Jelaskan Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa?


Indonesia merupakan negara berdasarkan agama tertentu dan bukan pula negara sekular yang memisahkan negara dengan agama. Namun Indonesia dalam aturannya juga mengakui adanya ketuhanan yang maha esa.

Hal itu karena melihat nilai yang luas dari agama yang kemudian melalui nilai itu dimasukkan ke dalam sistem hukum negara. Melalui kinerja ini, sehingga tidak terjadi formalisasi agama.

Dengan proses itulah sehingga pada waktu yang bersamaan, hukum negara melindungi seluruh agama yang ada. Namun pada penjelasan diatas, dapat dipahami bersama bahwa dalam sistem pemerintahan di Indonesia bukanlah menurut agama tertentu, namun lebih kepada nilai keagamaan itu.

Bukti dari penjelasan diatas bahwa Indonesia mengakui adanya tuhan yang maha esa hal itu demikian dijelaskan melalui UUD 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Terlihat jelas dalam pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang menerangkan bahwa:

“Atas berkat rahmat Allah yang Mahakuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaanya”

Inilah pokok dan dasar dari peranan berdirinya negara Indonesia. Pada pernyataan ini jelaslah mengapa Indonesia dikatakan mengakui Tuhan Yang Maha Esa sebab negara ini berdiri dari pertemuan keinginan luhur rakyat dan rahamt Allah atau takdir Allah dengan ikhtiar manusia.

Melalui kaca mata demikian dapat disebutkan kalau apabila tidak terdapat gabungan dari 2 itu kemerdekaan tidak akan bisa tercapai dan negara tidak akan bisa berdiri.

Sehingga dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita berdiri melalui berkat Allah Swt., melalui kebersamaan dengan perjuangan para pahlawan. Demikian ini karena Buya Hamka berkata bahwa, “kita mengingat bahwa kita dan negara kita tidaklah lepas dari tilikan Tuhan dan kekuasaan mutlak Tuhan.

Apabila memisahkan antara agama dan negara serta ataukah negara tidak mengakui agama dalam hal ini tuhan yang maha esa, maka sudah jelas bahwa telah menyalahi UUD 1945. Sebab telah jelas dalam Bab XI Pasal 29, disebutkan tentang Agama dimana:

  1. Negara berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa.
  2. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan itu.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa ketika pemerintah dalam membuat kebijakannya tidak boleh melanggar asas Ketuhanan yang Maha Esa, tidak bisa bertentangan karena sekali lagi bahwa “Negara berdasarkan Ketuhanan Maha Esa.

Melalui penjelasan diatas pula, bukti bahwa Indonesia mengakui adanya tuhan yang maha esa dan penghormatan negara kepada Agama terlihat jelas dalam Pasal 29 UUD 1945 ayat 2 dimana tidak boleh pemerintah maupun instansi swasta melarang praktek kepercayaan ibadah dari pemeluk agama tertentu.

Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa (Foto: Artikelsiana.com)
Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa (Foto: Artikelsiana.com)

Jelaskan bahwa Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan dalam menjawab pertanyaan pada topik kali ini dimana “Jelaskan bahwa Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa”. Adapun jawaban dari hal itu adalah:

  1. Terdapat dalam sila pertama dalam Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa yang merupakan nilai dari ideologi atau pedoman hidup negara.
  2. Pengakuan itu juga terdapat dalam UUD 1945 yang merupakan sumber dari segala hukum, dimana pada pasal 29 ayat 1 dan 2 bahwa negara ini adalah berdataskan ketuhanan yang maha esa serta menjamin kemerdekaan bagi setiap pemeluk agama tersebut.
  3. Dalam sejarah Indonesia saat berjuluk nusantara terdapat warisan agama yang merupakan salah satu aset leluhur yang harus dipertahankan.
  4. Perjuangan para pemeluk dan tokoh agama dalam sejarah perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia.

Demikianlah jawaban mengenai Jelaskan bahwa Bangsa Indonesia Mengakui Adanya Tuhan Yang Maha Esa?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *