Jelaskan Pengertian Makanan Yang Halal? Ini Arti, Ciri & Dasar Hukumnya


Pengertian Makanan Yang Halal – Manusia mempunyai beberapa kebutuhan primer. Salah satunya adalah makanan dan minuman. Kehidupan manusia akan terancam apabila tidak makan dan minum. Apalagi dalam jangka waktu yang sangat lama. Dengan pemenuhan makanan dan minuman, merupakan salah bentuk dan upaya manusia dalam pemeliharaan jiwa, pemeliharaan akal, dan pemeliharaan harta.

Itulah mengapa makanan dan minuman sangatlah penting bagi semua orang. Banyak orang yang rela menghabiskan waktunya dari pagi, siang dan malam agar bisa mendapatkan makanan dan minuman baik dirinya dan keluarganya. Mereka banting tulang untuk mencukupi kebutuhan makanan dan minuman.

Dalam ajaran Islam, persoalan mengenai makanan dan minuman mempunyai ajaran khusus dan tidaklah bebas. Persoalan ini disebut dengan halal dimana setiap muslim wajib untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Dasar hukum atau landasan tentang makanan dan minuman yang halal itu sesuai dengan petunjuk Allah dalam al-Qur’an dan penjelasan Nabi Muhammad saw dalam hadits.

Sebab tidak semua makanan dan minuman itu layak baik bagi tubuh dan bagi jiwa di konsumsi oleh muslim dan bagi umat manusia pada umumnya. Hal itu menjadi persoalan mengenai makanan dan minuman halal yang bisa dikonsumsi oleh muslim. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai makanan yang halal menurut Islam. Adapun penjelasan secara singkatnya adalah:



Pengertian Makanan Yang Halal 

Menurut bahasa, pengertian makanan adalah terjemahan dari kata tha’am bentuk tunggal dari athi’mah. Kata tha’am bersifat umum yang semua jenis yang bisa dimakan. Menurut istilah, makanan adalah apa saja yang dimakan oleh manusia dan disantap, baik berupa barang pangan, maupun yang lainnya. Menurut KBBI, Makanan adalah segala yang boleh dimakan seperti penganan, lauk pauk dan kue-kue.



Sedangkan arti halal adalah sesuatu yang tidak menimbulkan kerugian dan Allah memberi wewenang untuk melakukannya. Lantas seperti apa pengertian makanan halal? Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Makanan Halal adalah makanan yang baik yang dibolehkan memakannya menurut ajaran Islam, yaitu sesuai dalam Al-Qur’an dan Al- hadits. Maksud dari makanan baik adalah yang membawa kesehatan bagi tubuh dan tidak di larang dalam Al-Qur’an dan hadits.



Baca Juga: 

Jelaskan Pengertian Binatang Halal & Haram Menurut Islam? Ini Artinya

Dasar Hukum Makanan Halal

Berdasarkan dari penjelasan diatas terdapat ketentuan dan dalil yang menyebutkan tentang syarat-syarat makanan hal itu seperti apa, apalagi pada zaman saat ini terdapat makanan yang halal zatnya tetapi didapatkan dengan cara batil yang hal demikian banyak dilakukan oleh orang-orang. Maka dari itu, adapun dasar hukum makanan halal adalah?

هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَ لَكُم مَّا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ ٱسْتَوَىٰٓ إِلَى ٱلسَّمَآءِ
فَسَوَّىٰهُنَّ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: “Dialah yang menciptakan untuk kalian segala sesuatu di Bumi.” (Al-Baqarah:29).

Dalam ayat ini bisa ditafsirkan bahwa hanya Allah yang menciptakan semua yang ada di bumi untuk kalian, seperti sungai, pohon dan lain-lain yang tidak terhitung jumlahnya. Sementara kalian memanfaatkan dan menikmati apa yang telah Allah sediakan untuk kalian. Kemudian Allah menciptakan langit sebanyak tujuh lapis. Dan pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu.

وَكُلُوا۟ مِمَّا رَزَقَكُمُ ٱللَّهُ حَلَٰلًا طَيِّبًا ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِىٓ أَنتُم بِهِۦ مُؤْمِنُونَ

Artinya: “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.  (Al-Ma’idah Ayat 88)

Makanlah dari rezeki yang Allah berikan kepada kalian dalam kondisi yang halal lagi baik, bukan dalam kondisi haram, seperti rezeki yang diambil secara paksa atau menjijikkan. Dan takutlah kalian kepada Allah dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, karena kalian beriman kepada-Nya. Dan iman kalian kepada-Nya mengharuskan kalian takut kepada-Nya.

Ciri-Ciri Makanan Halal 

Pada dasarnya konsep makanan dan minuman yang halal sangatlah sederhana yaitu halal zatnya, halal cara mendapatkannya, halal cara proses pengolahannya. Secara sederhana, ciri-ciri halal itu sendiri adalah

    1. Makanan yang tidak kotor dan tidak menjijikan.
    2. Binatang yang tidak diharamkan dalam al-Quran dan hadis.
    3. Binatang yang disembelih dengan nama ALLAH SWT.
    4. Makanan yang bersih.
    5. Tumbuh-tumbuhan (Buah dan sayur).
    6. Makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
    7. Semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Makanan Yang Halal? Ini Arti, Ciri & Dasar Hukumnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *