Jelaskan Pengertian Nisab? Ini Arti & Ukurannya Dalam Zakat


Pengertian Nizab Adalah – Arti zakat adalah suci, berkat, bersih, berkembang dan baik. Bisa dikatakan zakat karena mengembangkan dan menjauhkan harta yang telah diambil zakatnya dari bahaya. Dalam zakat terdapat kadar yang telah ditetapkan dan dikenakan atas harta-harta yang dikeluarkan zakatnya pada setiap tahun apabila jumlah harta yang dimiliki itu sampai nisabnya.

Pengertian Nisab Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Nisab adalah batas nilai kekayaan yang dikenakan zakat. Selain itu, menurut definisi yang disampaikan dalam Wikipedia, arti nisab adalah jumlah batasan kepemilikan seorang Muslim selama satu tahun untuk wajib mengeluarkan zakat.

Dari penjelasan diatas, maka bisa dikatakan bahwa Nisab adalah jika seseorang itu telah memiliki kekayaan dengan nilai yang ditentukan, maka seseorang itu sudah wajib untuk dikenakan zakat. Perlu diketahui bersama bahwa dalam membahas tentang zakat tidak hanya seputar tentang Nisab saja, melainkan juga tentang haul dan kadar zakat. Arti kata haul adalah masa pemilikan harta/ kekayaan untuk menghitung (mengeluarkan) zakat. Sedangkan yang dimaksud dengan kadar zakat adalah jumlah yang harus dikeluarkan.

Pelaksanaan dari masing-masing jenis zakat berbeda-beda begitupula bergantung dari nisab dan haulnya maka seperti itulah kadar zakat yang harus dikeluarkannya. Berikut ini akan dijelaskan nisab zakat itu:



1. Nisab Sapi, Kerbau dan Kuda

Nishab kerbau dan kuda disetarakan dengan nishab sapi yaitu 30 ekor. Artinya jika seseorang telah punya sapi (kerbau/kuda), maka ia telah terkena wajib zakat.



2. Nisab Kambing/ Domba

Nishab kambing/domba adalah 40 ekor, jadi orang punya 40 ekor kambing atau domba maka ia telah terkena wajib zakat.



3. Nisab Ternak Unggas dan Perikanan

Untuk ternak unggas seperti ayam, bebek, burung, dll dan perikanan tidak berdasarkan jumlahnya seperti sapi, kambing, dan unta. Melainkan untuk nisab ternak unggas dan perikanan ditentukan dari skala usaha.

4. Nisab Unta

Nishab unta adalah 5 ekor, maksudnya jika seseorang itu punya 5 ekor unta maka ia wajib zakat. Selanjutnya zakat itu bertambah, jika jumlah unta yang dimilikinya juga bertambah.

6. Nisab Emas, Perak dan Logam Mulia Serta Permata

Untuk Nisab emas, logam mulia dan permata adalah 94 gram yang artinya jika seseorang telah mempunyai 94 gram yang haulnya setahun maka kadar zakatnya adalah 2,5%. Untuk Perak, Nisabnya adalah 672 gram yang masa kepemilikan hartanya (haul) dalam setahun itu kadar zakatnya adalah 2,5%.

7. Nisab perusahaan dan perdagangan

Untuk zakat perusahaan dan perdagangan, nisabnya adalah 94 gram dengan haul satu tahun dan kadar zakatnya 2,5%.

8. Zakat Profesi

Sedangkan untuk zakat profesi itu mempunyai nisab senilai 94 gram emas yang haulnya satu tahun dengan kadar zakat 2,5%.

Cara Menghitungnya Adalah?

Contohnya adalah ketika si A berpenghasilan Rp 5.000.000,- setiap bulan dan kebutuhan pokok perbulannya Rp 3.000.000,- maka untuk besar zakat yang dikeluarkannya adalah 2,5 % x 12 x Rp 2.000.000,- atau sebesar Rp 600.000,- per tahun atau Rp 50.000,- per bulan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Nisab? Ini Arti & Ukurannya Dalam Zakat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *