Jelaskan Pengertian Disintegrasi Adalah? Ini Jawaban & Penyebabnya


Pengertian Disintegrasi – Negara kita yakni Indonesia adalah negara yang menetapkan bentuk negara Kesatuan (Unitary State) sebagai upaya dalam mempersatukan masyarakat Indonesia bhineka. Kebhinekaan Indonesia bisa dilihat dari adanya perbedaan suku, ras, agama, etnis dan budaya sehingga Indonesia kaya akan budaya. Akan tetapi, Kebhinekaan itu juga menjadi suatu kelemahan bangsa ketika pemerintah tidak dapat memeprsatukan bangsa dan juga menjadi kelemahan apabila masyarakat tidak mampu memahami kebhinekaan Indonesia.

Seperti mudahnya masyarakat diadu domba oleh segelintir kelompok yang membuat persatuan Indonesia kembali dipertanyakan. Padahal, sudah cukup sejarah perjuangan Indonesia yang dialami baik pada saat Indonesia masih berjuluk nusantara, hindia belanda dan hingga saat ini. Akan tetapi, nyatanya hal tersebut ternyata tidaklah dipandang serius dan diamalkan oleh setiap masyarakat Indonesia begitupula juga dari kalangan pemerintah. Padahal persatuan adalah senjata ampuh bagi bangsa Indonesia dalam merebut, mempertahankan dan juga mengisi kemerdekaan.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari masyarakat Indonesia adalah sifat kekeluargaan dan jiwa gotong royong yang didasarkan oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan. Dengan menempuh hal itu, maka persatuan atau yang sering diistilahkan dengan kata integrasi dapat terwujud. Tapi jika tidak, maka lawan kata dari integrasi disebut dengan disentegrasi. Lantas demikian, seperti apakah yang dimaksud dengan disintegrasi itu?

Jelaskan Pengertian Disintegrasi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu pada yang menghilangnya keutuhan atau persatuan serta dapat menyebabkan perpecahan. Secara harfiah, yang dimaksud dengan Disintegrasi adalah perpecahan suatu bangsa menjadi bagian-bagian yang saling terpisah. Potensi disintegrasi bangsa Indonesia jika ditinjau dari data empiris relatif tinggi. Hal itu bisa diketahui lantaran penyebab dan gejala disintegrasi tersebut yang secara peristilahan adalah homogenitas ethnik dan linguistic yang rendah.



Dengan hal itu, maka yang perlu dilakukan adalah mencari solusi atau jalan keluar dengan pemecahan yang tepat. Jika tidak, maka dapat berdampak pada peningkatan eskalasi konflik yang bisa berorientasi pada pemisahan diri dari NKRI. Kondisi demikian bisa dipengaruhi karena surutnya nasionalisme masyarakat yang berkepanjangan dengan fenomena konflik yang terus terjadi.



Dari penyebab atau gejala tersebut, maka disintegrasi bangsa harus ditanggulangi sedini mungkin mulai dari penyebab yang dimana biasa terjadi dari konflik antar partai, daerah, suku, agama dan lain. Isu disintegrasi juga bisa terjadi karena adanya ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah pusat yang membuat permasalahan dalam bidang politik, agama, sosial, ekonomi terjadi. Jika terjadi demikian, yang perlu ditingkatkan adalah kewaspadaan serta kesiap-siagaan nasional serta menciptakan stabilitas keamanan yang baik dengan menegakkan peraturan yang berlaku.



Penyebab Disintegrasi Adalah?

Perlu diketahui bersama bahwa terdapat beberapa hal yang dapat ditandai dari penyebab atau gejala disintegrasi dalam masyarakat Indonesia yakni:

    1. Persamaan pandangan yang sulit dicapai dari tokoh masyarakat yang menjadi pengaruh bagi masyarakat lain.
    2. Banyak masyarakat yang biasa melawan/melanggar nilai dan norma yang disepakati bersama.
    3. Sering terjadi pertentangan antara norma yang ada di masyarakat.
    4. Nilai dan norma tidak diamalkan secara efektif.
    5. Konsistensi dan komitmen yang mudah dilanggar.
      Sering terjadi proses sosial di masyarakat yang bersifat disosiatif misalnya persaingan tidak sehat, saling fitnah, saling hasut, pertentangan antarindividu maupun kelompok, perang urat syaraf, dan seterusnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Disentegrasi Adalah? Ini Jawaban & Penyebabnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih, salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *