Jelaskan Cara Menyundul Bola Dalam Posisi Berdiri Pada Permainan Sepak Bola


Sepak bola adalah permainan yang sangat diminati oleh setiap orang. Permainan ini memberikan magnet tersendiri bagi para fans dan supporternya. Dasar utama dari permainan ini adalah menendang bola ke gawang lawan sebagai upaya dalam mencetak gol.

Setiap pemain dalam permainan sepak bola berupaya dalam memasukkan bola ke gawang lawan. Tentu tidaklah mudah untuk mencetak gol dan juga untuk menjaganya sebab permainan ini dilakukan dua babak yang masing-masing terdiri dari 45 menit dengan waktu istirahat masing-masing 10 menit.

Dalam permainan ini terdapat faktor penting yang menjadi kunci dalam permainan agar pemain dapat mencetak gol sebanyak-banyaknya, yakni kondisi fisik. Selain dari kondisi fisik, kunci utama dalam sepak bola adalah penguasaan teknik. Demikian ini sebagaimana yang disampaikan oleh Sukatamsi (2001:17) yang menyatakan bahwa seorang pemain sepakbola yang tidak menguasai teknik dasar bermain sepakbola tidak akan menjadi pemain yang baik dan terkemuka.

Jadi faktor utama adalah kemampuan teknik yang dikembangkan dengan tujuan dan fungsi untuk mendapatkan prestasi dalam permainan sepak bola. Sebab menurut pernyataan Soekatamsi (1988:11) bahwa “Kelengkapan pokok yang fundamental sebagai dasar bermain adalah teknik dasar dan kemampuan bermain yang lebih dahulu dibina disamping pembinaan kelengkapan pokok yang lain”.



Maka dari itu, setiap elemen dalam sepak bola seperti pelatih, pembina dan pemain harus memegang unsur penting tersebut. Dalam permainan sepak bola ada banyak teknik dasar yang bisa dipelajari dan dikuasai seperti menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tacling), lemparan ke dalam (throw-in), dan menjaga gawang (goal keping).



Menyundul Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola untuk mendapat hasil yang maksimal setiap pemain sepak bola harus bisa memanfaatkan setiap peluang untuk bisa menciptakan gol ke gawang lawan dan salah satu cara agar dapat menciptakan gol ke gawang lawan yaitu dengan cara menyundul bola ke gawang lawan.



Menyundul bola merupakan salah satu tekhnik dasar sepak bola yang menuntut skill yang tinggi agar dapat memenangkan bola-bola atas, baik untuk mengoperkan bola kepada teman atau menciptakan gol ke gawang lawan.

Untuk dapat menguasai tehnik menyundul bola dengan baik dan benar setiap pemain harus mengetahui prinsip dasar menyundul bola dengan baik dan benar. Prinsip dasar menyundul bola dengan baik dan benar yaitu menggunakan dahi bukan menggunakan kepala bagian atas, agar pemain sepak bola dapat menyundul bola sejauh mungkin.

Dalam menyundul bola terdapat gaya yang bisa dilakukan, yang dari setiap gaya atau posisi tersebut terdapat tata cara atau gerak yang bisa dilakukan seperti gerak menyundul dalam posisi berdiri pada permainan sepak bola yang merupakan topik utama pada pembahasan ini.

Jelaskan Cara Menyundul Bola Dalam Posisi Berdiri Pada Permainan Sepak Bola

Adapun penjelasan soal cara melakukan gerak menyundul bola dalam posisi berdiri pada permainan sepak bola ialah:

    1. Sikap badan berhenti di tempat.
    2. Hadapkan badan dan pandangan sesuai datangnya bola.
    3. Loncat sesuai dengan posisi kepala
    4. Tekuk kedua kaki sambil mencondongkan tubuh ke arah belakang sedikit.
    5. Dorong pinggul dan luruskan kedua kaki dengan memakai otot perut saat bola datang
    6. Setelah itu arahkan bola kemana akan ditargetkan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Cara Menyundul Bola Dalam Posisi Berdiri Pada Permainan Sepak Bola. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *