalam sikapnya dianjurkan untuk memelihara sikap tawadhu, sikap tawadhu juga bisa disebut dengan sikap rendah hati.

Mempunyai sikap rendah hati atau tawadhu merupakan salah satu cerminan seorang muslim yang beriman kepada Allah SWT. Rendah hati bukanlah hanya sekedar tata krama belaka, namun jauh daripada itu sikap rendah hati adalah urutan yang paling utama sebelum sopan santun. Sebab hal itu merupakan sikap batin yang kemudian menjelma dalam kebiasaan dan terjadi secara wajar dan bijaksana.

Itulah mengapa menjadi orang yang rendah hati tidaklah mudah dan membutuhkan pembelajaran sebab diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari agar tidak merugikan malah membuat seseorang yang rendah hati memiliki kehidupan yang lebih tenang dan damai.

Sikap rendah hati terbilang juga adalah sikap yang sulit untuk didapatkan di kehidupan modern saat ini. Banyak orang yang sukses ternyata mempunyai jiwa rendah hati yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang biasa saja dalam pekerjaannya.



Di kehidupan modern saat ini, menemukan seseorang yang rendah hati sama seperti mencari jarum di tumpukan jerami yang begitu sulit untuk kita lihat dan begitu sulit untuk kita temukan. Sebab dunia saat ini sudah kalang kabut dengan manusia yang mampu menyembunyikan dirinya melalui kehidupan sosial media mereka.



Dengan postingan kata-kata indah, sudah mampu melekatkan dirinya sebagai orang bijaksana secara subjektif, dan membuat beberapa orang terpengaruh terhadapnya. Hal itu membuat mereka terkesima dan terhanyut hingga jatuh dalam tipuan-tipuan yang jauh berbeda dengan dia dalam kehidupan nyatanya.



Jelaskan Pengertian Rendah Hati? Ini Jawaban & Contoh Sikapnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Rendah Hati? Ini Jawaban & Contoh Sikapnya (Foto: Artikelsiana.com)

Itulah tidak jarang saat ini kata yang semakin familiar mengatakan bahwa pandai-pandailah berteman dengan orang saat ini. Menemukan orang yang rendah hati seperti mencari berlian, ketika mendapatkan orang tersebut maka hanya ada satu kata yaitu pertahankan. Sebab apabila mempunyai rendah hati, maka keuntungan yang dimiliki adalah lebih bijaksana memandang setiap orang bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Selain itu, orang yang rendah hati, tidak perlu lagi diragukan seberapa banyak temannya sebab sudah terbukti bahwa orang yang rendah hati mempunyai banyak teman sebab orang yang berada didekatnya akan merasa nyaman. Hal itu karena orang yang rendah hati mempunyai sifat yang positif yang mana aura positif akan terpancar selalu dalam hati.

Apalagi orang yang sudah sukses dengan sifat rendah hati pasti akan mendapat banyak simpatik dari masyarakat dan secara alami akan meningkatkan popularitas diri dan menjadikan diri menjadi lebih sukses karena kepercayaan orang disekitarmu dan lingkunganmu meningkat yang membuat mereka rela berkorban dan mencurahkan hati dan pikirannya untuk bekerja dan membantu dengan sungguh-sungguh dari yang dulunya hanya mengincar gaji, namun kini mereka mencurahkan pikirannya untuk kesuksesan mu.

Sebab dengan kesuksesanmu, maka kamu dengan sukarela akan membagi hal itu dengan banyak orang, itulah sikap dari orang rendah hati bagi mereka yang sukses. Sesuai dengan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan seperti apa yang dimaksud dengan rendah hati itu. Adapun penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

Jelaskan Pengertian Rendah Hati Adalah?

Pengertian Rendah Hati (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Rendah Hati (Foto: Artikelsiana.com)

Yang dimaksud dengan pengertian rendah hati adalah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri, sehingga seseorang tidaklah mengangkuh, dan tidak pula menyombongkan diri.

Contoh Sikap Rendah Hati Adalah?

Adapun contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari adalah:

    1. Orang rendah hati mempunyai sikap yang sabar terhadap segala cobaan yang menimpanya.
    2. Sedikit bicara dan lebih banyak mendengar apalagi bersama dengan orang yang lebih tua.
    3. Apapun yang menimpa dirinya akan selalu merasakan syukur apalagi ketika mendapatkan rejeki.
    4. Memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain.
    5. Tidak mementikan pribadinya sehingga mempunyai sikap yang tidak arogan.
    6. Selalu mempertimbangkan orang lain.
    7. Mudah memaafkan orang lain sehingga dapat membuka tali silaturahmi yang bisa meluaskan rejekinya.
Contoh sikap orang yang rendah hati adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh sikap orang yang rendah hati adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Rendah Hati? Ini Jawaban & Contoh Sikapnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *