Jelaskan Pengertian Magnet? Ini Jawaban dan Bagian-Bagiannya


Magnet adalah bagian yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia saat ini. Pembicaraan soal seputar magnet sudah sejak dulu dilakukan hal itu terlihat dari banyaknya studi yang kemudian menghasilkan berbagai produk yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Contoh produk yang dihasilkan dari adanya magnet adalah motor listrik, satelit, generator listrik, lampu, central lock pintu mobil, perangkat pengangkat, sistem pemantau rada, dan masih banya lagi produk elektronik yang memakai magnet.

Selain itu, dalam bidang kesehatan pemanfaatan mengenai magnet juga banyak dihasilkan, hal itu dengan kelahiran MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan kalung bio magnet yang bisa memperlancar peredaran darah dan memperbaiki saraf tercepit. Produk itu didasari dari pemanfaatan prinsip kemagnetan. Apabila tidak, maka tentu saja produk itu tidak akan tercipta.

Menurut cerita bahwa sekitar 4.000 tahun yang lalu terdapat suatu jenis batu yang bisa menarik besi atau baja atau campuran logam lainnya. Benda inilah yang kemudian disebut dengan magnet. Dalam kehidupan sehari-hari pun juga kata magnet sering kita dengar, bahkan setiap hal yang berkonotasi dengan menarik benda itu adalah magnet.



Lihat saja kemudahan yang diberikan dengan adanya magnet dimana dapat mengambil suatu barang dari logam seperti obeng besi yang memudahkan para perakit PC, bengkel dan tukang kayu untuk menjalankan tugasnya. Bahkan dengan adanya magnet, bel listrik, telepon, alat ukur listrik, kompas dan dinamo semuanya memakai bahan magnet.



Pembuatan magnet juga tidaklah begitu sulit, karena hanya dengan menggunakan bahan berupa besi, baja, dan campuran logam lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa dalam magnet terdapat dua ktubuh yaitu utara (N) dan juga selatan (S). Kutub magnet adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet dengan kekuatan magnet yang paling besar berada pada kutub-kutubnya.



Selain itu yang perlu diperhatikan bahwa walaupun magnet bisa menarik benda lain apalagi yang berbahan logam, namun tidak semua logam memiliki daya tarik yang sama terhadap magnet. Sebaliknya, benda besi dan baja lah yang memiliki daya tarik yang begitu tinggi oleh magnet. Sedangkan untuk yang terendah adalah oksigen cair.

Satuan intensitas magnet menurut sistem metrik Satuan Internasional (SI) adalah Tesla dan SI unit untuk total fluks magnetik adalah weber (1 weber/m2= 1 tesla) yang mempengaruhi luasan satu meter persegi.

Jelaskan Pengertian Magnet Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian magnet adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet yang dapat menarik benda yang mengandung logam seperti besi, baja, dan nikel.

Secara etimologi, magnet berasal dari kata magnit yang dalam bahasa Yunani disebut magnitis lithos yang artinya batu magnesian. Nama magnesian itu sendiri adalah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manis (wilayah turki).

Bagian-Bagian Magnet

Diketahui bersama bahwa magnet terdiri atas 3 bagian yaitu kutup magnet, sumbu magnet dan magnet elementer. Adapun penjelasan dari ketiga bagian tersebut adalah

1. Kutup Magnet

Bagian magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar disebut kutub magnet. Magnet selalu mempunyai dua kutub.

2. Sumbu Magnet

Secara umum yang dimaksud dengan Sumbu magnet adalah garis yang menghubungkan antara kedua kutub magnet.

3. Magnet Elementer

Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri dari magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Magnet elementer adalah magnet yang paling kecil yang berupa atom.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Magnet? Ini Jawaban dan Bagian-Bagiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *