Jelaskan Bagaimana Prinsip Kerja Kereta Maglev? Ini Jawabannya


Sebenarnya terdapat sebuah makalah yang menyebutkan bagaimaan kereta maglev bekerja seperti yang disampaikan oleh Robert Goddard. Hal itu disampaikan pada tahun 1904 dalam makalahnya yang menyampaikan kemungkinan perjalanan kereta api tanpa friksi antara roda dan rel yaitu dengan mengangkat gerbong kereta dari rel dengan memakai gaya elektromagnit.

Hal inilah kira-kira yang menjadi ide pertama kali dalam kereta Maglev. Pada awalnya, negara pertama kali yang menjadi pengembang dalam kereta Maglev adalah Jepang. Hal itu terjadi pada tahun 1964, keberhasilan ini bersumber dan memang pantas sebab menjadi salah satu negara industri di Asia.

Apalagi prinsip jepang yang mempunyai mobilitas masyarakat yang tinggi, maka dibutuhkan kendaraan yang super cepat yang menudkung aktivitas penduduk jepang tersebut. Menjawab persoalan itu, maka ditemukanlah Maglev atau kepanjangannya Magnetic Levitation.

Hanya Jepang dan Jerman saja yang siap memasuki dunia Maglev, bila dilihat dari teknologi Maglev yang telah terbukti mencapai kecepatan yang mencengangkan hasil dari kedua negara tersebut. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh semakin cepat dari kereta biasa.

Kereta Maglev adalah kereta yang memanfaatkan gaya magnet untuk mendapatkan kecepatan maksimal dalam mengangkat kereta. Jadi kereta akan terlihat seperti “melayang” sehingga optimasi dan efisiensi terjamin. Jadi tidak menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat berkurang.

Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Kereta maglev juga memanfaatkan magnet sebagai pendorong.

SCMaglev merupakan kepanjangan dari Semi-Conductor Magnetic Levitation. Kereta yang mampu bergerak hingga 600 km/jam ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Japan Railway sejak tahun 1962.

Terdapat tiga jenis teknologi maglev yakni magnet superkonduktivitas, suspensi elektromagnetik dan Inductrack. Magnetic leviatation merupakan sebuah metode yang dipakai untuk membuat sebuah objek melayang di udara tanpa bantuan selain medan magnet. Medan ini dipakai untuk menolak atau meniadakan gaya tarik gravitasi.

Beberapa negara yang telah memakai kereta api jenis ini yaitu Jepang, Perancis, Amerika, Jerman dan China. Dikarenakan mahalnya pembuatan relnya, di lingkungan kehidupan pada 2005 hanya mempunyai dua jalur Maglev yang dibuka umum, di Shanghai dan Kota Toyota.

Untuk di China, kereta maglev pertama beroperasi di Shanghai pada tahun 2003. yang dibuat oleh Jerman dengan jarak 30 km yang menghubungkan antara pusat kota sampai bandara Pudong. Lalu pada tahun 2016, terdapat kereta maglev pertama yang dibuat China yang beroperasi di Changsa, Provinsi Hunan yang melaju sampai 100 kilometer per jam.

Jelaskan Bagaimana Prinsip Kerja Kereta Maglev Adalah?

Berdasarkan hasil penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa yang menjadi jawaban tentang bagaimana prinsip kerja kereta maglev adalah:

Pada umumnya prinsip kerja dari Maglev train adalah dengan memanfaatkan daya tolak-menolak dan gaya tarik-menarik antara medan magnet yang berada pada rel (railway) dengan kereta itu sendiri.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Bagaimana Prinsip Kerja Kereta Maglev. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *