Jelaskan Latar Belakang Pembentukan Gerakan 3A? Ini Sejarahnya


Latar Belakang Pembentukan Gerakan 3A – Jepang dalam memperluas kekuasaannya, telah melakukan hubungan dengan Hindia Belanda jauh pada era tahun 1942 seperti pada tahun 1917, Jepang telah mengimpor minyak dari Tarakan di Borneo (Kalimantan) dengan membina perjanjian dengan Inggris Anglo Petroleum.

Para propagandis Jepang sudah banyak melakukan propaganda jauh sebelum ke Hindia Belanda untuk membentuk Persemakmuran Asia Timur Raya dan bentuk penguasaan itu secara resmi sejak 8 Maret 1942. Kedatangannya membawa antusias karena tidak terlepas dari propaganda yang ia sebar baik itu melalui media film, wayang, sandiwara, drama dan kegiatan lainnya.

Propaganda adalah bentuk komunikasi yang dipakai untuk menyebar luaskan keyakinan atau dokrin. Jepang melakukan hal itu pada masa pendudukan di Hindia Belanda dengan cara apapun. Salah satu bentuk propagandanya adalah Jepang menyebarkan luaskan Gerakan 3A. Apasih yang dimaksud dengan Gerakan 3A dan apa latar belakang terbentuknya Gerakan 3A ini?

Maksud Gerakan 3A Adalah?

Yang dimaksud dengan Gerakan 3A adalah gerakan yang kepanjangannya adalah Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia yang dibentuk bertepatan saat ulang tahun Tenno Heika Hirohito.



Latar Belakang Gerakan 3A Adalah?

Gerakan Tiga A didirikan pada tanggal 29 April 1942 yang dipelopori oleh Kepala Departemen Propaganda (Sendenbu) Jepang, Hitoshi Shimizu. Hitoshi Shimizu selanjutnya menunjuk tokoh pergerakan nasional yakni Mr Syamsudin (Raden Sjamsoeddin) sebagai Ketua. Gerakan ini adalah organisasi sosial bentukan Jepang bergerak dalam bidang pendidikan untuk para pemuda berusia 14-18 tahun.



Dengan sistem pendidikan ala Jepang serta belajar kilat dimana pada bagi hari mereka berolahraga, di dapur, mengurus kebun dan menyapu dan pada siang hari berlatih silat Jepang serta belajar bahasa Jepang. Namun karena gerakan ini lebih menonjolkan Jepang, gerakan ini kurang diminati.



Sehingga propaganda Jepang untuk memenangkan “Perang Asia Timur Raya” melawan barat dengan mengerahkan segala kemampuan dan persediaan dari wilayah yang dijajahnya melalui membentuk Gerakan 3A harus kandas.

Hal itu juga bisa dilihat sebagaimana apa yang dikatakan oleh Moh Hatta dalam Memoir (1979) bahwa Gerakan Tiga A (3A) umumnya dibenci orang. Karena gerakan ini lebih banyak “menggolong” dari pada menolong. Karena hal itu sehingga Gerakan 3A yang dibentuk dan beridir pada 29 April 1942 hanya bertahan beberapa bulan saja dimana Gerakan 3A ini harus berakhir pada 20 November 1942.

Tokoh Nasionalis Yang Bergabung Dengan Gerakan 3A

Demi mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia, berbagi taktik diupayakan Jepang untuk menarik simpati para rakyat Indonesia salah satunya dengan menarik para tokoh nasionalis untuk bergabung dalam Gerakan 3A yaitu, Moh. Hatta, Mr. Syamsuddin, Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantoro dan H. Mas Mansyur.

Tujuan Didirikannya Gerakan 3A Adalah?

Telah diketahui bahwa fungsi utama dari didirikannya Gerakan 3A adalah alat propaganda Jepang dengan berbagai embel-embel tujuan yaitu:

    1. Menarik simpati rakyat Indonesia.
    2. Memberi jaminan keamanan bagi rakyat Indonesia.
    3. Meyakinkan bangsa Indonesia bahwa Jepang negara terkuat di Asia.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Latar Belakang Pembentukan Gerakan 3A? Ini Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *