Jelaskan Pengertian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah Adalah? Ini Artinya


Pengertian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah – Kehidupan ini hanyalah sementara, sehingga bagi setiap manusia dalam mengarungi kehidupan ini dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan mengikuti segala aturan yang dimilikinya maka setiap manusia bisa selamat sentosa dimuka bumi ini. Tapi mengarungi kehidupan ini tidaklah mudah, sebab tidak sedikit lika liku yang dihadapi oleh setiap manusia. Terkadang kehidupan ini sudah diatas, dan pada selanjutnya silih berganti akan jatuh kebawah. Semua itu bergantung sejauhmana kita sebagai manusia dapat bertahan dan menjawab tantangan yang ada.

Dalam bertahan dan menjawab tantangan zaman, manusia tidak bisa melakukannya sendiri mereka harus saling membutuhkan manusia yang lainnya. Mereka harus bekerja sama sebagaimana hakikat dari manusia yakni makhluk sosial yang berinteraksi untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada. Sebelum memecahkan hal itu, interaksi harus dibangun kuat agar setiap manusia saling mempercayai satu sama lain melalui upaya untuk saling mengenal satu sama lainnya. Dalam pengenalan itu, ada banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyatukan visi dan misi bersama baik itu bersatu dalam hal pekerjaan, sosial, budaya dan agama.

Berbicara soal agama tentang hubungan manusia satu dengan yang lainnya, dalam hal ini agama Islam juga diterangkan dalam QS. Al-Hujurat ayat 13 yang artinya adalah “Wahai manusia, sesungguhnya Aku menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”

Dalam ayat ini, bagaimana hubungan manusia dengan manusia yang lainnya untuk saling berinteraksi dan bersosial. Namun, terkadang permasalahan yang kita jumpai di masyarakat adalah tidak sedikit orang-orang yang berada di jalur yang tidak sesuai dengan syariat dan kodrat agama. Mereka melenceng dari ajaran baik itu melenceng dalam konstitusi dan juga melenceng dalam Agama khususnya Agama Islam. Sehingga dalam membangun persahabatan dan kekerabatan bersama orang tersebut adalah suatu tantangan yang luar biasa dan dibutuhkan kerja keras.



Sebab tidak semua bisa melakukan hal itu, apalagi untuk menyadarkan seseorang agar berada di jalan yang benar. Tapi, bukan berarti tidaklah bisa, karena pada intinya manusia akan dipengaruhi dan mempengaruhi. Olehnya itu, sejauhmana kemampuan kita untuk menyadarkan seseorang agar tidak misalnya melakukan tindakan kriminal dan tindakan terlarang seperti menggunakan narkoba, dan mengkonsumsi minuman keras.



Dalam Islam, cara menyadarkan seseorang untuk mengikuti ajaran yang benar diketahui adalah tentang apa yang disebut dengan berdakwah. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas sepintas mengenai apa yang dimaksud dengan berdakwah itu?



Pengertian Berdakwah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Dakwah adalah mengajak atau menyeru umat manusia agar menempuh kehidupan di jalan yang benar, yaitu di jalan yang diridhai oleh Allah dan berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah Nabi baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Hal yang disampaikan yaitu tentang amar ma’ruf nahi munkar, akidah akhlak, dsb. Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

Perintah tersebut ditunjukkan dalam bentuk kata perintah, dan kecaman bagi yang meninggalkan dakwah. Perlu diketahui bersama bahwa arti berdakwah mempunyai dua pengertian yaitu menurut bahasa dan istilah. Adapun penjelasan dari hal tersebut adalah:

1. Pengertian Dakwah Menurut Bahasa

Menurut bahasa atau etimologi, yang dimaksud dengan Pengertian dakwah berasal dari bahasa Arab yaitu da’a – yad’u – da’watan yang diartikan sebagai ajakan atau seruan kepada Islam.

2. Pengertian Dakwah Menurut Istilah

Secara istilah, pengertian dakwah adalah menyeru, memanggil, mengajak, dan menjamu dengan proses yang berkesinambungan dan ditangani oleh para pengembang dakwah. Hal ini dikarenakan Islam adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mengajak umatnya untuk senantiasa aktif dalam melakukan kegiatan dakwah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah Adalah? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *