Jelaskan Pengertian Konsep Ruang Adalah? Ini Jawabannya


Konsep Ruang –¬†Setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan tempat tinggal atau wadah agar dapat melangsungkan kehidupannya. Tempat tinggal atau wadah ini tidak bisa disepelekan, sebab menjadi habitat alami yang mendukung kemampuan bagi seluruh makhluk hidup baik itu, manusia, hewan dan tumbuhan.

Persoalan mengenai habitat merupakan apa yang dikenal dengan istilah ruang. Konsep tentang ruang itu sendiri adalah hal yang biasa terdapat dalam mata pelajaran geografi yang disebut sebagai hal yang paling fundamental dan bahkan menurut Velvet Nelson sebagai ilmu keruangan (spatial science).

Begitu pentingnya mempelajari konsep ruang sehingga terdapat disiplin ilmu tersendiri yang harus mengupas habis tentang konsep ruang. Sebab yang terdapat dalam konsep ruang adalah berbagai fenomena yang terdapat dimuka bumi. Demikian ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh para ahli dalam hal ini Nursid Sumaatmadja yang menyatakan bahwa definisi ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal.

Sedangkan secara sederhana, arti ruang adalah wadah dari semua aktivitas manusia, hewan, tumbuhan yang ada di permukaan bumi. Berlandaskan pengertian dan definisi diatas, maka ruang tidak hanya sebatas udara saja, tapi juga menyoal lapisan atmosfer terbawah yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.



Jika demikian, maka pembahasan mengenai ruang juga tidak luput dari pada perairan seperti laut, sungai, danau ataupun air tanah hingga kedalaman tertentu. Berdasarkan dari seluruh penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian konsep ruang adalah:



Pengertian Konsep Ruang Adalah?

Secara umum, pengertian konsep ruang adalah tempat dimana di dalamnya terdapat makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan tumbuh, tinggal, dan berkembangbiak. Ruang merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan wilayah yang sangatlah harus dipahami oleh setiap orang dan dimana dalam konsep ruang itu sendiri terdapat 4 unsur yang menyusun ruang itu sendiri yakni jarak, lokasi, bentuk dan ukuran.



Menurut Budiharsono (2001:13) bahwa konsep ruang erat dengan waktu, pemanfaatan bumi dan segala kekayaannya yang perlu di organisasi atau diatur ruang dan waktu. Melalui keempat unsur tersebut, saling berkaitan untuk menyusun unit tataruang yang disebut wilayah.

Berdasarkan dari Education Standards, konsep ruang adalah konsep yang fokus pada lokasi dan distribusi keruangan, serta cara orang mengatur dan mengelola ruang yang ditinggali.

Ruang mempunyai interaksi yang ada di dalamnya, yaitu interaksi antar ruang yang bertugas untuk mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya yang berkaitan dengan suatu ruang yang terdapat disekitarnya. Hal itu tidak langsung terjadi, tetapi membutuhkan kriteria atau syarat-syarat tertentu yang diketahui terdiri dari 3 syarat yaitu:

Syarat-Syarat Interaksi Antar Ruang Adalah?

Adapun syarat-syarat interaksi antar ruang adalah saling melengkapi, kesempatan antara, keadaan yang dapat dipindahkan yang penjelasan ketiga syarat tersebut adalah:

1. Saling melengkapi

Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah-wilayah misalnya pada daerah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya.

2. Kesempatan Antara

Kesempatan antara merupakan sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan.

3. Keadaan Dapat Dipindahkan

Dalam hal ini pengangkutan barang atau orang memerlukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Konsep Ruang Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *