Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Etos Kerja? Ini Jawabannya


Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana untuk memenuhi diri sendiri, itu tidak dapat hanya dengan mengandalkan dirinya saja, melainkan membutuhkan peran orang lain. Dalam hal tersebut agar mendapatkan dapat membantu dan juga dibantu, sesuatu tersebut pasti dilakukan dengan bekerja.

Dengan bekerja maka setiap manusia akan bekerja sama dengan teman kerja, memenuhi kebutuhan keluarga, mengabdi ke masyarakat, bangsa dan negara. Dengan bekerja maka kehidupan ekonomi dapat berjalan yang jika bisa dibayangkan bahwa ketika seseorang tidak bekerja maka ia akan terus bergantung dengan orang lain tanpa memberikan timbal balik kepada orang tersebut,

Berbeda ketika orang tersebut bekerja, mereka bisa membantu orang lain dan terjadi interaksi disana dimana mereka saling membantu sama lain baik itu untuk bekerja sama dalam pekerjaan ataukah menghidupi satu sama lain.

Persoalan bekerja adalah persoalan yang sangat penting apalagi di era globalisasi saat ini, yang bisa disaksikan bersama bahwa persaingan kerja sudah semakin meningkat yang membuat manusia itu mau tidak mau harus mempunyai keahlian dan kemampuan dalam hal tertentu. Untuk bisa menjawab tantangan yang ada maka apa yang dibutuhkan adalah diperlukan dedikasi, kerja keras dan kejujuran dalam bekerja.



Sebab jika tidak dengan hal itu maka yakin dan percaya bahwa setiap orang akan tergilas oleh zaman saat ini dimana lapangan kerja yang tidak dapat menampung para pekerja yang ada. Dengan sifat dan sikap tersebut maka manusia atau setiap orang akan menghargai seberapa pentingkah itu bekerja.



Sejalan dengan hal itu, demikian ini juga disampaikan oleh Anoraga (1992) bahwa manusia yang berhasil harus mempunyai pandangan dan sikap yang menghargai kerja sebagai sesuatu yang luhur untuk eksistensi manusia. Suatu pandangan dan sikap demikian dikenal dengan istilah Etos Kerja.



Menurut Akhmad Kusnan (2004) Etos Kerja mencerminkan suatu sikap yang memiliki dua alternatif, positif dan negatif. Suatu individu atau kelompok masyarakat dapat dikatakan mereka mempunyai Etos Kerja yang tinggi, ketika terdapat ciri-ciri atau tanda yang menegaskan bahwa dirinya mempunyai penilaian yang positif terhadap hasil kerja manusia.

Selain itu yang kedua adalah menempatkan pandangan tentang kerja sebagai sesuatu yang teramat penting dan menjadi hadirnya mereka disebut sebagai manusia. Dengan hal itu, maka dengan bekerja apa yang dirasakan adalah sesuatu yang bermakna dan dapat dihayati karena dalam bekerja terdapat proses ketekunan sekaligus untuk mewujudkan cita-cita.

Tidak hanya itu, bekerja juga menjadi salah satu bentuk ibadah sebagai manusia dalam mencari nafkah dan mengidupi dirinya dan kelompok masyarakat.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Etos Kerja

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Etos Kerja adalah seperangkat sikap atau pandangan mendasar yang dipegang sekelompok manusia untuk menilai bekerja sebagai suatu hal yang positif bagi peningkatan kualitas kehidupan sehingga mempengaruhi perilaku kerjanya.

Sedangkan untuk definisi secara etimologis, dimana etos kerja berasal dari dua kata yakni etos dan kerja. Untuk etos sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Ethos yang artinya sikap, kepribadian, watak, karakter, dan keyakinan akan sesuatu hal. Sedangkan apa yang disampaikan oleh John M Echols dan Hassan Shadily ethos adalah “jiwa khas suatu bangsa”, di mana sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat.

Seseorang tidak langsung mendapatkan etos kerja melainkan hal itu dibentuk oleh beberapa hal seperti kebiasaan, pengaruh budaya, serta sistem nilai yang meyakininya. Perlu diketahui bersama bahwa etos ini erat kaitannya dengan etika yang berkaitan dengan nilai dan tata cara hidup yang baik. Kebiasaan ini lalu terungkap dalam perilaku berpola yang terus berulang sebagai sebuah kebiasaan.

Sedangkan untuk definisi kerja sendiri dalam KBBI artinya adalah kegiatan melakukan sesuatu.6 Kerja adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang, baik sendiri atau bersama orang lain, untuk memproduksi suatu komoditi atau memberikan jasa.

Apa Fungsi Etos Kerja?

Ada beberapa fungsi dari etos kerja antara lain sebagai berikut:

    1. Untuk mendorong timbulnya tingkah laku
    2. Untuk membuat bergairah dalam kegiatan
    3. Untuk menggerakkan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Etos Kerja? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *