Jelaskan Pengertian Informasi Tersurat & Informasi Tersirat Dalam Teks Bacaan


Dalam setiap informasi yang tersebar terkandung berbagai hal yang dapat bermanfaat bagi manusia, dan ada juga informasi yang bisa berdampak buruk bagi manusia.

Apalagi dewasa ini, era sekarang masa dimana terjadi ledakan informasi yang butuh upaya dan kerja keras yang matang untuk menyeleksi berbagai informasi yang benar, tepat dan sesuai.

Selain itu terkadang di antara sepaket informasi tersebut bisa saja tidak semuanya merupakan informasi yang tepat, terkadang diantara informasi tersebut terselip informasi yang tidak sesuai sehingga dapat membius setiap orang diawal namun menjerat di akhir.

Sebut saja berita hoax yang tersebar sekarang di dunia maya baik itu di facebook, instagram, link berita, youtube, line, WhatsApp dan berbagai aplikasi social media lainnya ada banyak informasi yang membutuhkan penelurusan lebih lanjut.

Bisa saja mengetahui tapi untuk menyakini bahwa hal itu benar-benar terjadi dan membuat kita tergerak adalah sesuatu yang membutuhkan peninjauan lebih jauh lagi. Apalagi informasi yang penuh dengan makna ganda yang tentu memberikan pembacaan lebih jauh.

Apalagi undang-undang sekarang tentang informasi sudah begitu ketat sehingga dalam memberikan informasi diupayakan adalah memberikan informasi yang sesuai apakah masih membutuhkan pembuktian, sekedar informasi, benar terjadi dan informasi yang sifatnya mengajak.

Berdasarkan pembagian informasi, informasi sendiri terbagi atas 2 yaitu informasi tersurat dan informasi tersirat. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai pengertian informasi tersurat dan informasi tersirat serta beberapa hal perlu diketahui masyarakat tentang informasi tersirat dan tersurat.

Pengertian Informasi Tersurat dan Tersirat

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Informasi tersurat adalah memahami makna yang terdapat di dalam teks berita. Sedangkan arti dari Informasi tersirat adalah memahami gagasan yang disampaikan secara tidak langsung.

Baik itu informasi tersurat dan tersirat biasa terdapat dalam teks bacaan atau biasa juga dalam bentuk lainnya. Kedua jenis informasi ini memang terlihat sama saja, tetapi perlu diketahui bersama bahwa kedua jenis informasi ini mempunyai perbedaan yang mendasar.

Apabila merujuk dari KBBI, yang dimaksud dengan tersurat dapat diartikan sebagai telah tertulis, telah ditakdirkan atau eksplisit. Sedangkan yang dimaksud dengan tersirat adalah tersembunyi/terkandung (di dalamnya).

Pada umumnya, Informasi tersurat sudah tertulis secara langsung dalam informasi atau teks. Sedangkan informasi tersirat tidak tertulis secara langsung dalam teks. Sehingga untuk mengetahuinya membutuhkan proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Simpulan yang ada dalam informasi tersirat umumnya terdiri sebagai pemikiran, opini serta keberpihakan penulis saat menyusun teks tersebut. Simpulan dapat dicari berdasarkan letak gagasan pokok dalam teks.

Untuk informasi tersurat biasanya dapat dikaitkan dengan unsur 5 W + 1 H, yakni what, when, where, who, why dan how, yang merupakan unsur pembentuk teks.

Informasi tersurat bisa disebut sebagai informasi eksplisit. Sedangkan informasi tersirat bisa disebut sebagai informasi implisit. Perbedaan utama antara informasi tersurat dan tersirat terletak pada bagaimana cara menemukan makna atau pesan dalam sebuah teks.

Dalam informasi tersurat, makna atau pesan bisa ditemukan secara langsung dalam teks. Sedangkan dalam informasi tersirat, makna atau pesannya hanya dapat ditemukan setelah membaca keseluruhan isi teks.

Ciri-Ciri Informasi Tersurat

  1. Makna atau pesan bisa ditemukan secara langsung dalam teks.
  2. Sering digunakan dalam akademik atau bidang lainnya.
  3. Informasi yang disampaikan lebih jelas karena disampaikan secara langsung.
  4. Pemaknaan secara primer karena menggunakan kata langsung dalam teks.
  5. Jarang digunakan dalam karya sastra.

Ciri-Ciri Informasi Tersirat

  1. Makna atau pesan hanya bisa didapat setelah membaca seluruh isi teks
  2. Dipakai dalam literatur
  3. Dapat menimbulkan kebingungan atau pemaknaan ganda.
  4. Perlu dalam mencari tahu makna sebenarnya
  5. Sering dipakai dalam karya sastra

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Informasi Tersurat & Informasi Tersirat Dalam Teks Bacaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *