Jelaskan Pengertian Bisnis Adalah? Ini Artinya


Jelaskan Pengertian Bisnis Adalah? Ini Artinya – Segala kemajuan saat ini tidak lepas dari aktivitas bisnis. Hal itu karena dalam bisnis, perilaku yang terjadi akan memberikan dampak dari kegiatan perusahaan.

Dalam dunia bisnis, terdapat tantangan dan ancaman yang dihadapi para pelaku usaha. Tentu hal itu bagaimana memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup yang terdapat dalam perusahaannya. Ketika perusahaan bertekad untuk berkembang dan unggul, adalah bersaing untuk menyediakan produk dan jasa berkualitas. Selain kualitas, juga persaingan bisnis melakukan persaingan dalam harga, dengan memberikan harga yang murah.

Apalagi ditengah zaman yang mengharuskan pada kecepatan, maka aktivitas bisnis dalam hal ini barang dan jasa juga harus lebih cepat sejalan dengan kepentingan dan keinginan manusia. Maka dari itu, persaingan dalam dunia bisnis bisa bertahan dari pasar dan menjaga agar tidak direbut oleh pesaingnya. Tentu hal ini membutuhkan strategi pemasaran yang baik. Sebab peluang bisnis memang ada banyak, tapi mempertahankannya tidaklah mudah.

Sejalan dengan pembahasan diatas, maka bisa dikatakan terdapat 4 point utama yang terjadi dalam bisnis yaitu bahan baku, produksi, pemasaran dan distribusi. Namun selain dari pada itu, juga dibutuhkan keuangan, manajerial, dan etika. Dengan pengaturan manajerial dan financial yang baik, teknologi yang unggul, sarana dan prasarana, serta dengan etis dan etos bisnis yang baik membuat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tetap terjaga.



Hal ini tentunya membantu perusahaan dalam menciptakan citra bisnis yang baik dan etis serta membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu mendapatkan keuntungan.Dalam bisnis terdapat subjek dan objek yang harus dipegang teguh dan diketahui oleh setiap pebisnis.



Untuk subjek bisnis adalah pelaku bisnis bisa dari pemerintah, pemilik perusahaan, pemegang saham, manajer, karyawan, produsen, pemasok, distributor, masyarakat, dan konsumen. Sedangkan objek bisnis adalah barang dan jasa yang menjadi objek dari pelaku bisnis.



Pengertian Bisnis Adalah?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan istilah bisnis berasal dari bahasa Inggris yakni Business yang artinya kesibukan. Sehingga arti bisnis adalah adalah sibuk dalam menjalankan ataupun melakukan suatu aktivitas dalam suatu sektor apapun itu.

Sedangkan secara umum, yang dimaksud dengan pengertian bisnis adalah tindakan individu dan sekelompok orang yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menawarkan barang dagangannya dengan cara menjual barang ataupun berupa jasa kepada pembeli (konsumen) atau pada bisnis yang lain dan dalam Wikipedia, Bisnis adalah seseorang ataupun individu maupun sekelompok individu yang sibuk dalam menjalankan pekerjaan yang menghasilkan suatu keuntungan (laba).

Apabila merujuk para ahli dalam hal ini Peterson dan Prof. L.R. Dicksee. Menurut Peterson bahwa definisi bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa secara konsisten.

 

Selain itu menurut Prof.L.R.Dicksee, bahwa apa yang dimaksud dengan bisnis adalah bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Tujuan Dari Bisnis Adalah?

Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:

    1. Mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan bisnis
    2. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
    3. Bisa dipakai dalam menunjukkan prestasi
    4. Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
    5. Bisa dalam meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
    6. Agar barang dan jasa bisa tersedia untuk masyarakat
    7. Agar bisa sejahtera pemilik faktor produksi dan masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan Pengertian Bisnis Adalah? Ini Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *