Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri!


Setiap orang pasti tidak asing dengan nama negara ini yakni Singapura. Negara kecil yang kaya raya berdekatan dengan Batam, Indonesia mempunyai luas wilayah yang hampir sama dengan Jakarta. Namun negara Singapura ini telah menjadi negara maju dengan pendapatan yang tinggi. Penyebab Singapura dapat maju adalah posisinya yang strategis karena berada dalam jalur pelayaran terpenting didunia yakni Selat Malaka.

Negara ini juga negara terpadat dengan 85% penghuninya berumah susun. Untuk Letak astronomis Singapura berada pada koordinat geografi 1°11’ LU (Lintang Utara)- 1°28’ LU (Lintang Utara) dan antara 103°38’BT (Bujur Timur) – 104°5’ BT (Bujur Timur). Sedangkan secara geografis, Singapura berbatasan dengan Malaysia Peninsula dan Negara Bagia Johor, dan batasan bagian utara, juga Malaysia Malaysia serta untuk di selatan, singapura berbatasan dengan Kepulauan Riau, Indonesia.

Singapura memiliki 63 pulau kecil, misalnya saja Pulau Tekong, Pulau Ubin dan Sentosa. Bukan hanya Indonesia saja atau malaysia yang punya daerah tertinggi, Singapura juga memiliki titik tertinggi dengan 166 mdpl di Bukit Timah.

Sebagai negara yang kerap kali melakukan reklamasi ini yang diawali pada tahun 1960, membuat wilayah Singapura bertambah dengan 581.5 kilometer persegi, dan hingga sekarang tercatat luas wilayah Singapura 699.3 kilometer persegi serta diprediksi akan bertambah 100 kilometer persegi pada tahun 2030 sebab pulau pulau kecil di Jurong telah di reklamasi dan dihubungkan untuk menjadi pulau baru yang lebih besar.



Penjelasan Singkat Ekonomi Singapura Adalah?

Namun, negara ini punya kekurangan yaitu pasar yang kecil dan sumber daya alam yang kurang. Walaupun demikian, Singapura mampu melewati krisis tahun 1997 dan 2008 dan menjadikan negara ini sebagai negara paling stabil dengan pendapatan suprlus.



Hal itu banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa negara singapura bisa maju? dan bagaimana cara ia melakukannya. Pertanyaan itu tidaklah salah, sebab faktor utama yang membuat negara Singapura bisa maju adalha fokus pada perdangan dan Industri.



Jika demikian lantas, mengapa negara Singapura nebih berfokus pada perdagangan dan industri?. Sebagaimana diketahui bahwa kebanyakan ekonomi singapura didorong dari bidang manufaktur dan mesin elektronik, layanan keuangan, pariwisata, dan pelabuhan kargo tersibuk di dunia.

Berbicara soal sektor manufaktur adalah industri terbesar yang menyumbang sekitar 20%-50% dari PDB tahunan negara singapura. Adapun kelompok industri manufaktur yang utama di negara ini adalah teknik transportasi, bahan kimia, logistik, produk elektronik dan ilmu biomedis.

Selain itu, industri yang juga menopang Singapura adalah industri jasa keuangan yang tumbuh stabil. Alasannya karena singapura adalah negara yang pro bisnis ditambah lagi stabilitas politik singapura yang begitu aman untuk para pebisnis. Hal itu juga didukung dengan 200 bank dan terdapat kantor regional dari perusahaan jasa keuangan global.

Mungkin saja penyebab Singapura dapat maju adalah tidak bergantung dari sumber daya alam negaranya. Sebab jika diketahui bahwa Singapura adalah negara yang tak mempunyai sumber daya alam yang begitu signifikan. Tapi tetap saja tak menyurutkan negara ini menjadi solusi dalam air berkelanjutan dan proyek-proyek seperti New Water dan Sistem Saluran Pembangunan Limbah Dee Tunnel.

Dari berbagai kesuksesan yang dimiliki oleh Singapura, ternyata penyebab negara ini bisa maju walaupun tanpa sumber daya alam yang melimpah adalah sumber daya manusianya yakni rakyatnya yang terdidik dan membuat ekonomi bisa tumbuh karena rakyatnya dapat menjadi tenaga kerja yang handal sehingga dinilai tinggi oleh organisasi internasional terkemuka seperti Forum Ekonomi Dunia dan badan konsultasi risiko yang berbasis di Washington, Business Environment Risk Intelligence (BERI).

Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri!

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun jawaban dari pada topik pertanyaan pada kali ini yakni jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri adalah

Sebab Posisi singapura sangat strategis dalam jalur perdagangan dunia yang membuatnya fokus dalam perdagangan. Selain itu karena minimnya sumber daya alam membuat Singapura fokus dalam pengembangan industri yang diawali dengan mendidik rakyatnya agar menjadi tenaga kerja yang handal dan mampu menciptakan berbagai produk industri yang bernilai tinggi. Atas dasar itu sehingga negara singapura fokus pada perdagangan dan industri.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan dan Industri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *