Jelaskan Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln? Ini Artinya

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln – Secara etimologi, istilah demokrasi sebenarnya terdiri atas 2 kata yaitu, demos yang artinya rakyat atau penduduk, sedangkan cratein atau cratos berarti kekuasaan atau kedaulatan. Sehingga arti dari gabungan kedua kata ini adalah suatu sistem pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat. Pada mulanya, istilah demokrasi merupakan pemikiran yang terdalam dalam bangsa Yunani.

Pada saat itu, demokrasi merupakan suatu bentuk politik dimana rakyat mempunyai dan menjalankan seluruh kekuasaan politik. Istilah ini muncul di Athena kuno pada abad ke-5 SM. Negara ini dianggap sebagai asal muasal dari berjalannya hukum demokrasi modern. Akan tetapi, istilah ini telah berubah sejalan dengan waktu, dan definisi modern telah berevolusi sejak abad ke-18, bersamaan dengan perkembangan sistem demokrasi di banyak negara.

Untuk di Indonesia sendiri, demokrasi yang dilaksanakan cukup berbeda dengan demokrasi yang dikenal dan digunakan oleh setiap negara. Indonesia menamakan demokrasi dengan demokrasi Pancasila. Maksud dari demokrasi Pancasila ini bisa dijelaskan secara singkat sebagai demokrasi yang berasal dari nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Nilai-nilai Pancasila adalah nilai kepribadian bangsa Indonesia dimana nilai-nilai itu diambil dari nilai budaya, adat-istiadat dan nilai religius yang dimiliki oleh bangsa kita sendiri. Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan oleh bangsa kita adalah kepribadian bangsa kita sendiri bukan berasal dari bangsa atau negara lain.

Selain itu, ada banyak definisi dan jenis-jenis demokrasi yang diterapkan di berbagai negara. Apabila membahas mengenai definisi, terdapat pengertian demokrasi yang paling populer dan paling banyak dicari yaitu definisi yang diungkapkan dan dirumuskan oleh Abraham Lincoln (1863), presiden Amerika Serikat yang ke-16.

Diketahui bahwa Abraham Lincoln memiliki sejarah yang besar bagi rakyat Amerika Serikat. Berkat kepemimpinannya, Abraham Lincoln berhasil membawa bangsanya keluar dari perang saudara, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan. Demikian sejarah Abraham Lincoln dalam merumuskan demokrasi, saat dirinya mengeluarkan Proklamasi Pembebasan atau yang dikenal Proclamation Emancipation.

Berkat proklamasi ini, ada banyak orang di Amerika dapat hidup layak. Proklamasi itu berisi dimana budak yang dibeli negara-negara bagian atau daerah negara yang mempunyai rekam jejak dalam melawan AS akan dibebaskan mulai pada 1 Januari 1863. Proklamasi itu mencetuskan semangat semua orang yang memperjuangkan kebebasan, dan menjadi pendorong penghapusan perbudakan di AS. Melihat mengenai sosok Abraham Lincoln, seperti apasih demokrasi menurut abraham lincoln itu dan bagaimana teorinya?.

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Intinya, demokrasi adalah suatu tata pemerintahan dimana rakyat, baik secara langsung maupun tidak langsung berkuasa dan berdaulat penuh.

Jelaskan Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln? Ini Artinya
Jelaskan Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln? Ini Artinya (Foto: Artikelsiana.com)

Teori Abraham Lincoln Tentang Demokrasi

Menurut Abraham Lincoln bahwa terdapat 3 faktor yang menjadi tolok ukur umum sebuah pemerintahan demokratis. Adapun hal itu menurut Abraham Lincoln adalah:

1. Goverment Of The People

Pemerintahan dari rakyat (goverment of the people) mengandung pengertian bahwa suatu pemerintahan yang sah adalah suatu pemerintahan yang mendapat pengakuan dan dukungan mayoritas rakyat melalui mekanisme demokrasi, pemilihan umum.

2. Goverment By The People 

Pemerintahan oleh rakyat (goverment by the people) memiliki pengertian bahwa suatu pemerintahan yang menjalankan kekuasaannya atas nama rakyat, bukan atas dorongan pribadi elite negara atau elite demokrasi.

3. Goverment For The People

Pemerintahan untuk rakyat (government for the people) mengandung pengertian bahwa kekuasaan yang diberikan oleh rakyat kepada pemerintah harus dijalankan untuk kepentingan rakyat.

Demikianlah informasi yang berjudul Jelaskan Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *