Jelaskan Pengertian Komunikasi Daring? Ini Arti & Fungsinya


Pengertian Komunikasi Daring – Setiap orang tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Hal itu karena manusia diberikan mulut dan pikiran agar dapat berinteraksi dengan orang lain. Demikianlah sehingga manusia dikatakan sebagai makhluk sosial. Selain itu dengan komunikasi seseorang dapat bertahan hidup.

Tujuan manusia berkomunikasi adalah untuk memberikan informasi dan mendapatkan informasi yang di inginkan. Dalam berkomunikasi manusia mempunyai banyak media untuk saling menyampaikan informasi dan mendapatkan informasi atau pesan yang diinginkan.

Komunikasi manusia adalah komunikasi yang mengisyaratkan penyampaian pesan searah dari seseorang atau suatu lembaga kepada seseorang (sekelompok orang) lainnya, baik secara langsung (tatap muka) atau pun melalui media, seperti surat (selebaran), surat kabar, majalah, radio, atau televisi.

Komunikasi antar manusia bisa dilakukan searah atau kepada khalayak luas yang biasa disebut dengan komunikasi publik. Selain itu ada yang dikenal dengan istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan komputer.



Berbicara soal sejarahnya, komunikasi diawali pada tahun 1960-an saat peneliti Amerika menemukan informais atau pesan lewat komputer yang bernama ARPANET yang diluncurkan pada 1969 yang menjadi internet. Pada tahun 2020, terdapat 4,5 milyar orang pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada bulan Januari 2020 terdapat 175,4 juta orang.



Banyaknya pengguna internet, tidak lepas dari komunikasi dari yang pada awalnya terjadi pada tahun 1980-an saat disebarnya komputer pribadi dan pada 1990-an saat ditemukan World Wid Web. Pada saat itu, komunikasi daring dipakai untuk potensi media pendidikan.



Beberapa orang mulai memakai email untuk bertukar informasi. Pertukaran informasi tersebut berkembang tidak hanya pada email, tetapi, facebook, twitter, instagram, yahoo, line, youtube, dll. Semakin banyaknya fasilitas yang ditawarkan sehingga banyak manusia membuat bergantung pada teknologi.

Itu bisa dilihat dari penjualan ponsel yang harga murah dan akses internet semakin terjangkau dan semakin cepat. Hal itu karena keunggulan yang ditawarkan dalam komunikasi daring yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta dalam kondisi apapun. Selain itu, keunggulan lainnya adalah efisiensi biaya dan waktu.

Maka dari itulah, sehingga keunggulan selanjutnya adalah meningkatnya intensitas komunikasi dan partisipasi setiap orang dalam komunikasi daring. Walaupun dengan unggulan demikian tapi tetap saja, bukan berarti komunikasi daring tidak memiliki kelemahan.

Sebab komunikasi daring kurang memenuhi emosi, intonasi, gerak tubuh, dan membutuhkan perangkat khusus. Apalagi ketika cuaca yang tidak mendukung yang mampu menghambat seseorang dalam berkomunikasi dan efektifitas dan efisiensi dari komunikasi dari akan terganggu.

Pengertian Komunikasi Daring Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

Komunikasi daring memungkinkan komunikasi dua arah dilakukan pada saat bersamaan(sinkron) maupun di waktu yang berbeda (asinkron). Komunikasi daring simultan atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi dengan memakai komputer sebagai media, yang terjadi bersamaan, real time. Contoh komunikasi sinkron meliputi chat teks dan obrolan video.

Sedangkan yang dimaksud dengan Komunikasi Daring Asinkron (tidak simultan) adalah komunikasi dengan memakai perangkat komputer dengan delay. Contohnya komunikasi dari asinkron adalah, email, forum, rekaman simulasi digital dll.

Fungsi Komunikasi Daring

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari komunikasi daring adalah:

    1. Penyingkat waktu
    2. Menghilangkan jarak
    3. Mengirim data dengan jumlah besar.
    4. Memungkinkan berkomunikasi dengan skala besar.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Komunikasi Daring? Ini Arti & Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *