Jelaskan Pengertian Budaya Lokal? Ini Jawaban & Fungsinya


Indonesia adalah negara di Asia tenggara dengan garis lintasan khatulistiwa. Posisi Indonesia sangatlah strategis sebab berada di antara benua Asia dan Australia serta di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Selain itu negara ini juga merupakan negara dengan kepulauan terbesar dimana terdapat 17.491 yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Indonesia juga negara yang mempunyai banyak suku bangsa, bahasa, agama dan ras. Apabila melihat dari hal itu, maka tidak heranlah jika Indonesia disebut negara yang kaya, sebab mulai dari sumber daya alam dan sumber daya manusianya melimpah ruah. Apalagi Indonesia adalah negara yang mempunyai kebudayaan yang begitu unik dan banyak yang dimana setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda-beda.

Hal itu jugalah Indonesia sebut negara yang kaya akan budaya yang patut untuk dilestarikan oleh setiap orang. Melalui kekayaan tersebut, itupun yang membuat Indonesia mengambil semboyan nasional yakni “Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda namun tetap satu) yang artinya keberagaman yang membentuk negara.

Melalui semboyan itulah yang menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang terbentuk dari banyak budaya-budaya daerah atau budaya lokal yang kemudian berkembang dan menjadi suku wilayah di nusantara yang diketahui berjumlah 1.340 suku bangsa.



Berbicara soal budaya lokal merupakan yang tumbuh dan berkembang hidup di seluruh Indonesia yang berkembang di masyarakat. Keberagaman itu tidak hanya secara internal melainkan juga karena pengaruh yang membentuk suatu kebudayaan tersebut.



Perkembangan budaya lokal yang terdapat di setiap daerah itu mempunyai peran yang signifikan lantaran bisa meningkatkan semangat nasionalisme. Hal itu karena kesenian budaya lokal itu mengandung nilai-nilai sosial masyarakat. Tapi dengan derasnya arus globalisasi yang ada, budaya lokal semakin mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat bahkan sampai orang dari negara yang sangat jauhnya pun mengetahui budaya lokal yang dimiliki Indonesia.



Hal ini tentu memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia berkat kekayaan budaya lokal yang dimilikinya karena mampu mendatangkan banyak para wisatawan ke Indonesia. Dengan kekayaan budaya lokal tersebut juga hal yang utama untuk sekarang ini dilakukan adalah bagaimana dalam menjaga dan melestarikannya bagi para generasi selanjutnya. Sebab tidak dipungkiri bahwa generasi muda adalah harapan masa depan dan juga tempat nasib suatu bangsa dipertaruhkan.

Olehnya itu, dengan kesadaran para generasi muda dalam melestarikan budaya lokal, maka kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia tak bernilai dengan apapun sebab tak ada dinegara manapun didunia yang mampu menjaga hingga ratusan dan bahkan ribuan tahun selanjutnya.

Namun harapan dan apa yang diimpikan ternyata jauh dari apa yang terjadi, dimana generasi muda saat ini dalam melestarikan budaya lokal atau daerah justru malah mengikuti budaya modern dan bahkan sampai-sampai melukan kebudayaan lokal atau daerahnya. Tidak dipungkiri karena derasnya arus Informasi dan pesatnya teknologi bagai pisau bermata dua, disatu sisi mampu menyebarkan budaya lokal sampe ke setiap negara,

Namun hal itu juga membuat dengan mudah masuknya berbagai macam informasi yang lebih menarik bagi para generasi muda dibandingkan dengan budaya lokalnya yang justru merupakan kekayaan luar biasa. Padahal apabila generasi muda memperhatikan budaya lokal maka budaya lokal itu tidak akan punah di erah serba digital ini dan semakin memperkuat identitas nasional yang dimiliki Indonesia dan mengokohkan diri dari serangan apapun.

Jelaskan Pengertian Budaya Lokal Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian budaya lokal adalah budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang menempati lokalitas atau daerah tertentu yang berbeda dari budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang berada di tempat yang lain. Selain itu terdapat beberapa definisi yang disampaikan oleh para ahli dalam hal ini menurut J.W. Ajawaila dan Judistira.

Untuk pendapat J.W. Ajawaila, mengatakan bahwa yang dimaksud dengan pengertian budaya lokal adalah ciri khas budaya sebuah kelompok masyarakat lokal. Sedangkan untuk pendapat dari Judistira mengatakan bahwa yang dimaksud dengan pengertian kebudayaan lokal adalah melengkapi kebudayaan regional, dan kebudayaan regional adalah bagian-bagian yang hakiki dalam bentukan kebudayaan nasional.

Fungsi Budaya Lokal Adalah?

Adapun 4 fungsi dari budaya lokal menurut Suyanto dalam Ismail adalah:

    1. Titik temu dari anggota masyarakat dari berbagai latar belakang seperti status sosial, suku, agama, ideologi, dan politik.
    2. Dapat menjadi norma-norma sosial yang berpengaruh mengatur perilaku masyarakat.
    3. Pengontrol sosial bagi masyarakat misalnya tradisi bersih desa, tidak hanya berarti gotong royong tetapi juga bersih dosa anggota masyarakat.
    4. Budaya dapat berfungsi sebagai penjamin anggota pendukung budaya, sinoman dan sambatan misalnya memiliki nilai sosialekonomis bagi anggotanya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Budaya Lokal? Ini Jawaban & Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *