Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban? Ini Arti & Jawabannya


Dalam kehidupan ini, harta benda sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya, baik materil misalnya saja kebutuhan biologis, fisik, sosial, agama, pendidikan serta termasuk kebutuhan spiritual. Olehnya itu, dalam ajaran agama Islam, setiap manusia diperintahkan untuk bekerja keras untuk mendapatkan anugerah Allah dan rezekinya.

Bagi umatnya, dalam berusaha atau bekerja terdapat rell yang telah digariskan Allah SWT yang dimana hal itu termuat dalam peraturan syari’at Islam. Rell tersebut bukanlah sebagai batasan akan gerak manusia dalam bekerja, melainkan rell tersebut adalah petunjuk yang akan menghantarkan ke jalan yang benar, ke hasil usaha yang diridhoi oleh Allah SWT dan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Sebab tidak sedikit, hasil usaha yang dilakukan itu melakukan segala cara yang bahkan aturan akan dilanggar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memang pada awalnya, akan terasa demikian namun dalam perjalanan hasil usaha yang dinikmati tersebut terdapat balasan yang akan diterima seperti kasus para pengusaha yang akhirnya mendekam di penjara atau mengalami kebangkrutan.

Apalagi ketika berbicara di hari akhir kemudian atau hari dimana segala sesuatu yang dilakukan dimuka bumi ini dipertanggungjawabkan, maka setiap orang perlu mengetahui mengenai sesuatu hal yang dalam pembahasan tersebut yakni mengenai haram dan halal.



Berbicara soal halal dan haram, pada zaman ini sudah banyak orang tidak peduli lagi mana yang dikatakan sebagai sesuatu yang halal dan mana yang dikatakan sebagai sesuatu yang haram.



Selain itu, belum tentu sesuatu yang halal itu cocok untuk dikonsumsi manusia yang dalam pembahasan ini haruslah juga thayyib. Apasih itu thayyib dan apasih itu halal?.



Bisa dikatakan bahwa kata halal adalah sesuatu kata yang biasa didengarkan dan berbeda halnya dengan kata Thayyib apalagi jika disatukan yakni Halalan Thayyiban. Dibawah ini, akan menjawab secara singkat segala pertanyaan mengenai halal dan Thayyib serta Halalan Thayyiban.

Pengertian Halalan Thayyiban Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Halalan Thayyiban adalah halal dari segi makan dan baik dari segi aspek pengolahan dan pelayanan. Mengikuti halalan Thayyiban maka menjadi pertanda bahwa pribadi yang dimiliki oleh orang bertakwa.

Islam sangatlah memandang penting mengenai halal dan Thayyibnya pada persoalan yang dikonsumsi atau dipakai. Mengapa Thayyib perlu diikutkan karena, perlu diketahui bersama bahwa makanan yang halal dimakan atau dikonsumsi belum bisa dikatakan baik, atau cocok bagi seseorang sehingga itulah mengapa ada Thayyib.

Dimana arti sederhana Thayyib itu sendiri adalah cocok dan menyehatkan. Pada dasarnya termasuk Thayyib dalam Islam menyangkut masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kebaikan manusia. Thayyib dapat di artikan sebagai berikut:

    1. Tidak mempunyai nilai buruk bagi kesehatan jasmani maupun rohani.
    2. Menyehatkan, materi yang di konsumsi harus menyehatkan bagi konsumen bila sebaliknya maka harus ia tinggalkan. Atau tidak bertolak belakang dengan kondisi kesehatan seseorang.
    3. Tidak membahayakan, dalam perspektif syariah standar ini harus dibakukan dengan standar kualitas makanan yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.
    4. Bersih, dalam artian diperoleh dengan cara yang benar dan tidak diperoleh dengan cara yang tidak halal. Ataupun terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Halalan Thayyiban? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *