Jelaskan Maksud Tokoh Pembantu/Tambahan? Ini Pengertiannya


Tokoh Pembantu/Tambahan – Tokoh berkaitan sebagai orang yang merupakan pelaku cerita. Tokoh ditampilkan dalam karya naratif atau drama. Dengan penampilan tokoh itu, pembaca memberikan tafsirannya yang terkadang memiliki nilai moral tertentu sebagaimana yang bisa dilihat dalam ucapan ataupun tindakan.

Tokoh yang terdapat dalam cerita, memiliki beberapa jenis penamaan. Jenis tokoh tersebut bergantung dari sudut pandang manakah penamaan itu dilakukan contohnya saja ketika ditinjau dari perbedaan sudut pandang tertentu, bisa dikategorikan seperti tokoh utama protagonis dan berkembagtipikal.

Membahas tentang tokoh atau penokohan, terdapat beberapa istilah yang bisa dipertukarkan satu dengan yang lainnya, seperti ada yang menyebutkan dengan tokoh, ada juga biasa disebut penokohan, watak dan perwatakan ataukah karakter atau karakterisasi.

Penamaan itu pada dasarnya tetaplah sama, membahas mengenai tingkah laku atau aspek psikis dan fisik dari tokoh. Perlu diketahui bahwa dalam jenis fiksi naratif, tokoh yang muncul didalamnya, tidaklah banyak apalagi yang statusnya sebagai tokoh utama, apalagi kalau dalam cerita pendek, tokoh yang muncul sangat terbatas sekali.

Tidak hanya seputar tokoh yang terbatas saja, melainkan pelengkap tokoh agar pembaca menemukan perasaan saat membacanya adalah data-data jati diri tokoh yang juga kurang, apalagi yang berkaitan dengan perwatakan, maka dari itu tidak jarang banyak pembaca yang membangun sendiri mengenai gambaran lengkap mengenai tokoh dalam cerita.

Jenis-jenis tokoh dalam hal ini berdasarkan peran dan pentingnya seorang tokoh yang terdapat dalam suatu cerita fiksi secara keseluruhan karena pada saat membaca novel, terkadang pembaca diperhadapkan pada banyak tokoh yang ada didalamnya.

Selain itu, dalam setiap tokoh dicerita tersebut biasanya secara keseluruhan terdapat peran masing-masing tokoh yang tidak pula sama. Itulah mengapa ada jenis-jenis tokoh dalam peranan atau tingkat pentingnya tokoh dalam cerita itu.

Diketahui berdasarkan dari hal itu, maka tokoh terbagi atas 2 yaitu ada tokoh yang tergolong penting dan ditampilkan terus-menerus sehingga terasa mendominasi sebagian besar cerita disebut tokoh utama cerita (central character), sedangkan yang kedua adalah tokoh tambahan atau tokoh peripheral (peripheral character).

Setelah sebelumnya penulis telah mengangangkat informasi mengenai pengertian penokohan, dan tokoh utama serta penjelasannya. Maka dari itu, kali ini penulis akan membahas mengenai tokoh tambahan atau kadang juga disebut dengan tokoh pembantu. Bagaimanasih penjelasan tokoh pembantu atau tokoh tambahan itu?

Jelaskan Maksud Tokoh Pembantu/Tambahan? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Maksud Tokoh Pembantu/Tambahan? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Tokoh Pembantu/Tambahan Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Tokoh tambahan atau tokoh pembantu adalah tokoh yang hanya dimunculkan sekali atau beberapa kali dalam cerita dan itu pun dalam porsi penceritaan yang relatif singkat. Bisa dikatakan bahwa tokoh tambahan ini yang diceritakan penulis sangat jarang yang tidak sebanyak tokoh utama.

Kemunculan tokoh tambahan dalam keseluruhan cerita cenderung sedikit, tak dipentingkan, dan kehadirannya hanya jika ada keterkaitannya dengan tokoh utama. Bukan hanya tokoh utama yang mampu mempengaruhi perkembangan plot walaupun tidak banyak.

Walaupun demikian, perlu diketahui bersama bahwa tokoht tambahan atau pembantu pada dasarnya walaupun tidak terlalu banyak dalam cerita dan terkadang tidak dipentingkan, namun kehadiran tokoh tambahan atau pembantu juga berperan penting dalam cerita.

Sebab kehadirannya untuk mempertajam dan menonjolkan peranan dan perwatakan tokoh utama. Selain itu, fungsi dan peran dari tokoh tambahan atau pembantu adalah untuk memperjelas tema pokok begitupula dengan tema mayor yang disampaikan.

Dalam segi jumlah, tokoh pembantu atau tokoh tambahan bisa saja seorang, dan bisa juga lebih dari pada itu. Jumlah tokoh tambahan dan pembantu ini dimunculkan bergantung serta keterlibatan selain itu sumbangan mereka dalam menampilkan tokoh utama yang terdapat dalam cerita.

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan Maksud Tokoh Pembantu/Tambahan? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *