Jelaskan Apa Yang Dimaksud Olahraga Bela Diri? Ini Pengertiannya


Dewasa ini semakin banyak perilaku yang membuat seseorang jauh dari hal-hal baik. Tentu hal itu dilakukan karena bukan tanpa sebab, bisa saja karena dilandasi oleh faktor ekonomi atau lingkungannya.

Jadi dengan kehidupan yang begitu sulit membuat seseorang akan melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti tindakan kriminal. Apalagi saat ini, kondisi begitu keras akan mendorong seseorang untuk kehilangan akal sehatnya.

Untuk menghindari hal itu, maka setiap orang membutuhkan suatu usaha dan upaya dalam menjaga dirinya agar tetap dapat aman dalam beraktivitas. Salah satunya yang termudah dan murah adalah dengan mempelajari olahraga bela diri.

Tentu setiap orang sudah tahu seperti apa dan apa yang dikatakan olahraga bela diri seperti yang biasa dilihat di berbagai film bioskop atau di pertandingan antar daerah yang biasanya terdapat cabang olahraga bela diri.



Dengan mempunyai kemampuan bela diri tentu berbeda dengan orang biasa sebab dalam olahraga bela diri terdapat teknik-teknik yang begitu mengagumkan yang biasa dilakukan dengan latihan yang padat. Dengan sering berlatih bela diri maka dapat menjaga keselamatan diri dalam pertarungan, menjaga kesehatan fisik, mengendalikan lawan, pertahanan diri.



Selain itu, dengan seringnya berlatih bela diri maka setiap orang mempunyai semangat juang tinggi dengan mental yang tangguh dan tidak dapat menyerah terhadap apapun itu, karena olahraga bela diri ditunjang dengan sikap disiplin yang keras.



Di dunia ini terdapat jenis-jenis olahraga bela diri yang populer dan bahkan telah ada sejak dulu yang telah melahirkan banyak atlet yang luar biasa. Adapun jenis-jenis olahraga bela diri yang terdapat didunia ini adalah: Pencak silat, Taekwondo, Karate, Kung fu, Judo, Aikido, Krav Maga, Jijutsu, Muay Thai dan Brazilia Jiu.

Pengertian Olahraga Bela Diri

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian olahraga bela diri adalah salah satu bentuk pertahanan diri terhadap serangan yang dapat mengancam keselamatan diri dan dapat menjadi pengolahan tubuh untuk memperkuat kesehatan fisik dan mental. Menguasai olahraga bela diri membuat kita siap dengan jurus pembelaan diri, siap secara fisik dan mental.

Menurut buku Jago Beladiri (2020) oleh Muhamad Syahrial bahwa olahraga bela diri merupakan perpaduan aktivitas fisik dengan unsur seni, teknik membela diri, olahraga serta olah batin.

Teknik Olahraga Bela Diri Adalah?

Dalamt mempelajar olahraga bela diri terdapat beberapa teknik yang perlu dipelajari, yang diketahui terdapat 3 teknik dasar dalam seni bela diri ini seperti kuda-kuda, tendangan dan pukulan. Adapun penjelasan dari ketiga teknik olahraga bela diri tersebut adalah:

1. Kuda-kuda

Sikap kuda-kuda dalam olahraga bela diri merupakan sikap sedia seorang pelaku bela diri dengan memposisikan kaki depan, ke samping, atau serong. Tergantung jenis kuda-kuda yang dilakukan.

Kuda-kuda merupakan sikap penting, karena teknik ini seperti serangan atau tangkisan yang ditopang oleh teknik kuda-kuda yang benar.

2. Tendangan

Tendangan adalah serangan yang dilakukan menggunakan kaki dan tungkai sebagai komponen penyerang, Tendangan menjadi salah satu teknik untuk mendapatkan poin dalam pertandingan.

3. Pukulan

Pukulan adalah serangan yang dilakukan dengan tangan dan lengan sebagai komponen penyerang. Pukulan mempunyai berbagai macam jenis dan variasinya, sesuai aliran dan jenis bela diri masing-masing.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Olahraga Bela Diri? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *