Jelaskan Pengertian Kewirusahaan? Ini Arti & Penjelasannya

Pengertian Kewirausahaan Adalah – Saat ini banyak para lulusan perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya bisa bekerja di perusahaan dan instansi, melainkan para lulusan juga mempunyai jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru yang bisa memanfaatkan peluang seperti zaman sekarang yakni pada era revolusi 4.0.

Pada era ini, teknologi dan informasi berkembang dengan cepat sekarang ini. Hal itu membuat para wirausahaan lama untuk bertransformasi atau berubah akibat perubahan jual beli masyarakat. Namun bagi mereka yang hidup pada zaman, dimana tumbuh, lahir dan berkembang bersama teknologi, maka terdapat keunggulan yang didapatkan dalam menjalankan bidang kewirausahaan.

Pembahasan tentang kewirausahaan sebenarnya sudah sejak dulu diperdebatkan oleh setiap orang apalagi saat munculnya istilah kewirausahaan. Diketahui kewirausahaan menggunakan istilah entrepreneur yang dikemukakan oleh Richard Cantillon pada tahun 1755.

Penemu ini istilah wirausaha ini berasal dari India yang tinggal di Prancis yang dalam bukunya berjudul Essai sur la nature du Commerceen. Walaupun ditemukan pada tahun 1755, namun dalam prosesnya atau aktivitas kewirausahaan itu telah dilakukan oleh umat manusia berabad abad lalu.

Berbagai buku dan tips untuk mampu sukses dalam berwirausaha juga banyak bermunculan, sebab untuk menggeluti bidang kewirausahaan tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus dipikirkan. Menjalankan wirausaha membutuhkan kerja keras, konsistensi untuk membuat usaha bisa melaju dengan cepat.

Pentingnya kewirausahaan atau entrepreneurship sudah menjadi kajian hangat dalam ekonomi apalagi pada abad 20, dimana Schumpeter (1934) mengatakan bahwa apabila suatu negara mempunyai entrepreneur (wirausahaan) yang banyak, maka negara tersebut mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, yang akan melahirkan pembangunan ekonomi.

Maka dari itu, untuk membuat suatu negara dapat maju, maka salah satu yang harus dibutuhkan adalah dengan memperbanyak jumlah entrepreneur. Selain itu, fungsi entrepreneur tidak hanya menciptakan lapangan kerja, dan membangun ekonomi negara.

Melainkan fungsi adanya kewirausahaan adalah bisa mengelolah kekayaan alam, menciptakan masyarakat adil makmur serta memperkokoh suatu negara sehingga menjadi negara yang diakui kekuatan ekonomi oleh dunia. Lihat saja negara yang ada didunia ini, hanya beberapa saja yang diakui mempunyai kekuatan ekonomi yang kokoh, yaitu China, Rusia, Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Maka dari itu, untuk membuat negara Indonesia menjadi negara maju atau negara yang dapat diakui oleh dunia adalah dengan memperbanyak wirausaha yang ada. Salah satu caranya adalah dengan mendalami bidang ini dengan sungguh-sungguh untuk bisa membangkitkan jiwa kewirausahaan. Namun sebelum memulai itu semua, tahukah anda apa yang dimaksud dengan istilah kewirausahaan?

Jelaskan Pengertian Kewirausahaan Adalah?

Secara etimologi, kewirausahaan berasal dari kata wirausaha yang berasal dari kata “wira” dan “usaha”. Wira berarti pejuang, pahlawan, gagah berani, teladan, berbudi luhur, manusia unggul dan berwatak agung. Kata Wirausaha berasal dalam bahasa inggris disebut dengan entrepreneur.

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian kewirausahaan (entrepeneurship) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapinya.

1. Pengertian Kewirausahaan Menurut Peter F. Drucker 

Pengertian kewirausahaan menurut definisi Peter F. Drucker adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

2. Pengertian Kewirausahaan Menurut Achmad Sanusi 

Pengertian kewirausahaan menurut definisi Achmad Sanusi mengatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis.

3. Pengertian Kewirausahaan Menurut Andrew J. Drubin

Menurut definisi Andrew J. Drubin pengertian kewirausahaan adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

4. Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon

Pengertian kewirausahaan menurut definisi Richard Cantillon adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

5. Pengertian Kewirausahaan Menurut Thomas W. Zimmerer

Menurut definisi Thomas W. Zimmerer mengatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap harinya.

6. Pengertian Kewirausahaan Menurut Stephen Robins

Pengertian kewirausahaan menurut definisi Stephen Robins mengatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

7. Pengertian Kewirausahaan Menurut Soeharto Suwiryo 

Menurut pendapat Soeharto Suwiryo pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up-phase) dan perkembangan usaha (venture growth).

Jelaskan Pengertian Kewirusahaan? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Pengertian Kewirusahaan? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Kewirausahaan? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *