Jelaskan Pengertian Integrasi Nasional? Ini Jawabannya


Integrasi Nasional – Pentingnya dalam mewujudkan integrasi nasional yang menyentuh di tengah-tengah kehidupan masyasrakat Indonesia disebabkan salah satu alasannya karena Indonesia masihlah berstatus sebagai negara berkembang.

Hubungannya adalah letak dimana Indonesia masih butuh untuk mencari jati diri. Selain dari pada itu, peran dan fungsi integrasional dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena Integrasi nasional adalah cara yang bisa membuat sesuatu yang berbeda menjadi satu.

Apalagi Indonesia yang telah dikenal luas dengan keberagaman suku budaya dan agama. Sedikit mengupas tentang keberagaman Indonesia dengan jumlah suku yang terdiri atas 300 kelompok suku bangsa atau tepatnya 1.340 suku.

Disetiap suku yang ada di Indonesia memiliki budaya dan bahasa serta tingkah laku yang berbeda-beda yang tersebar merata di setiap pulau di Indonesia yang dimana pulau di Indonesia juga sangat banyak yaitu sekitar 17.504.



Selain itu, dalam hal kepercayaan, Indonesia tumbuh banyak kepercayaan-kepercayaan nenek moyang yang sejak dulu ada dan agama yang diakui pun demikian yang diakui negara adalah agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.



Melalui keberagaman yang dimilik Indonesia menjadikan negara yang paling rawan yang membutuhkan pentingnya upaya Integrasi Nasional dari seluruh pihak. Sebab ditengah zaman yang terus melaju dalam arus globalisasi, tidak sedikit pengaruh bagi Indonesia.



Memang, pengaruh globalisasi yang masuk ke Indonesia tidaklah bagaimana dirasakan oleh masyarakat Indonesia, namun sedikit demi sedikit akan mengikis nilai dari budaya dan sejarah Indonesia yang didalamnya terdapat nilai integrasi nasional.

Contoh melihat Integrasi Nasional yang ditinggalkan oleh budaya Indonesia dimana setiap kerajaan dulu bersatu melawan bangsa penjajah dan asing. Nilai itu kemudian dilanjutkan saat pra kemerdekaan dimana setiap pemuda yang ada di berbagai pulau dan suku besar di Indonesia bersatu membentuk Sumpah Pemuda.

Melalui semangat ini dapat menjadi upaya atau faktor pendorong dalam Integrasi Nasional. Namun, hal itu tidak akan terwujud apabila rakyat Indonesia tidak peka terhadap situasi dan kondisi bangsa yang ada dimana melalui pengaruh globalisasi membuat terdapat masyarakat yang ego yang berkehendak sendiri atau kelompok membuat konflik lebih mudah terjadi dan tersebar dimana-mana.

Konflik yang terjadi ini membuat upaya untuk mewujudkan Integrasi Nasional semakin sulit, apalagi terdapat fakta sejarah dan fakta simbolis yang mengapa integrasi nasional perlu dilakukan tiada lain karena semboyan negara kita yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Maka dari itu, agar integrasi nasional dapat berjalan sukses maka setiap perbedaan harus dihargai agar dapat mencapai tujuan negara, dimana perbedaan ini khususnya pada masalah enik yang menjadi tantangan dan ancaman bagi Indonesia.

Mlelaui tantangan ini yang mmebuat masyarakat majemuk Indonesia terkadang tidak menjadi satu dan tidak merasa satu.

Apalagi dengan pemahaman sejarah yang sempit, membuat perbedaan budaya, cara pandang dan adat istiadat butuh disinergikan untuk membangun rasa kebersamaan dalam suatu wilayah,

Rasa toleransi antar sesama untuk mengatasi konflik berkepanjangan yang bisa merugikan bangsa Indonesia dan menghambat Integrasi Nasional yang dicita-citakan bersama.

Jelaskan Pengertian Integrasi Nasional? Ini Jawabannya
Jelaskan Pengertian Integrasi Nasional? Ini Jawabannya

Pengertian Integrasi Nasional Adalah?

Pada dasarnya, istilah dari Integrasi Nasional sebenarnya berasal dari dua kata, yakni dari kata Integrasi dan Nasional. Secara etimologi, yang dimaksud dengan Integrasi berasal dari Bahasa Inggris yakni integrate.

Arti dari kata ini adalah menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan. Sedangkan apabila merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan Integrasi adalah pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Melalui penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian Integrasi nasional secara umum adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga tercipta keserasian dan keselarasan secara nasional.

Sedangkan apabila mengacu pada konteks politis, yang dimaksud dengan arti Integrasi Nasional adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

Berbeda apabila mengacu pada konsep Antropologi, dimana secara antropologi Integrasi Nasional adalah proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai jawaban mengenai pertanyaan Jelaskan Pengertian Integrasi Nasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *