Jelaskan Pengertian Hijrah? Ini Arti Secara Bahasa & Istilah Dalam Islam


Pengertian Hijrah Adalah – Saat ini ada banyak hal yang bisa mempengaruhi manusia di alam modernitas saat ini. Segala pengaruh tersebut dapat mengubah sifat dan perilaku manusia dari yang baik menjadi buruk, dan dari yang buruk dapat menjadi lebih buruk. Hal ini sangatlah berbahaya apabila manusia tidak memiliki pedoman kuat dan iman yang dapat mencegah terperosoknya mereka ke jalan kegelapan bahkan hal itu juga bisa saja menimpah umat Islam.

Tidak sedikit informasi yang terdapat di berita di televisi dan media sosial ada begitu banyak orang-orang yang mengaku kalangan muslim namun memiliki perbuatan yang tidak sesuai dengan apa yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Tanda-tanda tersebut bisa disaksikan di sekitar kita, dimana diketahui bahwa Indonesia adalah mayoritas muslim, tapi didunia nyata ada berapa kriminalitas yang diperbuat oleh orang-orang yang mengatasnamakan dirinya Islam.

Maka dari itu, umat Islam dan pada umumnya seluruh manusia untuk mampu membentengi diri dan dapat berpindah dengan meninggalkan keburukannya agar bisa menyelamatkan diri. Berbicara soal berpindah dari hal yang buruk ke hal yang baik adalah suatu konsep dalam Islam yang dikenal dengan istilah Hijrah. Hijrah sendiri bersumber dari semangat juang dan hikmah dari kisah-kisah Nabi Muhammad.

Hari-hari ini santer pemberitaan mengenai hijrah. Ajakan-ajakan “ayo hijrah”, “hijrah yuk”. Tidak hanya ajakan, juga hijrah yang mulai pemaknaan fisik dari hingga psikis mengenai hijrah bergulir. Istilah hijrah begitu fenomenal di masa sekarang, khususnya di Indonesia.



Hal itu karena momentum hijrah mempunyai makna yang sangat strategis. Biasanya, kata Hijrah dimaknai sebagai perpindahan, pemutusan keterikatan masyarakat terhadap tanahnya, atau dalam sejarah Islam dimaknai sebagai perpindahan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.



Peristiwa hijrah merupakan sebagai titik tolak perubahan dalam dakwah Nabi, dari yang awalnya tidak begitu banyak pengikut karena kondisi Makkah saat itu tidak mendukung, kemudian dilandasi perintah Allah melaksanakan hijrah ke Madinah dan diterima masyarakat sekitar. Maka tidak heran apabila penanggalan tahun hijriah dimulai sejak hijrahnya Nabi. Berbicara soal hijrah, tahukah anda apa yang dimaksud dengan Hijrah?



Pengertian Hijrah Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Hijrah adalah berpindah atau menghindar untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain dengan alasan tertentu seperti untuk keselamatan atau kebaikan dan kembali dengan membawa keselamatan dan kebaikan. Perlu diketahui bersama bahwa dalam mendefinisikan hijrah terdapat 2 bagian yaitu menurut bahasa dan istilah. Adapun penjelasan dari hal tersebut adalah:

1. Arti Hijrah Menurut Bahasa

Secara bahasa (etimologi), yang dimaksud dengan hijrah adalah kata yang berasal dari bahasa arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat

2. Arti Hijrah Menurut Istilah

Sedangkan apabila menurut istilah (etimologinya) yang dimaksud dengan pengertian hijrah adalah berpindahnya seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain atau dari suatu daerah ke daerah yang lain yang mempunyai tujuan untuk kebaikan.

Perintah Berhijrah Dalam Al-Qur’an 

Perintah berhijrah terdapat dalam beberapa ayat Al-Qur’an, dalam hal ini QS. Al-Baqarah dalam ayat 218 yang berbunyi:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ وَجَٰهَدُوا۟ فِى سَبِيلِ
ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ ٱللَّهِ ۚ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Qs. Al-Baqarah 2:218).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Hijrah? Ini Arti Secara Bahasa & Istilah Dalam Islam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *