Jelaskan Kategori Alat Musik Berdasarkan Fungsinya? Ini Jenis-Jenisnya


Kategori Alat Musik Berdasarkan Fungsinya – Seni selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Dimanapun manusia berada, seni selalu hadir, begitupun dalam waktu kapanpun itu.

Dari perkembangan itu sejalan dengan suara dari para pendukung dan peminat akan seni. Salah satu perkembangan karya seni yang mempunyai banyak peminat dan populer di mata masyarakat adalah seni musik.

Apasih itu Musik? Secara umum, musik dapat didefinisikan sebagai cetusan ekspresi atau pikiran yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi.

Diketahui musik berasal dari istilah yang berasal dari bahasa Yunani dari kata “Mousike”. Diketahui kata ini diambil dari nama dewa dalam mitologi Yunani Kuno yakni Mousa. Diketahui dewa ini adalah pemimpin seni dan ilmu.



Dalam seni musik terdapat instrumen atau alat musik yang dipakai dalam membuat musik. Instrument musik adalah alat musik atau bunyi-bunyian.



Sedangkan apabila merujuk pendapat dari Soewito, yang mengatakan bahwa instrumen musik adalah sarana untuk penampilan suatu kesenian.



Sehingga bisa dikatakan bahwa instrumen musik adalah alat yang dipakai untuk menghasilkan bunyi atau suara yang digunakan untuk menampilkan suatu produk kesenian.

Pada prinsipnya, alat musik adalah segala sesuatu yang bisa menghasilkan suara, dengan cara tertentu yang dapat diatur oleh seseorang atau musisi. Itulah alat musik sesungguhnya,

Sehingga walaupun sesuatu itu berbunyi namun bunyi tersebut tidak bisa diatur untuk kapan muncul dan tidak bisa dikendalikan oleh manusia, maka itu bukanlah alat musik, namun hanya sekedar benda yang bisa berbunyi.

Dalam kajian alat musik terdapat bidang ilmu tersendiri yaitu organologi. Dalam instrument musik atau alat musik terdapat jenis-jenis yang didalamnya dikelompokkan oleh berbagai pendekatan. Misalnya saja yang lazim diketahui adalah alat musik tradisional dan modern.

Jelaskan Kategori Alat Musik Berdasarkan Fungsinya? Ini Jenis-Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Kategori Alat Musik Berdasarkan Fungsinya? Ini Jenis-Jenisnya (Foto: Artikelsiana.com)

Namun, hal itu hanyalah ilmu yang sedikit tentang penggolongan atau pengelompokan alat musik. Sebab ada banyak macam-macam alat musik yang hanya beberapa orang yang mengetahuinya, seperti alat musik berdasarkan fungsinya, cara memainkan dan sumber bunyinya.

Diketahui bahwa alat musik yang khas yang membedakan dengan yang lainnya, salah satunya terletak pada fungsinya.

Dengan fungsi dari alat musik tersebut membuat alat musik itu mempunyai keberadaan tersendiri dalam menghasilkan karya musik. Berdasarkan dari hal itu, maka terdapat jenis-jenis alat berdasarkan fungsinya.

Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Apabila ditinjau dari fungsinya, alat musik dibedakan menjadi 3 jenis yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis.

Alat Musik berdasarkan fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Alat Musik berdasarkan fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Dari ketiga fungsi alat musik itu, membuat musik menjadi menarik dan unik. Adapun penjelasan dari ketiga macam alat musik berdasarkan fungsinya adalah:

1. Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang mengatur melodi pada lagu yang tidak bisa memainkan kord secara sendirian, sehingga alat musik ini mengasilkan nada/notasi seperti Do, Re, Mi, …dst.

Selain itu, alat musik melodis menjadi pelengkap dari alat musik ritmis dan harmonis. Itulah mengapa alat musik melodis berfungsi untuk mengatur nada pada sebuah lagu atau musik.

Adapun contoh-contoh alat musik yang memiliki fungsi melodis adalah biola, rujungder, harmonika, flute, saxofon, trombon, dan sebagainya.

2. Alat Musik Harmonis

Yang dimaksud dengan alat musik harmonis adalah alat musik yang memiliki kemampuan dalam membuat suatu musik menjadi serasi, dengan tiga nada secara bersamaan. Adapun contoh alat musik harmonis adalah gitar, keyboard, harpha, piano, organ, siter, kentrung, dan sebagainya.

3. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi sebagai pengiring pengatur tempo pada lagu. Alat musik ini membantu dalam memberikan ketukan pada lagu.

Diketahui Alat musik ritmis biasanya bernada tetap atau tidak bernada. Adapun contoh-contoh alat musik ritmis adalah drum, triangele, tifa, ketipung, tamborin, cymbal, kedang, dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Kategori Alat Musik Berdasarkan Fungsinya? Ini Jenis-Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *