Jelaskan Pengertian Neraka Adalah? Ini Jawaban Beserta Ciri-Cirinya


Setiap makhluk yang bernyawa pasti suatu saat nanti akan merasakan kematian. Hal ini adalah ketentuan sang pencipta Allah Swt yang tertuang dalam surah Ali Imran ayat 185

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An-Nisa’:78).

Maka dari itu, hendaknya setiap manusia memanfaatkan waktunya sebaik mungkin didunia untuk terus berada di jalan yang benar dan terhindar dari perbuatan yang buruk dan dapat menyebabkan dosa. Sebab perlu diketahui bersama bahwa dunia ini hanyalah ujian semata bagi setiap manusia.

Melihat siapa diantara umatnya yang mampu tetap berada di jalan yang benar, mendengarkan dan melaksanakan perintahnya serta menjauhi segala larangannya. Sebab jika setiap manusia menjalankan hal itu tentu saja manfaatnya akan mengarah kepada manusia itu sendiri.



Begitupula ketika melakukan perbuatan buruk juga akan mengenai manusia itu juga. Apalagi pada saat kematian itu tiba, barulah setiap orang menyadari mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. Lihat saja mereka yang terbaring sakit di rumah sakit dan didiagnosa tak akan bertahan lama serta cerita-cerita saat mereka menghadapi kematian yang meminta pertolongan kepada keluarga dan seluruh sahabatnya untuk diampuni.



Sebab setelah kematian ada dua hal yang akan menunggu manusia kemana mereka akan ditempatkan, apakah akan berada disurga atau dineraka. Tentu bagian orang menginginkan mereka tinggal disurga sebab gambaran yang terbanyak bagi semua orang adalah kenyaman dan keindahan serte ketenangan. Sedangkan semua manusia tak ingin berada dineraka, mengapa demikian? Sebab pengertian dan ciri-ciri dari neraka sudah menjadi alasan utama sehingga manusia tak ingin menempatinya. Lantas apasih pengertian neraka dan ciri-ciri neraka itu? Ini jawabannya.



Jelaskan Pengertian Neraka Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian neraka adalah tempat penyiksaan dan kesengsaraan di alam akhirat yang diyakini oleh penganut agama samawi dan aliran kepercayaan. Secara etimologi, yang dimaksud dengan neraka dalam bahasa Sanskerta adalah Naraka yang dalam hindu dilukiskan seorang raksasa kejam. Sedangkan dalam Islam, neraka dalam bahasa Arab disebut naar.

Dalam Islam, neraka adalah tempat jin dan manusia yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari para nabi. Hal itu sebagaimana yang disampaikan Allah dalam firmannya. “Tiap-tiap pintu telah ditetapkan untuk golongan yang tertentu bagi mereka.” (QS. Al-Hijr: 44).

Diketahui neraka mempunyai nama-nama yang penghuninya juga berbeda-beda. Seperti Neraka Hawiyah bagi mereka yang mengerjakan kebaikan namun keburukannya lebih banyak contohnya hijab, pemakan riba, dan tidak mempercayai poligami.

Neraka Jahim adalah neraka yang menyekutukan Allah SWT atau syirik sebagaimana terdapat dalam QS.As-Syu’araa ayat 91 yang artinya “dan diperlihatkan dengan jelas Neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat”. Setelah itu Neraka Saqara adalah neraka bagi orang munafik yang tidak melaksanakan salat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, orang yang menyembah selain Allah (berhala, patung) atau menyembah zat yang keluar dari sifat Allah dan Al quran.

Neraka Huthamah adalah neraka bagi mereka yang suka mengumpulkan dan menumpuk harta harta, serakah, menghina orang-orang yang miskin dan tidak ingin bersedekah dan tidak mau pula membayar zaka. Selanjutnya ada Neraka Sair yang merupakan neraka yang diciptakan orang kafir yang pelit dan memakan harta anak yatim.

Kemudian adalah Neraka Wail yang tempat bagi para pengusaha dan pedagang yang tidak jujur dan suka mengurangi timbangan barang dagangan. Serta yang terakhir adalah Neraka Jahanam adalah neraka bagi orang yang menyekutukan allah dan memerangi nabi dan rosul, penista agama islam, suka menyebarkan fitnah dan senang berjudi serta berzina.

Ciri-Ciri Neraka Adalah?

Adapun ciri-ciri neraka adalah:

    1. Sangat panas
    2. Tidak ada kesenangan disana
    3. Penuh penderitaan dan penyiksaan dengan berbagai bentuk
    4. Makanannya adalah buah yang berbentuk kepala setan
    5. Minumannya adalah nanah bercampur darah

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Neraka Adalah? Ini Jawaban Beserta Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *