Jelaskan Pengertian Aksara Lontara? Ini Jawaban & Jumlah Hurufnya


Berbicara soal Sulawesi Selatan tentu hal yang melekat adalah Makassar. Daerah yang terkenal keras ini mempunyai tulisan yang khas yang dikenal dengan Lontara Makassar. Ternyata Lontara Makassar sudah sejak dulu ada yakni pada 450 tahun lama dibaca dan ditulis di Sulawesi Selatan. Walaupun bukan lagi umur yang singkat, akan tetapi tenyata untuk sejarah lontara sendiri masih kurang orang yang mengetahuinya.

Bahkan diantara para pengajar itu sendiri masih ada yang belum mengetahui bahwa lontara yang pada saat ini dikenal adalah lontara yang ketiga. Lontara tua yang pertama dikenal dengan Lontara Tua yakni Jangang-Jangang. Lontara ini diciptakan oleh Syahbandar Kerajaan Gowa Daeng Pamatte melalui perintah dari Sombaya Raja Gowa ke IX pada tahun 1527-1529.

Menurut pendapat dari Dr.Kern, disebutkan dalam buku karangan Dr.H.Van Brink yang bernama Dr Bonyamin Fredriks Matheus zi jn Leven en Arboid In Dienst van het Nederlands Bijbelgenoot Schap itu memerintahkan untuk penulisan ulang catatan harian raja-raja Gowa Lontara Gowa Tallo (Dudste Gesehiedeuis Van Gowa, Tallo En Andere Van Het Eiland Celebes Th.1883). Diketahui bahwa lontara tua itu berasal dari hurung Sansekerta.

Pada awalnya, jumlah huruf aksara lontara yang pertama kali dalam hal ini lontara tua hanya memiliki 18 buah huruf tanpa adanya huruf H yang dipakai pada akhir abad ke-17. Barulah saat masuknya Islam pada abad ke-18, maka terdapat huruf tambahan yakni “H” yang merupakan Lontara Kedua dimana jumlahnya huruf aksara lontara kedua ini adalah 19 Huruf.



Perlu diketahui bersama bahwa perbedaan antara lontara tua dan lontara kedua ini untuk bunyi dan susunan abjadnya masih sama, yang membedakannya adalah bentuk huruf yang sudah banyak berubah serta mendapat penyempurnaan. Sedangkan untuk huruf Lontara ketiga disebut Lontara Baru yang dimana lontara baru inilah yang dipakai sekarang ini. Untuk Lontara yang ketiga ini huruf-hurufnya sudah baik, mudah dan sederhana.



Adapun jumlah huruf aksara lontara yang ketiga atau yang saat ini adalah terdapat 23 Huruf dengan penambahan 4 Huruf untuk keperluan bahasa bugis yakni NCA NGKA MPA NRA. Ada 6 buah huruf Lontara Tua masih tampak dalam barisan abjad dalam huruf lontara sekarang. Adapun huruf Lontara yang sekarang ini tidaklah bersumber dari sesuatu bentuk huruf tapi sumber bentuknya adalah sebuah segi empat belah ketupat. Dalam Lontara Makassar ada dinamai Anrong Hurupu (Induk Huruf) ada juga disebut anak huruf yaitu tanda bunyi (a – I – u – e – o).



Jelaskan Pengertian Aksara Lontara?

Berdasarkan dari penjelasan singkat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban pada topik kali ini adalah jelaskan pengertian aksara lontara adalah:

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Aksara Lontara adalah aksara tradisional pada abad ke-14 silam masyarakat makassar yang mengacu dari salah satu jenis tumbuhan di makassar yang terdiri atas 23 huruf dan menjadi aksara resmi di makassar.

Secara etimologi, Lontara sendiri berasal dari kata Lontar yang merupakan istilah yang berasal dari kata rauntala’, yang berarti daun tala’. Itulah sebabnya aksara Makassar disebut dengan lontara’ yang pada saat itu, menjadi media alat tulis sebelum ditemukannya kertas.

Berapa Jumlah Huruf Aksara Lontara Adalah?

Untuk jumlah huruf aksara lontara makassar terbagi-bagi, seperti untuk jumlah huruf aksara lontara makassar yang pertama kali berjumlah 18 huruf, yang kedua berjumlah 19 huruf dan yang ketiga adalah 23 huruf yang digunakan saat ini.

Mengapa Aksara di Sulawesi Selatan Dinamai Aksara Lontara?

Disebut sebagai aksara lontara karena pada saat itu huruf-huruf ditulis dengan memakai daun lontar sebagai pengganti kertas dan huruf aksara lontara ini menjadi aksara resmi dalam kerajaan.

Apa Perbedaan Aksara Lontara Makassar dengan Lontara Bugis?

Sementara aksara Lontara terdiri dari 23 huruf untuk Lontara Bugis, dan 19 huruf untuk Lontara Makassar. Selain itu, perbedaan Lontara Bugis dengan Lontara Makassar yaitu pada Lontara Bugis dikenal huruf ngka’,mpa’ ,nca’, dan nra’. Sedangkan pada Lontara Makassar huruf tersebut tidak ada.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Pengertian Aksara Lontara? Ini Jawaban. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *