Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan? Ini Arti & Caranya


Senam adalah latihan fisik yang tersusun secara sistematis dengan gerakan pilihan yang terencana dengan tujuan tertentu. Di dalam senam terdapat berbagai macam gerakan. Tentu bagi pembaca, membahas mengenai olahraga senam tidaklah asing sebab olahraga ini sudah terkenal dengan berbagai istilah seperti senam jantung sehat, senam aerobic, senam artistik, senam tera dan senam akrobatik.

Salah satu senam yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah senam lantai. Senam ini merupakan bagian daripada senam artistik. Disebut dengan senam lantai karena dalam semua gerakannya dilakukan di lantai yang beralaskan matras.

Selain itu, ternyata olahraga merupakan satu cabang olahraga sendiri yang membuatnya dikenal sebagai olahraga dasar. Fokus utama dari pada olahraga ini adalah gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dari setiap bagian anggota tubuh dan kemampuan komponen motorik/gerak misalnya kekuatan,kecepatan keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.

Dalam senam lantai terdapat berbagai macam gerakan yang dalam tingkat sekolah dasar terdapat gerakan yang begitu populer dan mengasyikkan dilakukan oleh anak sekolah dasar dalam hal ini adalah gerakan guling ke depan, guling ke belakang dan guling lenting.



Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas salah satu dari ketiga hal itu yakni guling ke depan atau roll forward sebagaimana dalam topik kali ini yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan? Ini Jawaban & Caranya.



Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan? Ini Arti & Caranya  (Foto: Artikelsiana.com)
Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan? Ini Arti & Caranya (Foto: Artikelsiana.com)

Perlu diketahui bersama bahwa olahraga Roll ke depan sangatlah mudah dan juga mengasyikkan, namun walaupun begitu tetap saja bisa membahayakan keselamatan jika teknik dalam melakukan gerakan roll ke depan ini tidak diketahui dan dipahami.



Maka dari itu, selain membahas mengenai apa yang dimaksud dengan pengertian guling ke depan, pada kali ini penulis juga akan membahas mengenai cara melakukan guling ke depan.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan (Roll Forward)?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian guling ke depan atau Roll Forward adalah salah satu gerakan dalam senam lantai yang dilakukan dengan cara menggulingkan badan ke depan dengan menekuk bagian belakang badan.

Maksud dari bagian belakang badan ini adalah tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Dalam melakukan olahraga Guling Ke Depan ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu:

    1. Ada cara guling ke depan dengan sikap awal jongkok
    2. Ataukah dengan guling ke depan dengan sikap yang diawali dengan berdiri.

Melihat daripada pengertian guling ke depan atau Roll Forward ini terdengar mudah dan sederhana, akan tetapi olahraga senam lantai ini juga akan sulit dilakukan apabila tanpa melakukan pemanasan dan juga pelemasan terlebih dahulu. Sebab selain agar Guling ke Depan atau Roll Forward itu sendiri bisa berhasil juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya cidera pada tubuh anda.

Pengertian guling ke depan (roll forward). (Foto: artikelsiana.com)
Pengertian guling ke depan (roll forward). (Foto: artikelsiana.com)

Tentu setiap olahraga cabang atau jenis manapun, melakukan pemanasan dan pelemasan adalah hal yang wajib untuk dilakukan sebelum melakukan gerakan inti seperti Guling Ke Depan sehingga otot lebih siap, tidak kaku, detak jantung stabil, mencega risiko, meningkatkan percaya diri dan suhu tubuh.

Cara Melakukan Guling Depan (Roll Forward) Adalah? 

Adapun tata cara dalam melakukan Guling Depan atau Roll kedepan sebenarnya sangat sederhana yang hanya terdiri atas 5 langkah dalam hal ini adalah:

    1. Lakukan sikap jongkok menghadap arah gerakan
    2. Kedua telapak tangan diletakkan di atas matras. Angkat pinggul ke atas hingga kedua kaki lurus
    3. Masukkan kepala di antara kedua lengan hingga pundak menempel matras.
    4. Gulingkan badan ke depan hingga bagian badan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang menyentuh matras.
    5. Kembali pada sikap jongkok.Kedua lengan lurus ke depan. Pandangan ke arah depan.
Cara melakukan guling ke depan (Foto: Artikelsiana.com)
Cara melakukan guling ke depan (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Guling Depan? Ini Jawaban & Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *