[Jawaban] Unsur Unsur Debat dan Ciri Ciri Debat


Unsur-unsur dalam debat – Suatu kegiatan bisa dianggap debat kalau mempunyai beberapa unsur-unsur yang terdapat di bawah ini:

Unsur Unsur Debat

1. Mempunyai Mosi
Mosi adalah suatu pembahasan atau topik yang akan diperdebatkan dan memiliki sifat konvensional. Mosi sangat dibutuhkan karena di dalam sebuah debat ada pihak yang berada pada posisi pro dan kontra.

2. Debat haruslah mempunyai pihak pro atau pihak afirmatif yang setuju terhadap mosi yang sudah diberikan. Pihak Pro akan dapat memberikan pidatonya secara terlebih dahulu tentang alasan mengapa mendukung pernyataan dalam mosi.

3. Selain pihak pro, ada juga pihak oposisi atau pihak kontra yang tak setuju dengan mosi yang telah diberikan. Pihak Kontra akan menyanggah pernyataan yang berasal dari pihak afirmatif.

Baca juga: pengertian debat

4. Sebagai penengah antara pihak yang pro dan kontra, maka debat mesti memiliki pihak yang netral atau pihak yang tak memberikan dukungan kepada siapapun dan tak condong terhadap salah satu kubu.

5. Dalam debat mesti ada yang berpihak sebagai moderator dimana bertugas dalam memimpin dan mengatur jalannya debat. Aturan tata tertib debat, memperkenalkan masing-masing pihak dan penyampaikan apa yang menjadi mosi yang akan dilakukan oleh pihak moderator.

6. Debat juga mesti mempunyai peserta debat yang nantinya berhak untuk menentukan keputusan akhir bersama dengan juri hebat. Dalam beberapa debat, peserta tak ikut andil dalam menentukan keputusan akhir. Akan tetapi kalau dibutuhkan voting maka biasanya peserta akan diperhitungkan untuk suaranya.

7. Unsur yang terakhir yakni adanya penulis atau notulen kegiatan yang bertugas untuk melakukan pencatatan atas hal-hal yang berkaitan dengan debat yang sedang berlangsung. Misalnya mosi debat, pernyataan moderator, penyampaian masing-masing dari tim atau pihak dan hasil dari keputusan akhirnya.

[Jawaban] Unsur Unsur Debat dan Ciri Ciri Debat
[Jawaban] Unsur Unsur Debat dan Ciri Ciri Debat

Ciri Ciri Debat

Terdapat beberapa ciri cir debat yakni sebagai berikut:

1. Debat mempunyai pihak yang dapat mengarahkan seperti apa jalannya debat. Biasanya yang melakukan tugas ini adalah seorang moderator.

2. Hasil akhir atau kesimpulan debat bisa diperoleh dengan cara melakukan voting maupun adanya keputusan juri dalam debat.

3. Terdapat dua sudut pandang yakni pro dan kontra.

4. Terjadi kegiatan saling mengadu pernyataan atau argumen untuk mendapatkan kemenangan salah satu pihak.

5. Terdapat suatu proses untuk bisa saling mempertahankan argumentasi diantara kedua belah pihak yang sedang melakukan debat antara pihak pro dan kontra.

6. Di sesi tertentu, ada kegiatan tanya jawab antara pihak yang berdebat yang dipimpin oleh pihak moderator.

Nah, demikianlah informasi tentang unsur-unsur dan ciri ciri debat. Semoga saja informasi ini dapat mendapatkan manfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai unsur unsur dan ciri ciri debat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *