Jelaskan Apa Yang Dipelajari Dalam Ilmu Kimia? Ini Jawabannya


Secara sederhana, Kimia adalah pondasi utama untuk mempelajari tentang materi dalam skala atom dan molekuler, termasuk berbagai reaksi yang ada di dalamnya. Ilmu ini bisa dilihat dalam diagram yang sangat legendaris yakni sistem periode unsur atau biasa disebut tabel periodik. Tentu bagi yang berada di Jurusan IPA saat SMA, tentu membahas Kimia sudah paham tentang bagaimana itu ilmu kimia dan kegiatan apa saja yang dilakukannya.

Apalagi saat perkuliahan nanti, kalian akan mempelajari kimia lebih dalam dan berfokus tidak hanya perubahan suatu zat jadi zat lain, tapi juga jumlah keberhasilan praktek itu, menganalisis produk yang dihasilkan, meneliti strukturnya, mekanisme yang dipakai, dan hal lain yang merupakan kegiatan sehari-hari dari proses praktikum kuliah Kimia. Tapi bagi yang baru memasuki SMA tentu mempelajari Kimia adalah sesuatu hal sangat baru. Jadi wajarlah mengapa ada yang meminta penjelasan tentang hal apa saja yang akan dipelajari dalam ilmu kimia.

Secara umum, Kimia (Chemistry) adalah suatu ilmu yang diambil dari kata Al-Kimia (Al-Chemy) yang merupakan berasal dari bahasa Arab yakni perubahan materi, susunan materi, struktur materi dan sifat materi. Susunan materi terdiri atas komponen pembentuk materi dan perbandingan setiap komponen itu.

Struktur materi mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi itu saling berikatan. Sifat materi itu terdiri atas sifat fisis yang berarti wujud dan penampilan dan juga membahas mengenai sifat kimia. Sifat suatu materi dipengaruhi oleh susunan dan struktur dari materi itu.



Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan materi dapat terdiri dari perubahan fisis dan perubahan kimia yang mengkaji tentang gejala alam yang dipahami sehingga bisa dilakukan perubahan ke arah yang menguntungkan. Sedangkan perubahan materi ke arah yang merugikan bisa dicegah sedini mungkin. Energi yang menyertai perubahan materi menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal usul materi itu.



Peran penting dari ilmu kimia adalah hal yang apa sedang terjadi pada zaman ini, dimana segala kemajuan tidak lepas dari ilmu kimia seperti ilmu kedokteran, farmasi, pertanian, geologi dan berbagai hal yang mendasar dalam terciptanya suatu produk. Hal termudah yang memperlihatkan bahwa betapa dekatnya ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah persoalan penemuan pupuk, pestisida, dan bahan pengawet yang telah membawa kemajuan yang sangat besar dalam bidang pertanian.



Perkembangan dalam kimia organik telah menghasilkan kemajuan dalam bidang farmasi, misalnya sintesis obat baru. Dalam bidang biologi dan kedokteran kimia bermanfaat untuk memacu kemajuan dalam cara penentuan struktur molekul.

Selain dari pada itu, ternyata Ilmu Kimia juga dapat membantu permasalahan yang terjadi disekitar kita seperti problem soal ekonomi, lingkungan, hukum, seni dan kedokteran. Hal itu tidak lepas dari analisis kimia yang sangat maju yang jika berbicara soal hukum, ilmu kimia membantu dalam mengungkap barang bukti kejahatan, dan dalam seni, ilmu kimia berguna dalam menentukan keaslian suatu karya seni dan membuat suatu formula yang dapat memperkaya seni tersebut.

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu materi. Sedangkan Materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Hampir semua benda di alam dibahas dalam ilmu kimia karena pada dasarnya setiap benda menempati ruang dan mempunyai massa. Artinya setiap benda merupakan materi.

Jelaskan Apa Yang Dipelajari Dalam Ilmu Kimia?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disebut dan tuliskan bahwa jawaban mengenai apa saja yang dipelajari dalam ilmu kimia adalah

Yang dipelajari dalam ilmu kimia adalah:

    1. Susunan dan strukturnya
    2. Sifatnya
    3. Perubahannya
    4. Energi yang menyertai perubahannya

Misalkan kita membahas air. Maka yang dipelajari dalam ilmu kimia tentang air adalah sbb:

    1. Bagaimana atom-atom hydrogen dan oksigen tersusun dalam sebuah moklekul air dengan membentuk struktur molekul.
    2. Bagaimana sifat-sifat air dihubungkan dengan susunan dan struktur tadi.
    3. Perubahan apa yang terjadi pada air.
    4. Seberapa besar energi yang dihasilkan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dipelajari Dalam Ilmu Kimia? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *