Jelaskan Pengertian Ilmu Kalam? Ini Arti Secara Bahasa & Istilah


Pengertian Ilmu Kalam Adalah – Ilmu Kalam atau Teologi Islam, muncul mempunyai sejarah setelah meninggalnya Rasulullah saw. Hal ini berkaitan dengan adanya skisme atau perpecahan sosial-keagamaan yang diawali peristiwa pembunuhan Utsman bin Affan, Khalifah ketiga. Hal ini berhubungan dengan pengangkatan dan pada masa menjabatnya Utsman bin Affan hingga berbuntu pembunuhan yang katanya dilakukan oleh pendukung Ali bin Abi Thalib. Diangkatnya Ali bin Abi Thalib menjadi khalifah keempat juga menghadapi goncangan dari bani Umayyah yang dipimpin oleh Muawiyyah bin Abi Sufyan yang menduga bahwa Ali sengaja melindungi pembunuh Utsman. Tuduhan itu dibantah, malah membenarkan pembunuhan Utsman dari pendukung ekstrimis Ali yang mengatakan bahwa kebijakan itu dibenarkan dan dianggap melakukan dosa besar.

Apabila kaji maka argumen itu adalah bernada Al Khawarij karena bermakna legitimasi dan pengkafiran. Konflik itu semakin membeas, hingga terjadi perang Shiffin antara Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah bin Abi Sufyan hingga melhiarkan tahkim (arbitrase) yang dimenangkan oleh Muawiyah. Selanjutnya, ia merencanakan pembunuhan Muawiyah, Ali bin Abi Thalib, Amru bin ‘Ash (wakil pihak Muawiyah dalam tahkim) dan Abu Musa al-Asy‘ari (wakil dari pihak Ali), namun hanya Ali bin Abi Thalib sajalah yang berhasil mereka bunuh dengan melalui tangan Ibn Muljam.

Al Khawarij kemudian berubah dari gerakan politik menjadi gerakan teologis yang berbentuk ekstrimis yang mempunyai pandangan teologis bahwa manusia mempunyai suatu kebebasan untuk memilih dan punya kemampuan berbuat baik dan buruk, sehingga mereka harus bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya. Selain dari alkhawarij terdapat sekelompok pemuda dalam masa Umayyah dalam hal ini Abdulah ibn Umar (putra Umar bin Khaththab) yang mengkaji Sunnah dan ikut dengan Abdullah ibn Abbas. Hal itu membuat kelompok ini populer sebagai Ahl as-Sunnah (Sunni).

Ini dibangun berdasarkan pluralisme, dan netralitas politik yang dalam istilah teologis awalnya disebut Mu’tazilah (netralitas). Namun karena sikapnya yang ternyata tumbuh sikap irja’, dari kelompok ini muncul golongan Murji’ah yang menunggu pengadilan akhirat dibandingkan mengkafirkan atau memberikan justifikasi atas muslim pelaku dosa besar.



Namun dalam suatu tempat Hasan al-Bashri, muridnya bernama Washil bin Atha bahwa dirinya tidak setuju dengan Khawarij yang memberikan justifikasi dan tidak seutuju kepada Murji’ah yang menyebut pelaku dosa adalah mu’min. Hal ini membuat perkembangan Mu’tazilah berkembang menjadi teologi Islam atau Ilmu Kalam melalui Washil bin Atha.



Adanya pengaruh filsafat Yunani membuat Mu’tazilah membahas akidah Islam secara rasional-filosofis dan sistematis. Berbeda dengan yang lainnya, Mu’tazilah tumbuh dari pemikiran teologis yang menjadi penengah antara Khawarij dan Mur’jiah. Dari hal itu memunculkan pemikiran dikenal failasuf yang di populerkan oleh al-Kindi. Abad ke-2 H terjadi pertemuan antara Jama’ah dan Ahl as-Sunnah dalam bidang teologi yang diwakili oleh Ab al-Hasan al-Asy’ari yang kecewa dengan nuktah dalam Mu’tazilah membuat membangun aliran umum yakni Asy’ariah yang kemudian populer disebut Ahl as-Sunnah wal-Jamaah (Sunni).



Ilmu Kalam Sunni menjadi berkembang yang mampu menyelematkan dari hellenisasi total dan melumpuhkan gerakan kaum Mu’tazilah melalui logika mereka yang menjadi jalan tengah dan moderisasi antara Jabariah dan Qadariah, antara dogma kaum sunni konservatif (salafi) dan liberalisme-rasionalisme Mu’tazilah yang kemudian menjadi rumusan ajaran pokok agama (Ushul ad-din).

Pada 944 M muncul Abu Mansur al-Maturidi yang menentang ajaran Mu’tazilah yang menempati posisi tengah antara Asy’ariah dan Mu’tazilah yang selanjutnya dikenal dengan ilmu kalam Muturidiah atau teologi al-Muturidiah. Dari berbagai perjalanan ilmu kalam atau teologi Islam ini sebagai sejarah ilmu kalam sebenarnya lahir dari warisan intelektual Islam yang tidak lepas dari warna pergumulan kelompok sosial-politik dan sosial-keagamaan yang mengkristal menjadi ilmu kalam atau teologi Islam. Berdasarkan dari penjelasan diatas, apasih yang dimaksud dengan pengertian ilmu kalam itu?

Pengertian Ilmu Kalam Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Ilmu Kalam adalah ilmu yang membahas mengenai Tuhan dan sifat-sifatnya yang mengandung argumen dan berpikir agamis dan rasional untuk menguatkan akidah keimanan umat Islam.

1. Pengertian Ilmu Kalam Secara Bahasa (Etimologi)

Selain itu untuk pengertian ilmu kalam menurut bahasa (etimologi), kata “ilmu kalam” berasal dari bahasa Arab, ‘ilm al-kalam yang secara bahasa ilmu kalam adalah ilmu yang membahas tentang kepercayaan dan keimanan. Sedangkan pengertian ilmu kalam menurut istilah (terminologis) ada banyak para ahli yang menyampaikan definisinya salah satunya adalah Ibnu Khaldun.

2. Pengertian Ilmu Kalam Menurut Istilah (Terminologi)

Menurut Ibnu Khaldun bahwa yang dimaksud dengan pengertian ilmu kalam secara istilah (terminologi) adalah “ilmu yang mengandung argumen rasional untuk membela akidah-keimanan, dan menolak golongan atau ahli bid’ah yang menyimpang atau menyeleweng dari faham Salaf dan Ahli Sunnah”.

3. Objek Ilmu Kalam Adalah 

Objek kajian Ilmu Kalam (Teologi Islam) adalah Tuhan khususnya pada sifat-sifat-Nya, kerasulan, alam (termasuk alam gaib) dan hubungan Tuhan dengan makhluk-Nya. Atau secara sederhana, mencakup Tuhan dan objek-objek kepercayaan dalam akidah Islam atau dalam bahasa Nurcholish Madjid dinyatakan sebagai “Tuhan dan derivasi-Nya”.

4. Aliran Dalam Ilmu Kalam Adalah 

Aliran atau faham teologis yang relatif penting disebutkan adalah Khawarij, Syi’ah, Murji’ah, Mu’tazilah, Ahl as-Sunnah Salafiah, Asy’ariah dan Maturidiah-keduanya dikenal sebagai Ahl as-Sunnah Khalafiah. Yang masih bertahan hingga eksis sampai sekarang ialah aliran-aliran Ahl as-Sunnah Salafiah, Asy’ariah dan Maturidiah (Ahl as-Sunnah Khalafiah) di satu pihak—dimana ketiganya populer disebut sebagai aliran Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah dan aliran Syi’ah pada pihak lain.

Demikianlah informasi yang berjudul Jelaskan Pengertian Ilmu Kalam? Ini Arti Secara Bahasa & Istilah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *