Jelaskan 4 Jenis Motif Ekonomi? Ini Arti & Jawabannya


Dalam membahas mengenai motif ekonomi, diiringi dengan pembahasan pertama berupa tindakan ekonomi, yang selanjutnya motif dan lalu pembahasan prinsip ekonomi.

Hal itu karena dalam definisi tindakan ekonomi atau pelaku ekonomi yang sebelumnya telah dibahas menyebutkan bahwa tindakan ekonomi adalah segala kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan yang dilandasi dengan oleh motif ekonomi dan dilaksanakan berdasarkan prinsip ekonomi.

Secara etimologi, istilah motif berasal dari kata motus yang artinya penggerak atau pendorong. Sedangkan secara terminologi, pengertian motif adalah penggerak atau pendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Apa yang terjadi tersebut tidak lepas dari adanya keinginan yang melatar belakangi untuk memenuhi kebutuhan ekonominya.

Pada prakteknya motif ekonomi dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan, memperoleh keuntungan, mendapatkan penghargaan, mendapatkan kekuasaan. Tidak hanya teori itu saja yang menjadi alasan bagi seseorang untuk melakukan motif ekonomi, terdapat 2 teori lainnya seperti teori tindakan beralasan dari atau Reasoned action theory yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen.



Menurut teori ini bahwa seseorang akan memilih sesuatu terhadap apa yang ia rasakan dan yakini bahwa hal itu bisa bermanfaat. Selain itu, motif ekonomi sendiri terbagi dua ada yang intrinsik dan ada ekstrinsik.



Untuk intrinsik adalah berasal dari dalam diri individu atau sel interest yang contohnya seorang siswa yang mau jadi sosiolog karena sadar terhadap adanya kesenjangan sosial.



Sedangkan motif ekstrinsik adalah motivasi yang mendorong seseorang yang berasal dari luar diri individu yang merupakan bukan dari diri sendiri seperti seorang siswa yang ingin menjadi arsitek karena keinginan orang tuanya. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun jawaban dari pada topik diatas yakni jelaskan 4 jenis motif ekonomi adalah:

Jelaskan 4 Jenis Motif Ekonomi Adalah?

Dalam tindakan ekonomi terdapat 4 jenis motif ekonomi diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan, untuk berbuat sosial, Motif untuk Mendapatkan Penghargaan, serta Motif untuk Memperoleh Kekuasaan. Adapun penjelasan dari keempat jenis motif ekonomi itu adalah:

1. Motif Untuk Memenuhi Kebutuhan

Merupakan motif mendasar setiap manusia dalam melakukan tindakan ekonomi, motif ini dilakukan untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan terutama di bidang sandang, pangan, dan papanya. Motif ini bertujuan untuk menghasilkan penghasilan, penghasilan yang didapat itulah yang kemudian untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Motif Untuk Berbuat Sosial

Merupakan motif yang sangat mulia, dimana tindakan ekonomi yang dilakukan berorientasi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan orang lain dengan cara menolong dan membantu sesama manusia.

3. Motif untuk Mendapatkan Penghargaan

Merupakan motif yang bertujuan untuk mendapatkan penghargaan, pengakuan, serta status sosial yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain.

4. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan

Merupakan motif untuk memenuhi kepuasan dan keinginannya (bukan kebutuhannya) dalam mendominasi setiap tindakan ekonomi di berbagai bidang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan 4 Jenis Motif Ekonomi? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *