Jelaskan Alasan Negara Asia Tenggara Perlu Mengandalkan Kerjasama Ekonomi


Pada dasarnya apa yang terjadi pada manusia sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di setiap negara. Jika dikatakan manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, yang membuat manusia disebut sebagai makhluk sosial.

Manusia harus berinteraksi dengan manusia lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apabila tidak, maka akan ada salah satu kebutuhan manusia atau bahkan kebutuhan manusia tersebut tidak akan bisa terwujud.

Dengan itu, maka setiap manusia saling bekerja sama satu dengan yang lainnya baik dengan hubugan antar individu, antar individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok atau bahkan kelompok dengan masyarakat.

Hal serupa juga terjadi dengan negara yang ada di dunia ini atau secara sempit yang ada di Asia Tenggara. Dimana negara-negara yang ada di Asia Tenggara dimana tidak dapat menjalankan negaranya tanpa bantuan dengan bantuan atau interaksi dengan negara lain.



Sebab jika hanya berjalan sendiri, maka ada banyak hal yang menjadi kekurangan dalam negaranya yang tidak mampu dipenuhi dan akan mengalami keterbatasan. Selain itu, apabila negara tersebut mempunyai kelebihan maka tak dapat menghasilkan sesuatu dengan maksimal sebab hanya berputar atau berada dalam wilayahnya sendiri.



Namun apabila negara-negara contohnya di Asia Tenggara bekerja sama dengan berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan, maka negara tersebut akan saling memenuhi satu dengan yang lainnya sejauh bidang kerja sama apa yang ingin dibangun.



Bahkan, apabila negara yang ada di Asia Tenggara misalnya Indonesia yang mempunyai kekurangan contohnya dalam barang elektronik maka hal itu akan menjadi kekurangan yang bisa dicarikan solusi dalam waktu yang lama jika Indonesia tidak bekerja sama dengan negara lain yang menjadi penghasil barang eletronik.

Serta Indonesia yang mempunyai keuntungan dalam hal sumber daya alam yang melimpah, tanpa mampu memaksimalkan sebaik mungkin lantaran hanya berputar di negara Indonesia sendiri dan juga tidak dapat di manfaatkan. Maka untuk menutupi kekurangan dan memanfaatkan kelebihan negara Indonesia adalah dengan mengandalkan kerja sama dengan asia-asia tenggara.

Penjelasan dari ilustrasi ini serupa dengan apa yang terjadi dengan negara-negara di Asia Tenggara yang perlu mengandalkan kerja sama. Untuk membentuk kerja sama tersebut dengan baik dan terjalin secara harmonis, maka dibentuklah ASEAN atau Assocation of Southeast Asian Nations. Organisasi ini merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi untuk negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

ASEAN sendiri terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok dengan latar belakang terbentuknya adalah karena mempunyai persamaan geografis yang terletak di antara dua samudra yakni Hindia dan pasifik. ASEAN dibentuk juga dengan persamaan Budaya, bahasa, dan tata kehidupan serta pergaulan yang hampir sama.

Selain itu persamaan nasib yang menjadi negara jajahan sehingga setiap negara mempunyai rasa kesetiakawanan dan prinsip sepenanggungan yang tinggi. Kemudian yang terakhir adalah persamaan kepentingan dengan tekat dan tujuan yang sama untuk pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.

Dengan dibentuknya ASEAN, maka setiap negara-negara di Asia Tenggara dapat dengan mudah untuk saling bekerja sama satu dengan yang lainnya dalam berbagai bidang baik itu dalam kerja sama bidang Ekonomi.

Jelaskan Alasan Negara Asia Tenggara Perlu Mengandalkan Kerjasama Ekonomi

Alasan negara-negara di Asia Tenggara perlu mengandalkan kerja sama ekonomi karena setiap negara di Asia tenggara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang saling melengkapi satu sama lainnya. Sehingga kerja sama dalam bidang ekonomi tersebut terjalin untuk terciptanya perdagangan saling menguntungkan dapat berupa perdagangan, investasi, pariwisata, penyediaan cadangan pangan, proyek industri dan penentuan tarif rendah komoditas barang di ASEAN.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Alasan Negara Asia Tenggara Perlu Mengandalkan Kerjasama Ekonomi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *