Jelaskan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi? Ini Jawabannya


Manusia tidak hanya sebagai makhluk sosial yang mana tidak bisa hidup tanpa bantuan orang dan bahkan dalam setiap aktivitasnya harus terus berinteraksi dengan yang lainnya. Tapi manusia juga sebagai makhluk ekonomi.

Apasih maksud dimana manusia sebagai makhluk ekonomi itu?. Secara umum, manusia dikatakan sebagai makhluk ekonomi karena mempunyai akal dan pikiran untuk menciptakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

Lihatlah berbagai barang dan jasa saat ini yang beranekara ragam rupa dan fungsinya. Ada yang barang konsumsi dengan jenis yang sudah sangat banyak dengan brand nasional dan internasional serta begitu pula dengan jasa dimana ada jasa cukur, jasa travel, jasa pijat, jasa antar barang, jasa finansial, jasa desain, jasa social media, jasa kesehatan dan berbagai macam jasa lainnya.

Selain itu dikatakan sebagai makhluk ekonomi karena produksi, konsumsi, dan juga distribusi yang mana untuk memenuhi itu semua kebutuhan manusia perlu uang, dan bekerja. Dengan bekerja dan mendapatkan uang, maka itu dipakai manusia untuk memenuhi kebutuhannya.



Jelaskan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi?

Jadi berdasarkan penjelasan diatas maka yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi adalah manusia yang memikirkan upaya untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan prinsip ekonomi yang bertindak atas kepentingannya. Jika manusia sebagai produsen atau pengusaha, maka mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya.



Jika seorang konsumen ingin membelanjakan uang untuk mendapatkan kepuasan maka sejalan dengan prinsip ekonomi, manusia tersebut akan berusaha memenuhinya. Sifat ini dimiliki oleh setiap orang dan juga sifat untuk mendapatkan laba yang besar.



Ciri- ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Adapun ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi adalah:

  1. Cenderung memilih suatu kegiatan atau aktivitas yang paling dekat dengan pencapaian tujuan yang diinginkan.
  2. Cenderung melakukan tindakan ekonomi atas dasar kepentingan sendiri.
  3. Cenderung melakukan tindakan ekonomi secara efisien (selalu memikirkan perbandingan antara apa yang dikorbankan atau dikeluarkan).

Faktor Yang Mempengaruhi Adanya Perbedaan Kebutuhan Manusia

Dikutip dari situs Kemdikbud bahwa adapun faktor yang mempengaruhinya terbagi atas enam faktor yaitu, jenis kelamin dan usia, tingkat pendidikan seseorang, lingkungan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat pendapatan, status sosial dan perbedaan selera. Adapun penjelasan dari berbagai faktor tersebut adalah:

1. Jenis kelamin dan Usia

Faktor ini akan sangat dominan sebab akan mempengaruhi jumlah dan berbagai jenis kebutuhannya.

2. Tingkat Pendidikan Seseorang

Dengan latar belakang yang tinggi pun juga akan berpengaruh seperti kebutuhan mahasiswa dengan anak sekolah SD, SMP dan juga SMA pasti berbeda. Pastinya kebutuhan mahasiswa lebih banyak dibandingkan anak sekolah.

3. Lingkungan

Perbedaan lingkungan juga pasti mempengaruhi kebutuhan karena orang yang ada diperkotaan dengan semua hal yang diperjual belikan membuat tingkat kebutuhan akan lebih banyak dan lebih tinggi, dibandingkan di pedesaan dengan budaya gotong royong yang masih tinggi sehingga meminta bantuan tidaklah sulit dan juga beberapa kebutuhan konsumsi didesa tersebar luas.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Melalui kemajuan ini maka akan tercipta temuan baru yang mampu menarik keinginan setiap orang untuk memilikinya seperti mobil, handphone, pakaian dll.

5. Tingkat Pendapatan

Semakin besar pendapatan yang diterima maka kebutuhan yang ingin didapatkan juga semakin besar. Sedangkan semakin kecil pendapatan, maka akan menekan dan mengirit kebutuhannya.

6. Status sosial

Semakin tinggi status seseorang, maka akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan yang bisa berpengaruh untuk menjaga harga diri dan kehormatan.

7. Perbedaan Selera

Setiap manusia punya selera yang berbeda, jika selera mereka tinggi maka akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhannya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *