Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman? Arti, Cerita & Nasihatnya


 Isi Kandungan Surat Luqman – Surat Luqman adalah surat yang terdapat dalam Al-Qur’an dengan jumlah ayat adalah 34 ayat. Surat Luqman juga termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Mengapa demikian, lantaran surat Luqman diturunkan sesudah surat Ash Shaffaat. Penamaan surat ini bisa ditinjau dari kandungan surat Luqman itu sendiri yang terdapat pada ayat 12. Isi kandungan pada ayat itu bahwa Luqman telah diberi oleh Allah nikmat dan ilmu pengetahuan, oleh sebab itu dia bersyukur kepadaNya atas nikmat yang diberikan itu. Dan pada ayat 13 sampai 19 terdapat nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya.

Ini adalah sebagai isyarat daripada Allah supaya setiap ibu bapak melaksanakan pula terhadap anak-anak mereka sebagai yang telah dilakukan oleh Luqman. Luqman adalah hamba Allah yang saleh. Ia tidak menjadi nabi, akan tetapi menjadi seorang ayah pilihan Allah SWT. Menurut pendapat Ibnu Katsir berpendapat bahwa nama panjang Luqman ialah Luqman bin Unaqa’ bin Sadun. Luqman berkebangsaan Habsyi dari Kota Sudan yang pekerjaannya sebagai tukang kayu, tubuhnya pendek, dan mempunyai kekuatan mendapatkan hikmah dari Allah SWT, sehingga nasihat sampai kepadanya dan ia sampaikan kepada anaknya hingga diabadikan dalam Al-Qur’an.

Orang tua Luqman adalah Bau’ra bin Nahur bin Tareh dan Tareh bin Nahur. Luqman hidup selama 1000 tahun lamanya dan sebelum Nabi Dawud As menjadi, Luqman pernah mengajarinya. Luqman diangkat menjadi hakim dan menikah dan dikaruniai anak, namun semua anaknya meninggal saat masih kecil.

Jelaskan Isi Kandungan Surah Luqman Adalah

Adapun kandungan surat Luqman ini paling tidak dapat dirangkum dalam 5 point. Adapun point isi kandungan surat Luqman itu adalah:

  1. Manusia harus mensyukuri atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Seperti tubuh yang sempurna dapat melihat, mendengar, berbicara, berjalan, meraba, dan merasa serta mempunyai iman.
  2. Barang siapa yang ingkar kepada Allah SWT. maka orang itu telah berbuat kezaliman.
  3. Allah SWT adalah pencipta alam semesta dan sumber manusia. Allah menciptakan bumi dan isinya.
  4. Allah SWT tidak menyukai orang yang sombong dan angkuh. Misalnya hanya dengan memuji diri sendiri.
  5. Sholat adalah tiang agama Islam. Apabila kita tidak mengerjakan sholat wajib dan juga sunnah, maka kita bisa dengan mudah merobohkan agama Islam.
Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman? Arti, Cerita & Nasihatnya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman? Arti, Cerita & Nasihatnya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Saja Nasihat Luqman Kepada Putranya?

Kandungan ini diperoleh atau didapatkan dari nasihat luqman kepada putranya. Adapun nasihat tersebut adalah:



1. Jangan musyrik atau menyekutukan Allah

Mempersekutukan artinya menyerupakan sesuatu dengan Allah SWT. Misalnya dengan menyembah matahari. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Qs. Luqman 31 ayat 13 yang berarti “Sesungguhnya menyekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar”.



2. Jangan Angkuh dan Sombong

Hal ini sebagaimana QS. Luqman (31) ayat 18 yang artinya “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri”.



Contoh yang paling sederhana adalah dengan mengucapkan salam kepada teman guru apabila bertemu.

3. Hendaklah Berbuat Kebajikan

Nasihat ini bisa dilihat dalam Qs. Luqman 31 ayat 17 yang artinya “Wahai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik”. 

Mengapa Luqman Diberi Gelar Al-Hakim?

Alasannya karena Luqman orang yang bijaksana. Luqman sangatlah adil dan bisa menghakimi permasalahan yang ada. Dirinya memberi nasihat kepada anaknya untuk tidak sombong, membanggakan diri, angkuh dll dan diabadikan dalam Qs. Luqman. Setelah itu, dirinya diangkat menjadi qadhi (hakim).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Isi Kandungan Surat Luqman? Arti, Cerita & Nasihatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *