Jelaskan Hubungan Antara Ekonomi Kreatif dan Era Revolusi Industri 4.0?


Perkembangan zaman yang begitu pesat membuat segala bentuk aktivitas masyarakat, negara dan perilaku individu juga berubah. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesar dan tak dapat dibendung hingga lahirnya apa yang dikenal dengan revolusi Industri 4.0.

Dalam perkembangan Revolusi Industri 4.0 ini memberikan dampak perubahan begitu besar khususnya dalam sektor bisnis. Mulai dari produksi, distribusi hingga konsumsi juga berubah, bahkan paradigma mengenai owning menjadi sharing. Selain itu peubahan yang terjadi juga ada pada bidang marketing dan pindahnya bisnis retail ke e-commerce yang menawarkan berbagai kemudahan berbelanja berkat perubahan Revolusi Industri 4.0.

Tentu perubahan ini sangat menguntungkan bagi pelaku ekonomi. Melalui digitalisasi ekonomi membuat pengembangan ekonomi menjadi lebih kreatif dan lebih selektif dibandingkan dulu yang lebih kepada produksi massal dll. Melalui hal itu, maka muncul konsep dan hal baru dalam ekonomi yang dikenal dengan ekonomi kreatif. Seperti apasih itu ekonomi kreatif dan apa hubungan ekonomi kreatif dengan revolusi industri 4.0

Ekonomi Kreatif Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Ekonomi Kreatif adalah konsep modal berbasis kreatifitas yang dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Melalui konsep ini, bagi negara-negara yang menyadari bahwa mengandalkan industri saja tidaklah cukup sebagai sumber ekonomi, melainkan dengan mengandalkan sumber daya manusia yang kreatif adalah juga sangatlah penting. Melalui kreativitas tersebut maka inovasi akan semakin banyak tercipta sehingga mampu menghadapi daya saing atau kompetisi pasar yang semakin besar.



Ekonomi kreatif adalah suatu konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas. Pemanfaatan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tidak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif tidak lagi ditentukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era industri.



Tetapi lebih kepada pemanfaatan kreativitas dan penciptaan inovasi melalui perkembangan teknologi yang semakin maju. Industri tidak dapat lagi bersaing di pasar global dengan hanya mengandalkan harga atau kualitas produk saja, tetapi harus bersaing berbasiskan inovasi, kreativitas dan imajinas



Di Indonesia sendiri, ekonomi kreatif mendapat perhatian besar karena bisa dilihat dengan keberadaan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang mengelola industri kreatif di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, kontribusi yang didapatkan dari hadirnya Ekonomi kreatif ini sebesar Rp990,4 triliun atau 7,44% terhadap produk domestik bruto (PDB). Akan tetapi, hal itu masih dinilai kecil sebab terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi semua pihak.

Menurut data dari kerja sama BPS dan Bekraf pada tahun 2017 didapatkan sejumlah kendala seperti 92,37% kegiatan industri kreatif dijalankan dengan modal sendiri (self funded), 88,95% tidak memiliki hak intelektual properti. Selain itu, pemasaran produk industri kreatif masih terkonsentrasi pada pasar lokal yang besarannya mencakup 97,36%.

Menurut data yang ditemukan sebagaimana yang dimuat UNESCO (2018), yang memperkirakan bahwa nilai ekspor global produk barang dan jasa industri kreatif mencapai US$250 miliar per tahun atau 10% dari PDB, dan penciptaan kesempatan kerja mencapai 30 juta orang.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini ekonomi kreatif merupakan isu global dan sangatlah strategis, sebab melalui ide kreatif, maka dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi. Era digital berhubungan dengan IOT (Internet of Things) yang mana semua perangkat terhubung. Namun hal ini tidak akan berpengaruh tanpa ditopang oleh Kreativitas dan Inovasi. Dengan hadirnya kreativitas dan inovasi maka akan memberikan nilai tambah dan menciptakan ramah lingkungan serta menguatkan citra.

Jelaskan Hubungan Ekonomi Kreatif dan Revolusi Industri 4.0 Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan berupa jelaskan hubungan ekonomi kreatif dan revolusi industri 4.0 adalah:

Di era Revolusi Industri 4.0 ini ekonomi kreatif merupakan isu global dan sangatlah strategis. Hal itu karena Ekonomi Kreatif dengan Revolusi Industri 4.0 sangat berhubungan erat. Melalui ide kreatif, maka dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi. Era digital berhubungan dengan IOT (Internet of Things) yang mana semua perangkat terhubung. Namun hal ini tidak akan berpengaruh tanpa ditopang oleh Kreativitas dan Inovasi. Dengan hadirnya kreativitas dan inovasi maka akan memberikan nilai tambah, menciptakan ramah lingkungan serta menguatkan popularitas dari suatu industri.

Jelaskan Hubungan Antara Ekonomi Kreatif dan Era Revolusi Industri 4.0? (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Hubungan Antara Ekonomi Kreatif dan Era Revolusi Industri 4.0? (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Hubungan Antara Ekonomi Kreatif dan Era Revolusi Industri 4.0. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *