Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Adat Istiadat? Ini Jawabannya


Ditengah derasnya arus perkembangan zaman saat ini dengan segala kemajuan teknologi dan bahkan dari seluruh bidang kehidupan yang ada, teknologi digital telah masuk dan lebih mengoptimalkan itu semua. Di era saat ini juga segala bentuk dan perilaku telah menjadi serba modern dengan perilaku cenderung rasional dalam melakukan aktivitas apapun itu.

Namun ditengah kemajuan itu, ternyata memberikan dampak negatif bagi ciri khas atau identitas yang melekat sejak dulu dari suatu daerah atau suatu wilayah tersebut. Hal tersebut memang adalah dampak yang akan terjadi karena ditengah derasnya arus informasi saat ini, membuat setiap orang dihujani dengan informasi dan membuatnya lupa dan terbawa arus budaya dari wilayah atau negara lain.

Alhasil sikap dan perilaku dari orang tersebut akan berbeda dari apa yang mereka telah anut sejak dulu, apa yang mereka telah ikuti dahulu seperti budaya mereka atau adat-istiadat mereka. Berbicara soal adat istiadat atau biasa disebut dengan tradisi ini merupakan kebiasaan yang bersifat supranatural yang didalamnya terdapat nilai budaya, norma-norma, hukum dan aturan yang berlaku.

Sedangkan apa yang terdapat dalam tradisi di suatu komunitas tersebut merupakan hasil turun temurun yang terjadi dari nenek moyang. Tidak dipungkiri bahwa dalam perjalanan manusia, salah satu faktor yang mempengaruhinya baik itu langsung maupun tidak langsung adalah budaya sebab manusia dan budaya saling mempengaruhi satu sama lain.



Pengaruh itu terjadi karena budaya merupakan produk dari manusia. Tapi ternyata hal itu juga bisa menjadi ancaman bagi setiap orang, individu atau kelompok, apabila budaya tersebut diganggu oleh budaya lainnya. Misalnya saja pertekaran antar suku yang pernah terjadi di Indonesia, dimana tidak sedikit korban yang berjatuhan dan dampak yang akan timbul.



Setiap daerah atau wilayah tersebut tentunya memiliki adat istiadat yang berbeda-beda apalagi indonesia yang mempunyai jumlah suku sekitar 1.340 suku bangsa. Tidak mengherankan apabila banyak adat istiadat yang menjadi identitas nasional di Indonesia ini.



Setiap suku tersebut mempunyai adat yang memuat nilai dan norma yang harus dijunjung tinggi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang dimuat berupa nilai agama, sosial, budaya, dan lainnya. Jika demikian lantas apa sih yang dimaksud dengan pengertian adat istiadat itu?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Ada Istiadat Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pengertian adat istiadat adalah aturan atau tata kelakuan yang dihormati dan dipatuhi oleh masyarakat secara turun temurun yang berfungsi mengatur masyarakat sehingga tercipta ketertiban di suatu daerah.

Secara etimologi, istilah adat sendiri berasal dari kata “adab” yang artinya cara atau kebiasaan. Dalam hal ini, adat diartikan sebagai perbuatan yang dilakukan berulang sehingga menjadi kebiasaan yang harus dipatuhi masyarakat di suatu lingkungan.

Adat istiadat mempunyai beberapa unsur pembentuk, yaitu nilai budaya yang dianggap penting oleh masyarakat, sistem norma, sistem hukum yang tegas, dan aturan khusus yang bersifat mengikat masyarakat. Menurut bentuknya, adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tertulis dan tidak tertulis.

Umumnya adat tertulis terdiri atas penataran desa. Lalu untuk adat tidak tertulis berupa upacara adat seperti ngaben di Bali atau acara sesajen pada masyarakat Jawa. Walaupun tidak tertulis, tetapi pengaruhnya sangat kuat di masyarakat dan mengikat, jika melanggar maka akan mendapatkan sanksi sebagai hukumannya. Umumnya sanksi tersebut berupa sanksi sosial seperti pengucilan dari masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Adat Istiadat? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *