Jelaskan Konsep Permintaan Uang Menurut Keynes? Ini Jawabannya


Keterlibatan sektor moneter dalam pembangunan ekonomi Indonesia tidak bisa dilepaskan begitu saja. Demikian itu karena terdapat peran penting dari sektor moneter untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi melalui apa yang dikenal dengan kebijakan moneter.

Salah satu aspek yang berperan dalam sektor moneter adalah uang. Hal itu karena uang dapat mempengaruhi faktor moneter dan juga sektor ril yang merangkum wilayah pasar barang dan juga jasa.

Melalui pengendalian besaran monter yang bergerak secara tidak terkendali itu, bisa mencapai stabilitas ekonomi lewat kebijakan moneter. Tapi jika tidak mampu dikendalikan maka dapat mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi.

Peran dari kebijakan moneter masih ada lagi, yaitu dapat membantu mengatisipasi ketidakstabilan yang terjadi karena besaran non moneter. Dengan melihat keseimbangan antara permintaan uang dan penawaran uang yang setiap dari hal tersebut dipengaruhi oleh variabel berbeda dan variabel bebas sama.

Untuk otoritas dalam kebijakan moneter dipegang oleh Bank Indonesia sebagai lembaga yang berkewajiban untuk mengendalian dan mengawasi jumlah uang yang beredar. Selain itu, Bank Indonesia juga bertugas mengidentikasi faktor yang bisa saja mempengaruhi keseimbangan permintaan uang dan penawaran uang di masyarakat.

Sehingga dalam pembuatan kebijakan, dapat menentukan langkah yang tepat agar masyarakat tidak mengalami kekurangan permintaan uang dan penawaran uang. Dengan berkurangnya jumlah uang yang diminta maka dapat menghambat perekonomian negara, sebaliknya kelebihan uang yang diminta akan dapat mengganggu aktivitas perekonomian nasional.

Arti Uang Menurut Keynes

Akan tetapi jika merujuk dari teori paham klasik justruk berbeda dengan teori yang dijelaskan oleh Keynes soal uang. Menurut Keynes bahwa uang adalah salah satu dari sekian banyak bentuk kekayaan yang dipunyai seseorang seperti bentuk tabungan, saham atau surat berharga lainnya.

Uang menurut Keynes merupakan salah satu bentuk kekayaan yang dimiliki seseorang misalnya kekayaan dalam bentuk tabungan, saham atau surat berharga lainnya yang ditentukan oleh tingginya tingkat bunga.

Olehnya itu, konsep susunan komponen kekayaan model Keynes terbagi dua yaitu uang kas dan surat berharga (obligasi). Keuntungan yang bisa ditemukan jika jadikan uang kas adalah tranksasi yang mudah karena menjadi pembayaran paling likuid tanpa adanya kerugian nilai. Walaupun bentuk kekayaan ini tidak menghasilkan bunga sebagai pendapatan tambahan.

Jelaskan Konsep Permintaan Uang Menurut Keynes? Ini Jawabannya

Berbicara soal seperti apa konsep permintaan uang menurut keynes, keynes menjelaskan konsepnya dalam 3 motif permintaan uang yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi. Adapun penjelasan dari ketiga konsep permintan uang menurut keynes adalah:

1. Motif Transaksi

Keynes menyatakan bahwa permintaan uang kas untuk tujuan transaksi tergantung pada pendapatan. Dimana makin tinggi tingkat pendapatan, maka menurut Keynes akan makin besar keinginan akan uang kas untuk transaksi.

Seseorang atau masyarakat yang tingkat pendapatannya tinggi, biasanya melakukan transaksi yang lebih banyak dibandingkan seseorang atau masyarakat yang pendapatannya rendah.

2. Motif Berjaga-Jaga

Keynes menjelaskan bahwa permintaan uang untuk motif berjaga-jaga dipengaruhi oleh pendapatan, karena Keynes menjelaskan bahwa jika tingkat pendapatan tinggi, maka seseorang akan menghadapi kemungkinan timbulnya kesempatan-kesempatan yang lebih baik, tetapi dengan resiko yang lebih besar.

3. Motif Spekulasi

Permintaan uang untuk tujuan spekulasi, menurut Keynes ditentukan oleh tingkat bunga. Makin tinggi tingkat bunga makin rendah keinginan masyarakat akan uang kas untuk tujuan atau motif spekulasi. Sebaliknya, menurut Keynes bahwa makin rendah tingkat suku bunga, maka makin besar keinginan masyarakat untuk menyimpan uang kas.

Berbeda dengan kaum klasik yang beranggapan bahwa perubahan jumlah uang beredar tidak akan berpengaruh terhadap output nasional. Keynes justru beranggapan bahwa perubahan jumlah uang yang beredar akan memengaruhi keseimbangan pasar uang dan menentukan tingkat bunga.

Tingkat bunga tersebut akan memengaruhi tingkat investasi dan melalui mekanisme angka penggada akan memengaruhi tingkat output nasional atau pendapatan nasional.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Konsep Permintaan Uang Menurut Keynes? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *