Jelaskan Pengertian Nifaq? Ini Arti, Jenis & Ciri-Ciri Nifaq

Pengertian Nifaq Adalah – Disekitar kita, tidak semua hal bisa diketahui walaupun itu disaksikan secara langsung baik itu dilihat, didengar dan dirasakan. Sebab didunia ini semakin hari semakin sulit untuk menemukan mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan dalam menebar kebaikan seseorang, terdapat celah tentang kepentingan atau niatan seseorang untuk berbuat baik. Berbuat baik bukanlah menjadi tujuan, melainkan hanyalah sebagai proses untuk mencapai tujuan dalam hal ini kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Terkadang mereka bekerja sama dengan orang-orang hanya dijadikan sebagai jembatan untuk meraih tujuan dan kepentingannya. Apa yang disaksikan dan dilihat, jauh berbeda dengan apa yang terdapat dalam hati mereka. Mereka tidak peduli tentang kesepakatan atau perjanjian ataupun pertemanan yang telah dibangun sejak lama. Mereka hanya peduli tentang apa kepentingan pribadinya bahkan jika kegiatan keagamaan pun, terdapat beberapa orang yang hanya ingin menampilkan kesan agamis kepada orang-orang.

Perilaku atau perbuatan mereka inilah disebut Munafik. Sedangkan munafik disebut dengan orang yang nifaq. Kebanyakan orang hanya lebih mengetahui mengenai arti munafik dibandingkan nifaq. Maka dari itulah, pada kali ini penulis akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan pengertian nifaq.

Daftar Isi

Pengertian Nifaq Adalah?

Secara bahasa, yang dimaksud dengan nifaq adalah ketidaksamaan antara lahir dan batin. Jika ketidaksamaan itu dalam hal keyakinan, hatinya kafir tetapi mulutnya mengatakan beriman, maka ia termasuk nifaq i’tiqadi. Sedangkan secara istilah syara”, Nifaq adalah menutup kekufuran dan memperlihatkan keimanan.

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian nifaq adalah perbuatan menyembunyikan kekafiran dalam hatinya dan menampakkan keimanannya dengan ucapan dan tindakan.

Orang yang memiliki sifat nifaq disebut dengan munafik. Mengetahui munafik tidaklah susah seperti bersikap tidak menentu, susah diketahui kebenaran ucapannya, atau bisa dianalogikan bahwa munafik ini mirip mencari lombang tikus di padang pasir. Sehingga bagi kalian umat Islam, perlu tahu cara-cara menghindari orang yang nifaq atau berbuat nifaq (munafik) sebab nifaq dapat memberikan dampak negatif.

Pengertian Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)

Orang yang memiliki sifat nifaq yakni munafik sangat berbahaya karena menanamkan kepercayaan kepada orang lain hingga tertanam di hati orang tersebut. Setelah kepercayaan itu kokoh, ia melancarkan siasat atau tipu dayanya dengan memperlihatkan sesuatu yang berbeda. Perlu diketahui bahwa orang demikian adalah orang yang dipandang hina di sisi Allah Swt dan juga manusia. Demikian ini sebagai dijelaskan dalam firman Allah Swt dalam QS. At-Taubah [9] ayat 67 yakni:

الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ

الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ ۚ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik”. (QS. At-Taubah [9]: 67)

Ada banyak contoh-contoh cerita nifaq yang terdapat dalam kehidupan ini dan selalu saja ada orang-orang yang melakukan demikian. Baik itu disekolah, di tempat kerja dan di keluarga dekat pun orang yang nifaq pun ada. Tidak sedikit cerita-cerita beberapa orang keluarga yang bertengkar dan melancarkan siasat untuk mencelakai keluarganya atau memberikan dampak negatif bagi orang lain.

Selain itu, tentang munafik atau orang yang nifaq juga dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 145, Allah SWT berfirman dosa orang munafik akan ditempatkan pada tingkatan neraka yang paling bawah dan orang tersebut tidak akan mendapatkan pertolongan. Adapun bunyi ayatnya adalah:

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

Artinya: “Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka”. (Q.S. An-Nisa ayat 145)

Jenis-Jenis Nifaq

Selain itu diketahui bahwa nifaq terbagi atas 2 yaitu nifaq besar dan nifaq kecil. Adapun yang dimaksud dengan nifaq besar dan nifaq kecil adalah:

Jenis-Jenis Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)
Jenis-Jenis Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)
  1. Nifaq Besar adalah Nifaq I‟tiqadi yang artinya pelakunya menampakan keislaman tetapi menyembunyikan kekufuran. Nifaq ini adalah orang yang diluar bertampang Islam, namun didalam hatinya hanya ingin mereka mengincar harta benda atau merusak dari dalam karena tidak mampu melawan kekuatan Islam. Setiap zaman orang-orang seperti ini selalu ada.
  2. Nifaq Kecil atau nifaq amali adalah melakukan perbuatan orang munafik tetapi tetap ada iman dalam hatinya. Pada dasarnya orang ini menjadi penghubung untuk orang nifaq besar. Apabila perbuatannya lebih banyak, maka bisa saja orang ini terjerumus ke nifaq sesungguhnya.

Ciri-Ciri Nifaq (Munafik)

Untuk menghindari orang yang nifaq (munafik) maka bagi setiap orang dibutuhkan pengetahuan untuk mengidentifikasi seperti apa ciri-ciri orang nifaq (munafik) sekalipun mereka sangat sulit untuk diketahui.

Ciri-Ciri Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)
Ciri-Ciri Nifaq (Foto: Artikelsiana.com)

Dengan mengetahui ciri-ciri orang nifaq (munafik) maka setiap orang bisa terhindar dari dampak negatif. Adapun ciri-ciri nifaq (munafik) adalah:

  1. Berbuat kerusakan dimuka bumi
  2. Membuat was-was (bimbang) dan selalu manis dalam bertutur kata
  3. Menipu dan mengecoh
  4. Mengejek dan tidak punya pendirian
  5. Malas, Riya‟ dalam ibadah dan lalai berdzikir kepada Allah Swt
  6. Tidak mensyukuri atas karunia panca indera
  7. Selalu mengawasi dan mengintai orang beriman dan bersekongkol untuk menghantam jika ada kesempatan
  8. Menghalangi dan menyimpang dari hukum Allah Swt dan Rasul-Nya dan tidak mau tunduk kepada syari‟at islam
  9. Membenarkan perbuatannya yang keji, ketika terungkap dalam sumpah palsunya

Demikianlah informasi dengan topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Nifaq? Ini Arti, Jenis & Ciri-Ciri Nifaq. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *