Jelaskan Cara Mencegah Ketergantungan Pada Handphone Adalah?


Tak bisa dinafikan bahwa saat ini smartphone dan juga gadget atau handphone pada umumnya telah menjadi sebuah kebutuhan primer yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari aktivitas manusia saat ini.

Amati saja diri kita pribadi jika setiap harinya, mau itu sedang bekerja, liburan dan juga bahkan santai beristirahat, kita pasti akan sewaktu-waktu memegang handphone walaupun hanya sekedar melihat-lihat di sosial media tanpa sedikitpun ada informasi atau sesuatu yang penting.

Apalagi saat menunggu antrean atau menunggu seseorang tiba, memegang dan memainkan smartphone atau handphone adalah hal yang sulit untuk dilepaskan setiap orang. Handphone atau smartphone ini yang menjadi pengisi waktu saat itu dan dianggap sebagai hal yang bermanfaat.

Hal itu karena dianggap bahwa dengan memegang handphone atau smartphone telah melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan, padahal jika tidak ada sesuatu yang penting maka itu sama saja menggunakan handphone atau smartphone adalah sesuatu yang sia-sia dan justru dapat membahayakan diri seseorang.

Tidak sedikit informasi yang beredar di dunia maya bahwa banyaknya orang-orang yang celaka karena bermain handphone atau smartphone karena dilakukan ditempat yang tidak wajar dan dalam situasi yang salah seperti saat berkendara yang membuat banyaknya kecelakaan,

Selain itu juga digunakan saat ditempat-tempat yang kurangnya aktivitas masyarakat dan dalam keadaan tidak hati-hati sehingga terjadi kejadian pencurian atau pembegalan. Walaupun informasi seperti ini sudah banyak beredar baik di stasiun televisi atau di social media, tetapi tetap tidak membuat seseorang untuk lebih hati-hati dalam menggunakan handphone atau smartphone.

Demikian ini terjadi karena dalam pengguna handphone atau smartphone sudah mengalami kecanduan sehingga bisa menjadi lupa waktu, tempat dan juga bagaimana memperhatikan keadaan sekitarnya.

Pernyataan ini dibuktikan dengan pendapat dari Toda (2006) bahwa kecanduan smartphone atau handphone sebagai penggunaan berlebihan smartphone di depan umum tanpa mempertimbangkan kerugian yang muncul.

Jika melihat dari definisi kecanduan menurut kamus psikologi (2011), diartikan bahwa kecanduan adalah keadaan bergantung secara fisik dan psikologis. Olehnya itu, dibutuhkan upaya atau cara yang tepat dalam mengatasi ketergantungan pada handphone atau smartphone. Sebab jika tidak dicegah dengan cara-cara yang tepat maka ketergantungan karena handphone atau smartphone dapat membahayakan diri setiap orang.

Jelaskan Cara Mencegah Ketergantungan Pada Handphone Adalah?

Berdasarkan dari hal tersebut, maka pada kali ini penulis akan membahas mengenai cara mencegah ketergantungan pada handphone, smartphone atau gadget yang menurut penulis sangat mudah dan sederhana. Adapun cara mencegah ketergantungan pada handphone dapat dilihat dibawah ini:

    1. Menghapus aplikasi yang membawa kecanduan seperti sosial media atau game.
    2. Nonaktifkan notifikasi aplikasi yang dianggap tidak penting dan memberikan notifikasi dering khusus kepada orang-orang tertentu.
    3. Mematikan Gadget 1 Jam sebelum tidur untuk membuatmu mudah tidur atau bisa juga jangan mengecas handphone dari sore sehingga malam harinya akan lobet dan membuatmu tidur.
    4. Berlakukan waktu batas pengguna handphone atau smartphone yang saat ini sudah ada di setiap handphone.
    5. Letakkan handphone atau smartphone di saku saat sedang berada dimanapun untuk membuat interaksi lebih berkualitas.
    6. Bawalah beberapa buku dalam tasmu dan cobalah diwaktu senggang untuk membacanya minimal satu lembar.
    7. Buat dirimu menjadi sibuk dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Cara Mencegah Ketergantungan Pada Handphone. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *