Jelaskan Pengertian Redistribusi Pendapatan? Ini Maksudnya


Pengertian Redistribusi Pendapatan Adalah – Setiap negara tentu mempunyai masalah kemiskinan dan pendapitan yang rendah. Masalah ini adalah problem setiap negara untuk membangun ekonomi. Tidak jarang tema setiap bulan dan bahkan setiap tahunnya adalah peningkatan pendapatan nasional dan pengurangan kemiskinan. Dalam mengatasi hal tersebut, pemerintah dalam hal ini Indonesia telah melakukan berbagai cara. Cara yang utama yang dilakukan pemerintah saat ini dalam menjalankan pembangunan nasional adalah pajak. Apasih itu pajak?

Arti pajak adalah pungutan wajib yang dilakukan oleh rakyat untuk negara yang difungsikan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Dalam membayar pajak, manfaat yang dirasakan tidaklah secara langsung didapatkan kepada salah satu orang saja. Hal itu karena pajak dipakai untuk kepentingan umum. Pajak telah menjadi sumber pendanaan terbesar bagi negara Indonesia.

Sebesar 80% penerimaan Negara Indonesia bersumber dari pajak, baik pajak pusat maupun pajak daerah. Tercatat di 2019, penerimaan pajak Indonesia mencapai 1.786,4 T sedangkan penerimaan non pajak sebesar 378,3 T dan penerimaan hibah sebesar 0,4 T. Melihat dari data tersebut maka sudah sepantasnya kepada seluruh wajib pajak yakni rakyat Indonesia untuk sadar untuk membayar pajak.

Sebab fungsi pajak yang utama terdiri atas 4 fungsi yaitu anggaran, mengatur, stabilitas dan redistribusi pendapatan. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas salah satu fungsi pajak yaitu redistribusi pendapatan. Apasih yang dimaksud dengan pengertian redistribusi pendapatan dan bagaimana penjelasannya?…



Pengertian Redistribusi Pendapatan Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Redistribusi Pendapatan adalah cara pemerintah dengan memakai dana dari publik (baik pajak maupun non-pajak) digunakan untuk memperluas pemerataan pendapatan dan kesejahteraan.



Redistribusi pendapatan berfungsi untuk membuat pendapatan masyarakat merata. Cara yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan manfaatkan pajak dengan membuka lapangan pekerjaan sehingga pendapatan yang didapatkan masyarakat akan merata, dan bisa juga dengan menerapkan tarif pajak yang tinggi untuk barang-barang mewah.



Contoh program redistribusi pendapatan adalah dengan membuka kredit lunak dan penjaminan kredit berbasis komunitas. Selain itu, pemerintah juga bisa dengan menjalankan program pembangunan padat karya dan pengembangan UMKM seperti saat ini. Atau yang saat ini juga gencar dilakukan pemerintah adalah menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility).

Tingkat redistribusi pendapatan melalui sistem pajak dapat diukur dengan membandingkan ketimpangan distribusi pendapatan sebelum dan sesudah pajak. Kemampuan negara untuk meredistribusi pendapatan dibatasi oleh kebutuhan untuk menghindari terlalu banyak kerusakan pada insentif dibandingkan dengan menciptakan pendapatan melalui pekerjaan, tabungan, dan perusahaan.

Dalam redistribusi pendapatan terdapat dua bentuk yaitu secara vertikal dan secara horizontal. Adapun penjelasan kedua bentuk redistribusi pendapatan itu adalah:

1. Redistribusi Vertikal

Redistribusi yang dilakukan sebagai bentuk dukungan masyarakat kuat kepada warga masyarakat yang lemah secara ekonomi.

2. Redistrbusi Horizontal

Sedangkan arti Redistribusi Horizontal adalah redistribusi yang dilakukan dengan cara mentransfer uang ke satu kelompok ke kelompok lainnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Redistribusi Pendapatan? Ini Maksudnya. Semoga informasi  ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *