Jelaskan Pengertian Orde Baru Adalah? Ini Sejarah Singkatnya


Pengertian Orde Baru Adalah – Lahirnya Orde Baru tidaklah lepas dari sejarah G30S/PKI di Indonesia. Tokoh dalam pembasmian saat itu adalah Jenderal Soeharto. Saat itu, Panglima Kostrad/Pangkopkamtib Mayor Jenderal Soeharto, diangkat sebagai Menteri Panglima Angkatan Darat. Soeharto diberikan tugas untuk melakukan pembersihan terhadap unsur PKI dan ormasnya.

Tidak hanya Soeharto, lahirnya orde baru juga dilatar belakangi oleh berbagai partai politik, organisasi massa, perorangan, pemuda, mahasiswa, pelajar dan kaum wanita. Salah satunya adalah Front Pancasila yang hadirnya dan menduga bahwa PKI adalah dalang semua kekacauan yang ada.

Selain itu, terdapat gerakan dari berbagai mahasiswa seperti KAMI, KAPI, KAPPI, dan KASI yang semua dari gerakan dan kesatuan tersebut dikenal dengan Angkatan 66 dengan aksi di Gedung Sekretariat Negara Pada Tanggal 8 Januari 1966 dan aksi di Gedung DPR-GR pada 12 Januari 1966 untuk mengajukan Tritura yang isinya pembubaran PKI beserta organisasi massanya, pembersihan kabinet Dwikora, dan penurunan harga barang.

Dari gerakan yang memuncak, sidang paripurna Kabinet Dwikora digelar di Istana Bogor pada 15 Januari 1966 dengan memanggil perwakilan mahasiswa yang diduga didalangi oleh CIA dari Amerika Serikat. Memenuhi tuntutan gerakan, Ir. Soekarno menyatakan merombak Kabinet dengan sebutan “Seratus Menteri” pada 21 Februari, tapi tetap saja diduga terdapat anggota PKI. Pada 24 Februari 1966, saat pelantikan terjadi aksi di Istana Merdeka. Tapi pasukan Cakrabirawa menahan mahasiswa membuat pecahnya demonstran dan korban berjatuhan yakni Arief Rahman.



Apalagi saat 11 Maret 1966, Ir. Soekarno (Oder Lama) memberikan Supersemar yang kepanjangannya adalah Surat Perintah 11 Maret. Hal itu karena RI mengalami instabilitas politik akibat ketidaktegasan kepemimpinan Presiden Soekarno dan terpecahnya partai politik menjadi kelompok dan berseteru antara pro dan kontra dalam mengikuti perintah presiden. Selain itu kelompok terpecah dalam dua gelombang yakni pendukung orde lama dan orde baru apalagi saat DPR-GR berpendapat untuk menyelesaikan secara konstitusional.



Akibat hal itu, pada 3 Februari 1967 DPR Gotong Royong (DPR GR) menyampaikan resolusi dan memorandum kepada Ketua Presidium Kabinet Ampera untuk Sidang Istimewa MPRS. Pada 20 Februari 1967, dalam Sidang Istimewa MPRS melalui Ketetapannya No. XXXIIIIMPRS/1967 mencabut kekuasaan pemerintahan negara dan Presiden Soekarno dan mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden Republik Indonesia.



Saat itu, sumber instabilitas politik telah berakhir dan konflik bisa ditanggulangi tetapi untuk memantapkan Orde baru belumlah selesai. Untuk mempercepatnya, hal yang pertama dilakukan adalah dalam bidang politik yakni berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Maka saat bergantinya kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto memunculkan babak baru dalam sejarah Orde Baru. Disinilah awal pertama kali Soeharto menjabat sebagai Presiden dan menandai sebagai rezim Orde Baru.

Jelaskan Pengertian Oder Baru Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penjelasan topik pada kali ini yakni Jelaskan Pengertian Orde Baru adalah:

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Orde Baru adalah masa pemerintahan Presiden Soeharto yang berlangsung pada 1965 sampai 1998 yang menekankan pada pemerintahan terpusat dengan sistem demokrasi Pancasila dan sistem ekonomi terbuka yang berhaluan liberal.

Pulihnya kondisi Politik, Orde baru mengambil langkah mewujudkan tujuan nasional yakni menetapkan GBHN sejak tahun 1973. GBHN adalah pola pembangunan nasional dengan rangkaian berbagai program dengan Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun).

Dalama Repelita ini berisi program konkret yang dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun. Mewujudkan hal itu dikenal dengan Trilogi Pembangunan yaitu:

Trilogi Pembangunan

Adapun isi trilogi pembangunan adalah:

    1. Stabilitas Nasional yang dinamis
    2. Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, dan
    3. Pemerataan Pembangunan dan hasil-hasilnya.

Selain itu juga dicetuskan pemerataan pembangunan yang disebut dengan program Pelita III.

Isi Pelita III

Adapun isi pelita III adalah:

    1. Pemerataan pemenuhan kebutuhan utama rakyat yakni kebutuhan pangan, sandang dan kebutuhan tempat tinggal atau perumahan
    2. Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan.
    3. Pemerataan pembagian pendapatan.
    4. Pemerataan kesempatan kerja.
    5. Pemerataan kesempatan berusaha.
    6. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dibidang pembangunan terhadap generasi-generasi bangsa yakni generasi muda dan generasi kaum wanita.
    7. Pemerataan penyebaran pembangunan di seluruh wilayah tanah air.
    8. Pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Orde Baru Adalah? Ini Sejarah Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *