Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional?, Ini Jawabannya


Perdagangan Internasional –¬†Dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia semakin lama semakin menjadi bertambah dan bahkan sampai tidak terbatas. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhannya. Pada awalnya, kebutuhan manusia ini dilakukan secara tersendiri.

Akan tetapi, karena kemampuan manusia dalam memenuhi kebutuhannya terbatas, maka manusia mengalami perkembangan untuk memenuhi kebutuhan itu dengan melakukan tukar-menukar barang atau barter.

Melalui kegiatan tukar-menukar itu membuat semakin lama berkembang menjadi apa yang dikatakan dengan perdagangan. Pada awalnya kegiatan perdangan itu dilakukan secara sederhana dan bahkan sampai-sampai bersifat antaranggota masyarakat.

Hingga kemudian hal itu menjadi berkembang menjadi apa yang dikatakan dengan perdagangan regional, nasional bahkan menjadi peradangan internasional antar negara yang jaraknya sangat jauh bahkan bisa melintasi lautan yang luas.

Apalagi untuk diera sekarang ini, era globalisasi dengan bantuan dari kemajuan teknologi, membuat komunikasi antarorang per orang, antar lembaga, bahkan sampai negara, membuat perdagangan semakin mudah dan semakin mutlak dilakukan.

Tidak hanya individu atau manusia saja yang membutuhkan perdagangan apalagi perdagangan internasional, melainkan negara juga membutuhkan hal itu.

Sebab tujuan, fungsi dan manfaat yang dirasakan perdagangan internasional itu bisa membantu satu negara dan bahkan negara. Mengidentifikasi peran penting dari perdagangan internasional tidaklah sulit sebab dengan melihat konsep ekspor dan impor yang saat ini dilakukan oleh setiap negara dan bahkan negara kita yakni Indonesia.

Ekspor dilakukan karena terdapat suatu negara yang tidak mempunyai hal itu dan membutuhkan barang atau jasa yang dimiliki suatu negara namun tidak dimiliki negara lain. Selain itu, Impor adalah sebaliknya.

Melalui kebutuhan setiap manusia dan setiap negara yang bergantung satu dengan yang lainnya, membuat perdagangan internasional semakin berkembang hingga saat ini bahkan bisa dilakukan dengan sosial media.

Penyebab perdagangan internasional sehingga mengapa perdagangan internasional muncul karena semata-mata dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri mengingat dari sumber daya baik alam mapun juga manusia yang dimiliki setiap negara yang tidak sama dan terbatas.

Faktor inilah yang menjadi latar belakang penyebab munculnya perdagangan internasional. Negara kita juga terkenal aktif dalam perdagangan internasional apalagi dengan karunia yang dimiliki seperti sumber daya alam yang baik membuat keadaan alam menghasilkan berbagai keuntungan bagi Indonesia.

Sebab Indonesia mampu menghasilkan batu bara, gas LPG, biji besi, karet dan hasil pertanian lainnya membuat setiap negara membutuhkan produksi dari Indonesia hingga banyak negara yang menjalin kerjasama untuk melakukan perdagangan internasional dengan Indonesia.

Begitu juga dengan negara lain seperti China dan Jepang yang menghasilkan barang-barang industri seperti mobil atau mesin, karena Jepang dianggap mempunyai kualitas SDM yang baik. Maka tidak sedikit berbagai kendaraan bermerek Jepang banyak beredar di Indonesia.

Selain dari itu, China juga sebagai negara besar yang bahkan saat ini menjadi negara yang mampu menandingi Amerika Serikat, membuat China sebagai negara yang banyak menjalin kerjasama perdagangan Internasional dengan berbagai infrastruktur dan investasi yang dilakukannya di negara lain.

Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional Adalah?

Melihat dari manfaat dan dampak yang menguntungkan dari perdagangan internasional, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan pengertian Perdagangan Internasional itu yang juga menjadi topik utama pada kali ini yakni Jelaskan pengertian perdagangan Internasional. Adapun penjelasan dari topik ini adalah:

Secara umum, pengertian perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi atau tukar menukar barang dan jasa antarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor.

Sedangkan secara sederhana, yang dimaksud dengan Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang terjadi antara dua negara atau lebih.

1. Menurut Adam Smith Tentang Perdagangan Internasional

Ada banyak teori atau konsep mengenai perdagangan internasional yang dipaparkan oleh para ahli seperti yang disampaikan oleh Adam Smith, yang teori perdangan internasionalnya disebut dengan Teori Keunggulan Mutlak.

Menurut Adam Smith bahwa suatu negara mempunyai keunggulan mutlak dari negara lain ketika negara itu memproduksi barang/jasa yang tidak bisa diproduksi oleh negara lain.

2. Menurut David Ricardo Tentang Perdagangan Internasional

Berbeda dengan Adam Smith, terdapat para ahli yang dikenal dengan Teori Keunggulan Komparatif dalam hal ini adalah David Ricardo.

Menurut apa yang disampaikan David Ricardo dalam perdagangan internasional bahwa keunggulan komparatif tercapai jika suatu negara memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan negara lain.

Contohnya malaysia dan indonesia yang sama-sama memproduksi Kopi. Karena Indonesia lebih murah dibandingkan Malaysia, maka Indonesia lebih memiliki keunggulan komparatif.

Maksud dari pendapat David Ricardo ini adalah dengan memiliki keunggulan komparatif maka setiap bangsa dapat meningkan standar kehidupan dan pendapatannya pada produksi khusus dari barang dan jasa.

Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional (Foto: Artikelsiana.com)

3. Menurut Basri dan Munandar Tentang Perdagangan Internasional

Selain dari pendapat para ahli, ada juga teori yang disampaikan oleh Basri dan Munandar yang kesimpulan dari teori itu menyimpulkan bahwa definisi atau pengertian Perdagangan internasional adalah perdagangan yang terjadi karena perbedaan sumber daya, dan negara yang terlibat aktivitas perdagangan karena aktif memproduksi barang dengan kualitas baik dengan jumlah besar.

4. Menurut Robbock Tentang Perdagangan Internasional

Menurut Robbock dari sudut pandang manajemen mengatakan bahwa kegiatan perdagangan setidaknya terdiri atas 5 point. Adapun penjelasan menurut Robbock tentang perdagangan internasional adalah:

  1. Terjadi melalui perpindahan barang dan jasa-jasa dari suatu negara ke negara lain atau dikatakan transfer of goods and services.
  2. Melewati perpindahan modal atau disebut transfer of capital.
  3. Tenaga kerja juga merupakan objek dalam perdagangan internasional melalui transfer of labour mendorong masuknya tenaga-tenaga ahli dan tenaga teknisi dari luar negeri.
  4. Melalui transfer of technology yaitu dengan cara mendirikan pabrik-pabrik di negara-negara lain.
  5. Keberhasilan dari suatu perdagangan internasional tergantung dari transfer of data and information terkhusus dalam penyampaian informasi tentang kepastian tersedianya bahan baku dan pangsa pasar.

5. Menurut Ibnu Khaldun Tentang Perdagangan Internasional

Selain itu terdapat pendapat ahli dari kalangan Islam yakni Ibnu Khaldun. Melihat dari konsep atau teori perdagangan internasional Ibnu Khaldun sangatlah sederhana dan mudah dicerna, ia membagi konsepnya dalam 5 bagian yaitu penawaran dan permintaan, keseimbangan pasar, serta produksi dan distribusi.

Melalui konsep ini, bisa dipakai untuk perdagangan internasional dengan dibagi tiga hal khususnya di Indonesia yakni peningkatan Indeks Kompleksitas Ekonomi Indonesia. Kedua, memperbanyak tenaga kerja terampil. Ketiga, mengembangkan ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan.

Demikianlah penjelasan mengenai Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *