Jelaskan Pengertian Demokrasi Yang Berkedaulatan Rakyat? Ini Jawabannya


Pada akhir abad 20, demokrasi menjadi isu teramat dalam sebab dibanyak belahan dunia telah menjadi indikator yang sangat nyata karena pada saat itu banyak negara yang menganut demokrasi dalam hal ini seperti negara Portugal, Spanyol di tahun 1974, hal itu juga terjadi pada negara di Amerika Selatan, Argentina yang pada tahun 1983, Bolivia Uruguay tahun 1984.

Selain itu pada tahun 1985 masuk Brasil dan Chili mulai menganut demokrasi pada awal tahun 1990-an. Memang pada akhir abad 20 menjadi pertanda keberhasilan demokrasi. Demikian ini tidak lepas dari akseptabilitas yang tinggi dari masyarakat dunia.

Pengertian demokrasi secara etimologi adalah demokrasi yang terdiri atas 2 kata yang berasal dari Yunani dalam hal ini demos dan cratein. Arti dari kata demos sendiri adalah rakyat atau penduduk suatu tempat, sedangkan arti dari cratein sendiri adalah kekuasaan atau kedaulatan.

Pada dasarnya, demokrasi adalah model pemerintahan yang melibatkan rakyat yang menjalankan dan mengawasi pemerintahan. Sedangkan arti dari terminologi demokrasi yang sudah sangat populer adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.



Perlu diketahui bersama bahwa konsep demokrasi menempatkan rakyat pada posisi yang strategis dalam sistem ketatanegaraan. Akan tetapi, pada tataran pelaksanaannya terdapat perbedaan antara negara yang satu dengan negara yang lain. Bisa ditinjau dengan banyaknya istilah-istilah demokrasi seperti demokrasi konstitusional, terpimpin, parlementer, rakyat, nasional, demokrasi islam, demokrasi pancasila dan lain-lainnya.



Walaupun demokrasi dalam implementasinya mempunyai banyak varian akan tetapi secara mendasar konsep demokrasi sebenarnya sesuai dengan konsep kedaulatan rakyat. Arti kedaulatan itu sendiri adalah konsep mengenai kekuasaan tertinggi yang terdapat suatu negara.



Sedangkan apabila berbicara di Indonesia, konsep mengenai kedaulatan rakyat bukanlah sesuatu hal yang baru. Sebab sebagaimana diketahui bahwa konsep tentang kedaulatan rakyat adalah lahir dari perut bumi Indonesia. Jika demikian sebenarnya, demokrasi telah jauh hari dikenal sebagai konsepsi karena melekat dalam budaya Indonesia.

Barulah pada jelang kemerdekaan dalam, pokok pikiran ini ditetapkan dalam UUD sebagai pernyataan bahwa RI adalah negara yang berkedaulatan rakyat. Dalam artian bahwa Indonesia sudah otomatis menjadi sebagai negara demokratis.

Buktinya bisa dilihat dalam Pasal 2 ayat (1) sebelum amandemen yang menyatakan “Kedaulatan adalah di tangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Mejelis Permusyawaratan Rakyat” setelah amandemen UUD 1945 ketentuan ini diubah, sehingga berbunyi “Kedaulatan Berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang- Undang Dasar”. Ini menjadi pertanda bahwa indonesia secara tegas adalah negara demokrasi yang berkedaulatan rakyat.

Dalam menjalankan amanat undang-undang, terdapat pilar demokrasi dalam hal ini adalah trias politica yang membagi kekuasaan yakni eksekutif, yudikatif dan legislatif. Ketiga jenis lembaga ini mempunyai kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga DPR yang mempunyai kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif.

Jelaskan Pengertian Demokrasi Yang Berkedaulatan Rakyat?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya pengertian demokrasi yang berkedaulatan rakyat adalah menempatkan rakyat sebagai kekuasaan tertinggi dalam setiap pengambilan keputusan. Walaupun sebenarnya tanpa ada kata kedaulatan rakyat itu sendiri, arti demokrasi sudah memperjelas mengenai bahwa itu berasal dari kedaulatan rakyat.

Akan tetapi, tidak dipungkiri juga dimana terdapat banyak varian demokrasi yang menempatkan rakyat dalam porsi tertentu seperti dalam demokrasi terpimpin dan demokrasi parlementer atau pada saat demokrasi pancasila era Soeharto yang dalam implementasinya ternyata otoriter.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Demokrasi Yang Berkedaulatan Rakyat? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *