Jelaskan Cara Memegang Cakram Dengan Benar? Ini Tekniknya

Cara Memegang Cakram Dengan Benar – Olahraga melempar cakram ini merupakan olahraga atletik yang mempunyai teknik-teknik tersendiri mirip dengan olahraga lainnya yang juga mempunyai teknik tersendiri. Kalau sepak bola mempunyai cara menendang sebagai fungsi mencetak gol, begitupula dengan olahraga ini mempunyai cara memegang cakram dan melempar cakram. Sehingga para atletik tidak asal memegang cakram dan melempar cakram itu sendiri.

Dengan mempelajari teknik-teknik cara melempar cakram dan cara memegang cakram yang benar dan tepat, maka tenaga yang dibutuhkan serta hasil yang akan dicapai sangat memuaskan dibandingkan melempar dan memegang cakram dengan asal-asalan. Sebab lempar cakram ini adalah keterampilan gerak yang memakai tubuh sangat kompleks dengan prinsip gaya sentrifugal saat fase persiapan yaitu ayunan mendarat, loncat putar ke arah posisi dan lemparan.

Teknik lempar cakram harus dilakukan dengan gerak berurutan. Teknik ini membutuhkan kemampuan yang baik. Untuk mendapatkannya ialah dengan mengetahui fase-fase atau langkah-langkah dalam gerak teknik melempar cakram seperti fase atau tahap ayunan, tahap memutar dan percepatan saat berputar, fase percepatan, fase power position dan fase pelepasan cakram dan terakhir follow trought.

Dari banyaknya fase-fase atau tahap-tahap yang perlu dipelajari, maka dalam gerak teknik lempar dibutuhkan pembelajaran yang benar dan tepat disertai dengan latihan yang teratur. Sebab dalam perlombaan ada banyak penilaian-penilaian yang dilakukan baik itu tingkat daerah, nasional, dan internasional. Dengan memakai teknik lempar cakram yang benar menurut Sukadiyanto (141:2005) teknik akan menghemat tenaga dari awal dan bisa berhasil serta menuju prestasi yang lebih tinggi.

Tingkat prestasi tinggi tersebut dapat diukur apabila jarak lemparan cakra yang dilakukan jauh. Karena tujuan lempar cakram adalah untuk mencapai jarak lemparan yang sejauh-jauhnya. Olehnya itu dibutuhkan latihan dan latihan yang besar untuk mencapai tujuan tersebut. Hal itu mengapa dibutuhkan teknik lempar cakram yang benar baik dari cara memegang cakram tersebut sebab cakram mempunyai bentuk dan berat tersendiri.

Pada umumnya, bentuk dan berat cakram untuk putra atau laki-laki adalah beratnya 2 kg dengan garis tengah 219 – 221 mm. Sedangkan untuk perempuan atau putri adalah 1 kg dengan garis tengah 180 – 182 mm. Selain dari bentuk dan berat yang harus diperhatikan, juga penjelasan mengenai hal-hal yang harus dihindari dalam lempar cakram sebagaimana setiap olahraga lainnya juga mempunyai demikian. Dalam lempar cakram hal-hal yang harus dihindari adalah jatuh kebelakang di awalan putaran, membungkukkan badan ke depan, berputar di tempat seperti gasing, kaki terlalu tegang dan melompat tinggi ke udara.

Selain itu juga memperhatikan tujuan dari gerakan pemulihan pada lempar cakram itu sendiri. Untuk meraih dan mendapatkan hasil yang tinggi dengan jarak yang jauh sebagaimana tujuan dari latihan dan tujuan dari lempar cakram itu sendiri, maka setiap orang harus mengetahui prinsip-prinsip dasar lempar cakram yakni teknik memegang cakram, teknik awalan cakram, teknik melempar cakram, dan sikap akhir saat melempar cakram.

Cara Memegang Cakram Yang Benar Adalah?

Dari prinsip-prinsip tersebut yang juga menjadi latihan setiap atlet dalam melempar cakram. Pada kali ini penulis akan menjelaskan, menyebutkan dan menguraikan salah satu prinsip dasar dalam melempar cakram yakni cara memegang cakram. Adapun tata cara memegang cakram tersebut adalah:

  1. Cakram dipegang dengan 4 jari terbuka,
  2. Ruas-ruas ujung jari menekuk menutupi pinggiran cakram
  3. Sedangkan ibu jari letaknya bebas pada cakram.
Jelaskan Cara Memegang Cakram Dengan Benar? Ini Tekniknya (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Cara Memegang Cakram Dengan Benar? Ini Tekniknya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu juga bisa melakukan tata cara memegang cakram yang kedua yakni:

  1. Cakram dipegang dengan 4 jari
  2. Jari telunjuk dan tengah dirapatkan
  3. Ruas-ruas ujung jari menekuk pinggiran cakram,
  4. Sedangkan ibu jari letaknya bebas pada cakram.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Cara Memegang Cakram Dengan Benar? Ini Tekniknya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *