Jelaskan Pengertian Interaksi Menurut Bintarto 1987? Ini Artinya


Manusia sangatlah unik, ada banyak ciri khas yang menempel pada manusia dan dideskripsikan sebagai miniatur kehidupan dunia ini. Hal itu juga membuat ada banyak istilah yang melekat pada manusia. Selain dikatakan sebagai makhluk berakal yang membedakan manusia dengan hewan,

Manusia juga disebut dengan makhluk ekonomi karena selalu memikirkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya. Tidak hanya sebagai makhluk ekonomi, manusia juga dikenal dengan makhluk individual, hal itu karena manusia mempunyai dorongan atau motif yang berhubungan dengan dirinya sendiri. Atau menurut beberapa para ahli mempunyai kehendak atas dirinya sendiri, dan kehendak ingin berkuasa.

Melalui dari pernyataan ini yang menjadi ciri mengapa manusia dikatakan sebagai makluk individual. Tetapi, sekalipun menjadi makhluk individual ternyata manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. Suatu dualitas diantara individual dan sosial yang melekat pada manusia.

Lantas seperti apakah itu makhluk sosial pada manusia?. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial lantaran memiliki dorongan untuk saling berhubungan dengan manusia yang lainnya. Melalui dorongan tersebut, yang menjadi ciri khas manusia dikatakan sebagai makhluk sosial.

Tentu ada penyebab mengapa manusia butuh bersosial dan harus bersosial. Alasan yang sangat sederhana dan menjadi jawaban yang tepat menjelaskan tentang mengapa manusia dikatakan makhluk sosial karena manusia bergantung dan membutuhkan individu lainnya untuk dapat mencapai tujuan dirinya.

Bentuk hubungan yang terjadi antara manusia dikenal dengan istilah interaksi. Dalam hubungan bermasyarakat, manusia dituntut untuk berinteraksi dengan sesamanya secara baik, tujuannya untuk menciptakan ketentraman dan kedamaian di dalam masyarakat.

Secara etimologis, istilah interaksi terbagi atas dua kata, yakni action (aksi) dan inter (antara). Sehingga definisi dari Interaksi secara sederhana adalah suatu rangkaian tingkah laku yang terjadi antara dua orang atau lebih dari dua atau beberapa orang yang saling mengadakan respons secar timbal balik.

Maka dari itu, interaksi juga diartikan sebagai saling mempengaruhi perilaku masing-masing. Hal ini bisa terjadi antara individu dan individu lain, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dan kelompok lain.

Interaksi yaitu satu relasi antara dua sistem yang terjadi sedemikian rupa sehingga kejadian yang berlangsung pada sistem akan mempengaruhi kejadian yang terjadi pada sistem lainnya.

Interaksi adalah satu pertalian sosial antara individu sedemikian rupa sehingga individu yang bersangkutan saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya (Chaplin, 2011). Sedangkan apabila mengutip salah satu tokoh yakni Bintarto yang tulisannya juga banyak dikutip.

Jelaskan Pengertian Interaksi Menurut Bintarto (1987)

Menurut Bintarto yang dimaksud dengan pengertian Interaksi adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung atau tidak langsung.

Dalam interaksi sosial terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dan menjadi ciri dari interaksi yaitu terdapat hubungan, individu, tujuan dan struktur serta fungsi sosial.

Interaksi sosial tidak akan mungkin ada apabila tidak memenuhi 2 syarat yaitu adanya kontak sosial dan terdapat komunikasi. Kontak sosial sebagai proses menerima stimulus dan memberi respon kepada dua pihak.

Sedangkan untuk komunikasi memberi seseorang informasi sehingga terjadi pembicaraan, pengetahuan dan sikap sehingga membuat seseorang bereaksi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Interaksi Menurut Bintarto (1987). Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *