Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Renaissance? Ini Pengertiannya


Renaissance berasal dari bahasa Latin yang dikenal dengan “Renaitre” yang artinya “hidup kembali” atau “lahir kembali”. Sehingga dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan Renaissance adalah kelahiran atau hidupnya kembali kebudayaan klasik Yunani dan Romawi dalam kehidupan masyarakat barat.

Secara lebih mendetail yang dimaksud dengan pengertian Renaissance adalah suatu periode sejarah yang ditandai dengan perkembangan kebudayaan barat yang memasuki baru periode dalam segala aspek kehidupan manusia. Perkembangan itu bisa pada ilmu-ilmu pengetahuan, teknologi, seni dalam semua cabang, perkembangan sistem kepercayaan, perkembangan sistem politik, institusional, bentuk-bentuk sistem kerpcayaan yang baru dan juga yang lainnya.

Dalam literatur lain, mengungkapkan bahwa istilah Renaissance pertama kali disebut oleh Vasari, kemudian Michelet. Pada 1860 Jacob Burckhardt kembali memperkenalkan istilah tersebut dalam karyanya: Die cultuur der Renaissance in Italien. Sejak tahun 1860 itulah istilah renaissance populer dipergunakan.

Renaissance sangatlah penting karena berarti sebagai masa kekuasaan, kesadaran, keberanian, kepandaian yang luar biasa. Pada masa ini, manusia mempunyai ilmu pengetahuan lebih dari satu. Pada masa ini juga manusia hidup bebas dalam menentukan hidupnya dan tidak terikat oleh dokrin gereja.



Semakin lama, pada masa renaissance banyak cendekiawan yang melepaskan dari dogma dan ajaran agama Kristen. Hal itu karena dalam ilmu alam yang merupakan ilmu pasti terdapat banyak pertentangan dalam pandangan gereja.



Renaissance juga muncul dari kota-kota dagang yang makmur, yang membuat dihapuskannya sistem stratifikasi sosial masyarakat agraris yang feodalistik. Sehingga pada masa ini, juga menjadi simbol kebebasan melepaskan diri dari ikatan feodal menjadi masyarakat yang bebas.



Pengertian Para Ahli Tentang Renaissance Adalah?

Sedangkan apabila menyimak dari pemikiran atau pendapat para ahli dalam hal ini Huizinga dan RF. Beerling dalam hal ini adalah:

    1. Menurut Huizinga bahwa yang dimaksud dengan Renaissance adalah meneruskan dan melanjutkan kebudayaan klasik, sintesis antara kebudayaan klasik dengan budaya Kristen abad pertengahan. Ia mengambil unsur klasik sebagai pola tetapi terbatas pada bentuk, isinya diberi gaya baru yang dinamis sesuai perkembang-an zaman.
    2. Sedangkan menurut RF. Beerling menyatakan bahwa Renaissance bukan tiruan dari kebudayaan klasik. Ia tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi melalui proses panjang yang berkesinambungan dengan abad pertengahan. Renaissance merupakan faham tentang rasa keagamaan dan nasional yang hidup kembali.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Renaissance?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Renaissance adalah?

Secara umum, pengertian Renaissance adalah gerakan perubahan yang terjadi pada abad ke 16-17 dimana terjadi perkembangan kebudayaan barat baik dalam hal ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, seni, politik dan juga kepercayaan yang lebih kongkrit.

Pada masa ini juga ditandai dengan berkembangnya berbagai pemikiran baru seperti humanisme, rasionalisme, empirisme, dan materialisme. Pemikiran baru ini muncul dari sebagaimana dasar dari filsafat Renaissance itu sendiri yang lebih mengarah kepada hal yang kongkrit misalnya tentang alam semesta kepada manusia, kehidupan masyarakat dan sejarah. Dapat dikatakan bahwa pada saat itu, manusia menemukan dua hal yakni dunia dan juga dirinya sendiri.

Akan tetapi justru pada masa renaissance malah semakin mengagungkan dirinya dan menganggap bahwa akal memiliki wibawa terhadap kebenaran-kebenaran keagamaan dan kebenaran bisa dicapai dengan kekuatan sendiri yang lambat laun justru intelektualitas tersebut terasing dari agama.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Renaissance? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *