Jelaskan Hikmah Puasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari? Ini Jawabannya


Kebanyakan umat muslim berbicara soal puasa adalah sesuatu yang nikmat. Sebab dalam ibadah puasa terdapat hikmah yang begitu bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Arti puasa sendiri adalah kegiatan menahan diri dari makan maupun minum serta dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri. Puasa dilakukan mulai terbitnya matahari hingga waktu berbuka puasa, yaitu saat matahari terbenam.

Menjalankan puasa begitu bermanfaat bagi tubuh karena dapat mendatangkan banyak hal positif bagi jiwa dan juga raga setiap orang. Apalagi ada banyak hal yang dapat dipetik selama menjalani puasa dimana tidak terhitung hikmah yang bisa didapatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Apalagi mereka yang telah memenuhi kriteria dalam hal ini sudah baligh, sudah barang tentu untuk menjalankan puasa. Sehingga jika tidak menjalankan puasa, maka hukumnya ia akan berdosa jika puasa ramadhan.

Sebab terdapat jenis-jenis puasa, ada yang puasa wajib seperti puasa ramadhan dan puasa sunnah seperti puasa senin-kamis, puasa 6 hari bulan syawal, puasa nabi daud, puasa arafah, puasa muharram, dan puasa sya’ban.

Selain daripada bulan Ramadhan yang merupakan puasa wajib, puasa sunnah dapat menjadi lumbung pahala yang dimanfaatkan banyak umat muslim agar hikmahnya bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan yang mampu melatih seseorang untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Selain itu, masih banyak lagi hikmah puasa yang akan didapat apabila dijalankan dengan serius dan sepenuh hati

Jelaskan Hikmah Puasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari Adalah? 

Adapun hikmah yang didapatkan ketika menjalankan ibadah puasa dalam kehidupan sehari-hari adalah:

1. Meningkatkan Ketaqwaan Pada Allah SWT

Dengan berpuasa dapat membuat menjadi tagwa seperti dalam ayat Al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa“. (QS. Al Baqarah: 183)

Menjalankan puasa, berarti umat Islam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya yang merupakan arti takwa. Sekalipun mereka bebas melakukan apapun, tapi mereka tahu bahwa Allah SWT mengetahuinya. Hal itulah yang menjadi hikmah puasa ketika dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Latihan Untuk Mengontrol Hawa Nafsu

Hikmah puasa ialah membantu mengontrol diri dari hawa nafsu. Sehingga setiap orang fokus untuk menguasai dan mengontrol diri agar jauh dari perbuatan tercela yang mengganggu puasanya. Dalam hadist qudsi, Allah SWTberfirman;

يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى

Artinya: “Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.

3. Berusaha Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Hikmah puasa selanjutnya yakni adanya kesadaran untuk menjadi lebih baik lagi karena berusaha dan cenderung untuk berbuat baik dan menjauhi larangan Allah SWT. Sebab jika tergoda, maka akan sia-sia ibadah yang telah dilakukan.

Rasullullah SAW bersabda,

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

Artinya: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja.

Olehnya itu, saat berpuasa sibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat agar terhindar dari perbuatan negatif seperti ghibah, berbohong dll.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:



مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ



Artinya: “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.



لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَفَلْتَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

Artinya: “Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, Aku sedang puasa, aku sedang puasa.

4. Ikut Merasakan Penderitaan Orang yang Tidak Mampu

Hikmah puasa selanjutnya adalah meningkatkan kepekaan terhadap perasaan orang-orang sekitar yang kurang mampu atau miskin yang terbiasa lapar dan kehausan yang membuat kita semakin berempati dan bersimpati.

5. Baik Bagi Kesehatan Jasmani

Hikmah puasa yang kelima adalah membantu meningkatkan jasmani dan rohani sehingga mendatangkan manfaat berupa pahala dan kebaikan rohani. Sebab membantu dalam mengistirahatkan sistem pencernaan dalam tubuh selama sementara waktu.

Selain itu, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengeluarkan semua kotoran dan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalamnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Hikmah Puasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *