Jelaskan Pengertian Gambar Model? Ini Jawabannya


Setiap mempunyai kesukaannya tersendiri, ada yang menyukai dibidang olahraga dengan bermain sepak bola atau bermain basket, ada juga orang yang menyukai sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan ada juga orang-orang yang menyukai keseniaan.

Berbicara soal keseniaan ada banyak jenis yang dapat menjadi pilihan bagi setiap orang, beberapa diantaranya adalah dengan memainkan alat musik ataukah dengan bermain teater atau bisa juga dengan mengasah kemampuan bernyanyi.

Namun ada kesenian yang begitu menarik dan mempunyai ciri khas yang memiliki penggemar yang lebih mempunyai ciri khas dibandingkan dengan kesenian lainnya yakni orang yang suka menggambar.

Memang keseniaan ini jika di sampaikan secara biasa saja akan terdengar bahwa sangat mudah dan setiap orang bisa dengan mudah menggambar dengan melihat mereka pada saat kecil dulu.

Tetapi, dalam menggambar ada jenis tertentu yang membutuhkan keseriusan dan pengetahuan yang lebih untuk memahami dan membuat sebuah karya gambar tersendiri yaitu menggambar model.

Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan pengertian gambar model dan seperti apakah yang dimaksud dengan menggambar model itu?

Jelaskan Pengertian Gambar Model Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Gambar Model adalah kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar. Objek gambar bisa saja itu dengan hewan atau manusia, tumbuhan dan juga bisa benda-benda yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh dan menarik tentunya.

Hal itu bisa dilakukan dengan menyusun benda-benda tersebut dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan pastinya dengan irama yang baik. Menggambar model adalah teknik yang biasa dipake oleh seorang perupa. Walaupun sebagai teknik, tetap saja menggambar model tidak semudah yang kita pikirkan

Sebab menggambar model membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang tujuannya agar objek yang kita gambar tersebut dapat mencapai hasil yang sama dengan objek yang kita gambar. Objek tersebut bisa itu benda mati ataupun benda hidup yang dijadikan sebagai model.

Media dan alat yang dipake dalam menggambar model juga sangat sederhana dan terjangkau bagi siapapun, diantaranya pensil, penghapus, kertas, pensil warna, krayon, penggaris dan cat air. Selain itu teknik yang bisa dipake juga bermacam-macam seperti teknik arsir, dussel, blok, titik, dan aquarel.

Selain membutuhkan ketekunan dan ketelitian, menggambar model harus memperhatikan unsur-unsur dalam seni rupa yaitu garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang (pencahayaan).

Disamping itu juga yang ingin menggambar model harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam menggambar model. Tujuannya agar para peruba ini dapat memberikan suatu sentuhan yang khas dan indah bagi orang-orang yang melihatnya.

Prinsip-Prinsip Menggambar Model Adalah?

Olehnya itu, adapun prinsip-prinsip dalam menggambar model yang wajib diketahui oleh setiap orang khususnya bagi yang ingin mengetahui apa itu menggambar model lihat dibawah ini:

1. Komposisi

Komposisi merupakan cara kita mengatur dan menyusun objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar. Komposisi pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: komposisi simetris, komposisi asimetris, dan komposisi sentral.

2. Proporsi

Proporsi merupakan perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian yang menjadi objek gambar.

3. Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Gambar Model? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *