Jelaskan Pengertian Jujur Menurut Bahasa dan Istilah Adalah? Ini Artinya


Pengertian Jujur Adalah – Zaman yang terus menerus berubah semakin cepat, memberikan pengaruh positif dan negatif. Tapi sebagai manusia, perubahan tak perlu dihukumi karena perubahan sifatnya niscaya. Itulah mengapa dikatakan bahwa perubahan adalah abadi. Apapun yang kita lakukan, perubahan tidak akan mampu dihentikan.

Perubahan itu juga memberikan pengaruh terhadap perilaku seseorang seperti gaya hidup mewah, kekuasaan dan kewenangan, majunya teknologi informasi dan transportasi, dan jika berada di tangan tidak jujur akan menjadi patologi yang tidak terpuji, seperti melakukan KKN dan sogok- penipuan dan pungli dalam pelayanan publik dan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa perubahan zaman juga membuat perilaku manusia juga ikut berubah dan menjadi lemah, bahkan ada yang menjadi jahat. Coba lihat teman disekitar anda, di sekolah atau di tempat kerja. Tidak sedikit kita menemui orang yang sulit untuk dipercaya, dan bahkan apabila ia mengajak untuk bekerja sama, kita akan berpikir banyak hal untuk mempercayai dan mengetahui apakah benar yang ia ucapkan ataukah tidak. Terkadang, dalam menguji perilaku manusia, kita biasanya melontarkan berbagai pertanyaan seputar apa yang ia tawarkan, mulai dari latar belakang, dari pekerjaan, dari status keluarga dan dari apa yang ia kenakan.

Segala hal kita amati untuk mencari kebenaran dari apa yang mereka ungkapkan. Tentu saja, jika anda melakukan dan mengalami hal seperti ini, maka wajar saja sebab dunia yang semakin terus maju dan berubah ini, sangat sulit untuk mengetahui watak dan karakter seseorang itu seperti apa. Ada yang jahat, licik, dengki, pembohong dll.



Semua bisa berubah kapanpun dan dalam waktu apapun itu, bergantung keuntungan, kepentingan dan kondisi apa yang sedang mereka hadapi. Permasalahan ini tidak hanya pada diri anda pribadi, tetapi juga pada perusahaan dan instansi manapun. Mereka juga menyadari bahwa pentingnya orang-orang yang baik atau yang jujur pada saat mereka bekerja.



Maka dari itu, terkadang mereka melakukan test yang melatih dan menguji kejujuran seseorang.Biasanya hal itu disebut dengan test integritas atau kejujuran. Sebelum berbicara panjang lebar soal kejujuran yang berasal kata dari Jujur, tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian Jujur



Pengertian Jujur Menurut Bahasa dan Istilah 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengertian jujur terbagi dua yaitu secara bahasa dan istilah, lantas demikian adapun penjelasan dari kedua pengertian tersebut adalah:

1. Pengertian Jujur Menurut Bahasa

Menurut Bahasa, pengertian jujur adalah adalah mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan. Sinonim dari kata jujur adalah bohong yaitu berkata yang tidak sesuai dengan kebenarannya.

2. Pengertian Jujur Menurut Istilah

Sedangkan menurut Istilah, yang dimaksud dengan Jujur adalah sikap seseorang ketika berhadapan dengan sesuatu atau pun fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun atau benar-benar sesuai dengan realita yang terjadi.

Pentingnya Sifat Jujur dan Kedudukannya Dalam Islam

Sifat Jujur adalah kunci sukses dalam kehidupan sehari-hari karena mudah dalam meningkatkan martabatnya. Kejujuran dapat menghantarkan kepada kebaikan, dan kebaikan menghantarkan kepada surga. Seseorang yang berlaku jujur disebut shiddiq. Sedangkan dusta atau bohong akan berbuat dzalim dan menyimpang.

Dengan kejujuran maka sahlah perjanjian dan tenanglah hati seseorang. Jujur ada banyak bentuk, bisa jujur pada niat dan kemauan, jujur dalam perkataan, jujur ketika berjanji, jujur dalam bermu’amalah, jujur dalam berpenampilan sesuai kenyataan.

Tapi yang paling utama adalah jujur adalah nilai penting yang harus dimiliki seseorang, tidak hanya ucapan tapi juga dalam perilaku sehari-hari. Kedudukan jujur sangatlah tinggi dimata Allah SWT. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT dalam QS.an-Nisa ayat 58 yang berbunyi:

۞ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ

تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya.” (Q.S.an-Nisa:58).

Sedangkan dalam Q.S.al-Anfal ayat 27 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ
تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghianati Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu menghianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S.al-Anfal:27).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Jujur Menurut Bahasa dan Istilah Adalah? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *